Whatsapp Share Like
Simpan

Merangkak adalah salah satu tahapan perkembangan si Kecil yang menyenangkan. Mulai melihat si Kecil mendekati Ibu dengan kaki dan tangannya yang bergerak maju tentu membuat Ibu senang. Untuk mendukung tumbuh kembangnya, sebagai orangtua yang pintar, perlu bagi Ibu untuk memastikan ruang lingkup si Kecil untuk merangkak tetap aman. Hal tersebut penting dikarenakan koordinasi, keseimbangan, dan kekuatan si Kecil belum berkembang sempurna sehingga setiap pergerakannya tetap butuh perhatian. Berikut panduan untuk menciptakan lingkungan rumah yang aman bagi si Kecil yang mulai merangkak:

Perhatikan perangkat listrik di rumah

Sebaiknya Ibu memilih kabel listrik yang memiliki tali pendek agar si Kecil tidak mudah menggapai, menarik, dan menghindari risiko si Kecil tersangkut kabel listrik saat sedang merangkak. Selain itu, selalu tutup stop kontak dan jauhkan si Kecil dari jangkauan sumber listrik. Simpanlah barang-barang yang berkaitan dengan listrik di tempat yang tidak bisa dijangkau si Kecil.

Jauhkan barang berbahaya dari jangkauan si Kecil

Letakkan barang-barang berbahaya seperti obat-obatan, senjata tajam, barang pecah-belah di tempat aman yang jauh dari jangkauan si Kecil. Singkirkan barang-barang tersebut dari lantai yang mungkin akan digapai si Kecil. Hal tersebut penting untuk menjaga keamanan si Kecil dan menghindari risiko si Kecil terluka.

Tetapkan batas-batas yang tidak boleh dilalui si Kecil

Jauhkan si Kecil dari tempat-tempat yang berbahaya bagi si Kecil untuk merangkak, seperti kamar mandi, dapur, dan tangga. Ibu bisa memasang pagar pengaman di pintu masuk kamar mandi atau dapur. Hal tersebut dilakukan agar si Kecil tidak memasuki area yang memiliki risiko membuatnya terjatuh atau terluka.

Atur tata letak dan sudut-sudut perabotan rumah

Tempatkan perabotan rumah di pinggir agar tempat bergerak si Kecil lebih luas dan bebas. Perlu juga bagi Ibu untuk memperhatikan sudut-sudut perabotan yang tajam seperti sudut kursi, meja, lemari, dan sebagainya agar tidak melukai si Kecil. Ibu bisa melapisi sudut-sudut tajam tersebut dengan karet pengaman, busa tipis yang diikat kencang ataupun memilih memindahkannya pada tempat yang tidak dijangkau si Kecil.

Artikel Sejenis

Jaga kebersihan rumah

Penting bagi Ibu untuk selalu menjaga kebersihan rumah dan memastikan lantai yang digunakan untuk si Kecil merangkak selalu bersih. Permukaan yang kotor membuat si Kecil tidak nyaman saat merangkak. Selain itu, lantai yang kotor membuat si Kecil rentan terserang penyakit karena adanya bakteri dan kuman yang menempel di tangan ataupun kaki si Kecil. Ditambah lagi, si Kecil dalam fase merangkak seringkali memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Bila tidak diawasi dan tidak menjaga kebersihan lantai, bisa-bisa benda kotor yang ada di lantai tersebut dimasukkan ke dalam mulutnya. Pastikan tidak ada serpihan-serpihan atau benda apapun yang dapat melukai lutut dan telapak tangannya.

Selain panduan di atas, penting juga bagi Ibu untuk memperhatikan benda-benda dan tempat-tempat berikut sebagai zona aman si Kecil:

  • Meja

    Selalu pastikan bahwa meja selalu stabil dan penopangnya tak bermasalah. Hindari menggunakan taplak meja yang mudah ditarik oleh si Kecil.

  • Lantai Keras

    Untuk menghindari si Kecil terbentur lantai keras dan menghindari adanya serpihan-serpihan yang dapat melukai si Kecil di lantai, Ibu bisa memakai lapisan anti slip pada lantai.

  • Dapur

    Jauhkan si Kecil dari area dapur. Sebagai pencegahan, jauhkan si Kecil dari segala sesuatu yang bisa ia raih. Jika perlu, gunakan kunci khusus (biasanya dari plastik) pada lemari dan laci. Jauhkan si Kecil dari barang-barang berbahaya.

  • Pintu

    Sebelum membuka dan menutup pintu, pastikan si Kecil tidak berada di dekat pintu. Jika pintu tetap ingin terbuka, pasanglah pengganjal pintu yang tidak memiliki sudut tajam.

  • Tangga

    Pasar pagar pengaman di kedua mulut tangga agar mencegah si Kecil memanjatnya atau berguling turun.

  • Tanaman

    Jauhkan tanaman dari jangkauan si Kecil. Si Kecil umumnya memiliki kebiasaan meraih sesuatu dan memasukkan ke dalam mulutnya. Menjauhkan tanaman dari si Kecil menghindari si Kecil memasukkan tanah di tanaman ke dalam mulutnya.

  • Kamar Mandi

    Jangan biarkan si Kecil merangkak menuju kamar mandi. Pastikan jika si Kecil tidak berada di dekat kamar mandi atau pastikan jika pintu kamar mandi selalu tertutup serta perabotan kamar mandi tersimpan dengan aman.

Mendukung tumbuh kembang si Kecil dapat Ibu lakukan dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi si Kecil bergerak.