Whatsapp Share Like
Simpan

Saat melakukan operasi caesar mungkin Ibu tidak merasakan sakit sedikitpun karena dalam pengaruh obat bius yang disuntikkan sebelum operasi. Namun ketika selesai operasi, pengaruh obat bius akan menghilang. Ketika itu terjadi Ibu akan merasakan sakit. Sehingga Ibu perlu pemulihan beberapa hari di rumah sakit sampai kondisi pulih kembali.

Operasi caesar juga membawa bekas luka di perut Ibu. Bekas luka tersebut ada karena saat operasi dilakukan perut Ibu disayat menggunakan alat khusus. Setelah operasi Ibu akan merasa sulit berjalan dan bangun dari tempat tidur. Selain itu buang air besar pun akan terasa lebih sulit juga.

Dalam kondisi ini, Ibu tidak boleh membiarkan diri anda mendengarkan komentar negatif. Hal ini tentunya akan menghambat proses pemulihan. Mungkin Ibu berharap bisa melahirkan dengan normal. Sehingga Ibu merasa kecewa saat si Kecil harus dilahirkan dengan operasi caesar. Perasaan ini bisa terbawa dan akan berpengaruh buruk bagi pemulihan Ibu sendiri. Ibu perlu bijak untuk mendengarkan komentar-komentar negatif orang lain.

Ibu bisa berbagi perasaan dengan orang yang dipercaya untuk membuat lebih nyaman. Ibu harus bisa menerima kondisi saat ini. Operasi juga dilakukan demi menjaga keselamatan Ibu dan si Kecil. Dalam proses operasi Ibu juga masih perlu berjuang dan masih sangat layak menjadi Ibu si Kecil.

Tidak perlu membandingkan kondisi Ibu dengan orang lain. Setiap Ibu memiliki proses persalinan yang berbeda-beda dan memiliki permasalahannya masing-masing. Hal terpenting yang Ibu lakukan adalah fokus pada kesehatan sendiri dan si Kecil. Sehingga si Kecil memperoleh nutrisi dan pengasuhan yang tepat.

Artikel Sejenis

Ada beberapa perawatan yang perlu Ibu lakukan ketika proses pemulihan operasi caesar. Waktu yang dibutuhkan untuk pulih setelah operasi caesar sekitar enam minggu. Selain itu, dibutuhkan waktu dua bulan untuk istirahat hingga bisa beraktivitas seperti biasanya. Dalam proses pemulihan Ibu perlu merawat luka bekas operasi. Area jahitan setelah operasi akan terasa sakit namun akan mereda dalam beberapa hari. Biasanya dokter akan memberikan obat penahan nyeri dan pencahar agar Ibu bisa lebih  muda buang air besar.

Ibu juga perlu banyak minum air putih agar tidak kekurangan cairan tubuh. Bekas luka perlu dirawat dengan obat resep dokter agar tidak iritasi dan infeksi. Gunakanlah pakaian yang longgar, khususnya celana agar tidak bergesekan dengan luka jahit. Tempatkan si Kecil di atas bantal ketika menyusu agar mengurangi tekanan di perut Ibu. Jika luka terasa sakit atau tidak normal segera periksa ke dokter.

Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan dalam prose pemulihan. Meskipun Ibu akan kurang tidur karena merawat si Kecil yang baru lahir, usahakan untuk mencukupi waktu istirahat. Ibu bisa tidur ketika si Kecil juga tidur. Hal ini penting dilakukan agar tubuh Ibu bisa pulih dengan cepat dan dapat beraktivitas seperti biasa.

Ibu memang disarankan untuk banyak istirahat, tetapi bukan berarti tidur sepanjang hari. Ibu harus tetap beraktivitas agar cepat pulih, meski tak berlebihan. Ibu bisa berjalan kaki secara teratur agar tubuh tetap bergerak. Dengan berjalan-jalan kaki di sekitaran komplek stamina Ibu akan cepat kembali. Selain itu Ibu bisa menambahkan gerakan ringan meregangkan betis dan melenturkan kaki. Hal ini berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah pada tungkai. Konsultasikan ke dokter kapan Ibu bisa berolahraga dan bekerja.

Bergeraklah dengan hati-hati. Setelah operasi caesar Ibu harus hindari mengangkat benda-benda yang berat selama dua bulan pertama. Hindari juga naik turun tangga agar bekas luka tetap aman. Jangan melakukan hal yang melebihi kemampuan tubuh Ibu karena bisa membuat kelelahan. Tempatkan semua kebutuhan si Kecil di tempat yang mudah dijangkau. Bantuan suami atau keluarga dalam merawat si Kecil juga sangat dibutuhkan.

Tubuh Ibu sedang dalam kondisi kurang sehat sehingga mengonsumsi makanan sehat akan membantu proses pemulihan. Ibu perlu mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan minum cukup air. Selalu sediakan cemilan sehat untuk selingan makanan. Nutrisi dari berbagai makanan segar dan sehat yang Ibu konsumsi juga baik untuk menyusui.

Nutrisi Ibu harus baik agar si Kecil juga memiliki nutrisi yang baik. Berbagai makanan yang Ibu konsumsi akan menjadi sumber makanan si Kecil yang diperoleh dari ASI. Sehingga ketika Ibu sehat, si Kecil pun akan sehat. Pilihlah jenis makanan yang mampu mempercepat proses penyembuhan sehingga Ibu bisa merawat si Kecil lebih intens.

Dalam proses pemulihan dari operasi caesar, Ibu tidak boleh mendengarkan komentar-komentar negatif. Lakukanlah beberapa cara di atas agar Ibu lebih cepat pulih. Kesehatan Ibu adalah hal yang penting karena si Kecil sangat tergantung pada Ibu. Kekuatan dari dalam diri Ibu akan mengalir ke dalam tubuh si Kecil. Sehingga tetaplah bersikap optimis dalam masa pemulihan.