Whatsapp Share Like
Simpan

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar anak yang penting untuk dicukupi. Saat tidur energi anak dipulihkan dan otaknya pun disegarkan kembali. Waktu tidur yang optimal membuat daya tahan tubuh anak menjadi kuat sehingga tidak gampang sakit.

Sayangnya, balita seringkali susah untuk diajak tidur. Energi yang begitu besar pada seorang anak membuatnya enggan untuk lekas beranjak tidur. Bahkan untuk tidur pada malam hari pun anak seringkali harus melalui proses rewel terlebih dahulu. Hal tersebut bisa jadi membuat Ibu merasa cemas dan khawatir kalau-kalau kebutuhan tidur anak menjadi terganggu.

Ada beberapa kiat-kiat khusus sederhana yang bisa dilakukan orangtua di rumah untuk membuat anak mudah tidur lho. Salah satunya adalah melalui pemberian berbagai jenis makanan tertentu yang memiliki khasiat sebagai perangsang rasa kantuk dan membuatnya tidur dengan nyenyak. Lalu jenis makanan seperti apa sih?

Ragam makanan yang dapat memicu anak untuk tertidur adalah makanan yang mampu meningkatkan kadar hormon melatonin maupun serotonin baik dalam otak maupun dalam darah. Kedua hormon tersebut merupakan zat yang berfungsi sebagai pemicu rasa kantuk anak sehingga ia dapat tidur dengan nyenyak. Hormon-hormon itu ibarat sebagai “hormon tidur” bagi manusia.

Makanan berlimpah asam amino triptofan, magnesium, dan vitamin B1 (tiamin) selama ini sering diandalkan sebagai penghapus gangguan sulit tidur (Apriadji dalam buku “Good Mood Food”, 2013). Tak kalah penting, menurut Apriadji (2013) pula, karbohidrat kompleks dan niasin juga membantu menaikkan kadar serotonin dalam darah sehingga memacu datangnya rasa kantuk. Jenis-jenis zat gizi dalam makanan tersebut tak ubahnya berperan sebagai perangsang keluarnya “hormon tidur” pada anak.

Artikel Sejenis

Sejumlah mineral khususnya kalium, kalsium, magnesium, dan seng juga memiliki sifat “calming effect”, yakni dapat menenangkan saraf dan otot (Apriadji, 2013). Makanan dengan kandungan mineral tersebut bisa juga membantu anak cepat tertidur. Anak yang seharian beraktivitas, mengeluarkan energi yang amat besar bisa jadi mengalami kelelahan tubuh sehingga membuatnya sulit tidur. Keberadaan mineral-mineral ini dalam tubuh anak akan membuatnya lebih rileks sehingga mudah untuk tidur khususnya di malam hari.

Yuk Bu, kenali berbagai jenis makanan yang bisa bikin anak cepat tidur melalui catatan berikut ini...

Susu

Memberikan susu hangat pada anak sebelum beranjak tidur dapat membuat rasa kantuk datang lebih cepat lho, Bu. Hal ini terjadi tak lain adalah akibat adanya kandungan asam amino triptofan yang mendorong otak memproduksi hormon serotonin lebih banyak dan membuat anak lekas tertidur. Kalsium dan Seng di dalam susu juga berperan sebagai “calming effect” untuk membuat tubuh anak (otot dan sarafnya) rileks sehingga anak lebih mudah untuk tidur.

Yuk Bu, berikan anak susu Frisian Flag 456 PRIMANUTRI yang mengandung Vitamin A, C, E, Seng, Selenium serta serat pangan inulin. Kandungan gizi tersebut mampu bantu anak tidur nyenyak dan menjaga daya tahan tubuhnya sehingga lebih kuat. Frisian Flag 456 PRIMANUTRI juga tersedia dalam tiga varian rasa lezat yang amat disukai oleh anak yakni vanila, madu, dan cokelat.

Makanan Laut

Beberapa makanan laut seperti salmon, tuna, dan kerang memiliki manfaat membantu anak cepat tertidur. Kandungan magnesium di dalam ikan tersebut membantu merilekskan otot, menormalkan detak jantung, menurunkan tekanan serta merangsang keluarnya hormon tidur yakni serotonin dan melatonin. Sementara kerang banyak mengandung mineral Seng yang juga membantu otot-otot dan jaringan saraf lebih rileks (Apriadji, 2013).

Kacang-kacangan

Contoh Kacang-kacanganKandungan Gizi
Kenari dan almonKaya vitamin B1 yang mampu meningkatkan kadar serotonin dalam otak.
Kacang hijauNiasin (salah satu jenis vitamin B-kompleks) yang membantu produksi hormon serotonin dalam otak (Apriadji, 2013)
Kacang kedelaiBerlimpah vitamin B1 (tiamin) untuk membantu memperbaiki suasana hati anak dan membuatnya mudah tertidur.

Buah-buahan

Contoh BuahKandungan Gizi
PisangTingginya kandungan kalium dalam buah pisang membantu mengatasi stress yang memicu kesulitan tidur.
AnggurHormon melatonin atau hormon pengatur tidur juga terdapat dalam anggur lho, Bu.
NanasKandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah nanas mampu meningkatkan melatonin dalam tubuh dan membuat anak tidur nyenyak.

Nasi Beras Merah

Kandungan karbohidrat kompleks dalam nasi beras merah memacu produksi serotonin yang merangsang munculnya rasa kantuk.

Demikian ya Bu, beberapa jenis makanan yang bisa bantu anak mudah untuk tidur. Ibu bisa mulai memasukkan berbagai jenis bahan makanan ini ke dalam menu harian anak lho. Selamat mencoba!