Whatsapp Share Like
Simpan

Tidak terasa si Kecil sudah semakin kuat dan pintar. Perkembangannya juga semakin baik setiap harinya. Tentunya Ibu terus merawat dan menjaga si Kecil hingga tumbuh dengan baik hingga sekarang. Ibu pasti sudah mengajari si Kecil berbagai hal sehingga dia semakin pintar. Ibu pun terus bersabar dalam melatih si Kecil agar tumbuh sesuai usianya. Lalu apakah Ibu sering membawa si Kecil berjalan-jalan? Ibu disarankan sering mengajak si Kecil jalan-jalan di sekitar rumah atau tempat lainnya.

Kebanyakan orang tua memang takut membawa si Kecil keluar rumah. Padahal tidak masalah bila membawa si Kecil jalan-jalan di sekitar rumah asalkan dalam kondisi sehat. Banyak manfaat yang didapatkan si Kecil ketika dibawa main keluar rumah. Bahkan membawa si Kecil keluar rumah bisa bermanfaat untuk kesehatannya. Namun, Ibu harus selalu perhatikan dan sediakan keperluan yang dibutuhkan saat berjalan-jalan di luar rumah.

Si Kecil yang diajak berjalan-jalan keluar di pagi hari akan membantunya mendapatkan tambahan vitamin D. Salah satu nutrisi utama untuk pertumbuhan si Kecil diperoleh dari vitamin D. Sehingga dengan membawa si Kecil berjalan-jalan di pagi hari akan membuatnya terpapar sinar matahari. Vitamin D bisa diperoleh dari paparan sinar matahari tersebut. Vitamin D ini berguna dalam membantu kesehatan tulang. Ajaklah si Kecil berjemur di bawah sinar matahari pagi karena bisa memberikan stimulus pada tubuh. Hal ini juga membantu dalam pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Ketika ingin berjemur di bawah sinar matahari lakukanlah di antara pukul 7-9 pagi.

Ketika Ibu mengajak si Kecil berjalan-jalan, dia akan berkesempatan menghirup udara segar. Si Kecil juga butuh udara segar seperti halnya orang dewasa. Polusi udara bisa saja terjadi di dalam rumah yang disebabkan oleh aktivitas rumah tangga. Sehingga membuat udara dalam rumah tidak segar. Dengan membawanya jalan-jalan akan memberikan udara segar yang menenangkan. Ibu bisa mengajak si Kecil berjalan-jalan di halaman rumah atau taman sekitar.

Kedekatan Ibu dengan si Kecil pun akan lebih erat karena bisa menghabiskan waktu bersama. Dengan berjalan-jalan di luar rumah bisa memperkuat kesehatan paru-paru si Kecil. Waktu yang Ibu dan si Kecil habiskan ketika di luar akan membuat waktu habis dengan baik. Ibu akan lebih banyak berinteraksi dengan si Kecil dengan berbicara dan bermain dengannya. Ibu harus membuat momen dengan si Kecil agar hubungan tetap berjalan dengan baik. Kesempatan ini pun akan menjadi kenangan indah Ibu dan si Kecil.

Artikel Sejenis

Si Kecil perlu dikenalkan dengan lingkungan di luar rumah sehingga Ibu perlu membawanya jalan-jalan. Bila si Kecil terlalu sering di rumah, dia tidak akan sering bereksplorasi. Ketika Ibu membawa si Kecil jalan-jalan ke luar rumah, dia akan mengenali lingkungan baru yang belum pernah dilihatnya. Saat di luar rumah si Kecil bisa mengenal bau dan mendengar suara-suara baru. Misalnya aroma bunga dan merasakan sejuknya udara di luar rumah.

Ibu juga bisa merangsang perkembangan si Kecil dengan jalan-jalan. Si Kecil memang perlu dilatih berbagai rangsangan atau stimulasi agar tumbuh dengan baik. Kepekaan si Kecil akan meningkat saat jalan-jalan di luar rumah. Kemampuan melihatnya tentu akan meningkat karena tersedia banyak objek yang bisa dilihat. Si Kecil juga bisa bertemu dengan berbagai orang baru dengan wajah dan usia yang berbeda. Si Kecil akan mengenali berbagai jenis raut wajah dan ekspresi dari orang-orang yang ditemui.

Namun ketika mengajak si Kecil berjalan-jalan di luar rumah, Ibu harus bisa memastikan si Kecil tetap aman. Jauhkanlah si Kecil dari tempat yang terpapar polusi asap rokok atau kendaraan umum. Memilih tempat yang bersih dari berbagai polusi akan memberikan udara segar bagi si Kecil. Tetapi bila masih terkena polusi si Kecil akan terkena penyakit. Ibu harus bijak dalam mencari alternatif tempat ketika mengajak si Kecil jalan-jalan. Jauhkan juga si Kecil dari abu atau debu yang bisa mengganggu sistem pernapasannya.

Manfaat membawa si Kecil berjalan-jalan keluar rumah memang banyak. Sehingga Ibu perlu membuat jadwal jalan-jalan untuk si Kecil. Jalan-jalan akan membuat si Kecil jauh dari stres dan kualitas udara yang buruk. Si Kecil juga akan menyukai kegiatan ini karena pada dasarnya si Kecil perlu mengenal lingkungannya. Dengan mengenal lingkungannya dia akan bisa beradaptasi dan bisa hidup dengan baik. Ketika si Kecil diajak keluar akan merangsang kerja otaknya sehingga si Kecil akan lebih pintar.