Whatsapp Share Like
Simpan

Konsumsi makanan yang kaya nutrisi serta snack yang juga bermanfaat untuk kesehatan penting untuk dilakukan. Si Kecil yang tengah dalam masa pertumbuhan, memerlukan segala nutrisi yang ada untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Selain agar sehat, kecukupan nutrisi untuk tubuh si Kecil juga membuat tubuhnya menjadi kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Setelah mengkonsumsi makanan atau minuman, tentu ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Ya, menggosok gisi dan menjaga kebersihan mulut. Hal ini penting dilakukan karena kesehatan mulut si Kecil bisa berdampak besar pada kesehatannya secara umum. Mulut merupakan jalan masuknya setiap asupan nutrisi, sehingga penting untuk menjaganya tetap sehat dan bersih.

Namun demikian, biasanya si Kecil tidak terlalu menyukai aktivitas menggosok gigi, baik setelah makan ataupun sebelum tidur. Aktivitas menggosok gigi kurang menjadi prioritas, karena kebanyakan Ibu juga melakukan aktivitas ini secara buru-buru dan sebagai aktivitas pelengkap saja. Penting untuk membiasakan si Kecil selalu menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut.

Sebenarnya ada beberapa tips sederhana yang bisa Ibu gunakan untuk membiasakan si Kecil menggosok gigi secara rutin. Simak tips sederhana berikut, untuk membantu si Kecil membiasakan menjaga kebersihan mulut dan giginya.

Jangan Jadikan Pasta Gigi Keharusan

Tentu Ibu memahami bahwa menggosok gigi menggunakan pasta gigi akan membantu si Kecil untuk membersihkan mulut dan giginya. Tapi nyatanya, penggunaan pasta gigi pada usia dini malah sering kali membuat si Kecil tidak nyaman dan membuat si Kecil ingin muntah. Memang terdapat pasta gigi yang memiliki ‘rasa’ tertentu untuk membantu menghilangkan rasa ingin muntah ini.

Artikel Sejenis

Tapi untuk membentuk kebiasaannya, jangan jadikan pasta gigi sebagai satu keharusan dalam menyikat gigi. Pada usia dini, biasakan si Kecil untuk menggosok giginya saja, tidak perlu menggunakan pasta gigi setiap saat. Kebiasaan ini akan tertanam dengan sendirinya, dan penggunaan pasta gigi akan bisa dilakukan seiring pertambahan usia si Kecil.

Menghadap Cermin

Bercermin bisa jadi hal yang menyenangkan untuk si Kecil karena si Kecil bisa melihat ekspresi wajah yang dibuatnya. Menggosok gigi dengan menghadap cermin  juga diklaim ampuh untuk menanamkan kebiasaan baik ini pada si Kecil. Dengan begini, Ibu juga bisa sekaligus membimbing si Kecil untuk menggosok gigi dengan cara yang benar.

Upayakan mengajak si Kecil menggosok gigi dengan fokus. Artinya, ketika Ibu menggosok gigi bersama si Kecil, hindari aktivitas lain yang bisa tertanam dalam pikiran si Kecil seperti buang air besar atau kegiatan kamar mandi lain. Dengan membiasakan fokus, si Kecil akan dapat menggosok gigi sesuai durasi yang disarankan dan tidak mudah terdistraksi.

Buat Menjadi Prioritas

Kebanyakan orang dewasa menggosok gigi hanya sebagai aktivitas ‘formal’ ketika mandi pagi atau sebelum tidur. Nyatanya, hal ini tidak baik jika ditanamkan pada si Kecil. Kebiasaan ini akan membuat si Kecil menyepelekan kegiatan menggosok gigi dan melakukannya sekedarnya saja. Padahal menggosok gigi perlu durasi tertentu agar bisa bersih secara maksimal.

Sediakan waktu khusus untuk menggosok gigi setelah makan, pada saat bangun tidur, dan ketika sebelum tidur. Ajak si Kecil untuk melakukan aktivitas ini secara rutin tanpa tergesa-gesa sehingga yang tertanam dalam alam bawah sadarnya bahwa gosok gigi tidak perlu buru-buru. Selalu berikan contoh menggosok gigi dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa.

Jadikan Aktivitas Bersama

Menggosok gigi bisa menjadi aktivitas bersama yang menyenangkan untuk keluarga kecil Ibu. Setelah makan malam, ajak setiap anggota keluarga, tentu termasuk si Kecil, untuk kamar mandi dan menggosok gigi bersama. Ibu dan anggota keluarga lain bisa memberikan semangat baik untuk si Kecil sekaligus menjadi contoh dari rutinitas menggosok gigi.

Dengan menggosok gigi bersama, Ibu juga dapat meningkatkan ikatan antara anggota keluarga, sehingga rasa toleransi dan kasih sayang dapat lebih terpupuk. Aktivitas sederhana seperti ini, akan terus diingat si Kecil untuk jangka waktu yang lama.

Gunakan Bantuan Jam Pasir

Ya, memang sedikit aneh kedengarannya, namun untuk membantu menentukan durasi yang tepat untuk menggosok gigi, gunakanlah bantuan jam pasir. Patokan yang diberikan jam pasir akan membuat si Kecil lebih antusias karena si Kecil akan menggosok gigi sesuai dengan durasi yang telah ditentukan pada jam pasir.

Menggosok gigi pada dasarnya merupakan aktivitas wajib untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebagai jalan masuknya makanan, kebersihan mulut harus senantiasa dijaga agar makanan yang masuk tidak terkontaminasi oleh bakteri jahat. Tentu, untuk memastikan asupan nutrisinya lengkap, Ibu bisa menyertakan Frisian Flag 456 PRIMANUTRI sebagai tambahan untuk keseimbangan nutrisi si Kecil.