Whatsapp Share Like
Simpan

Berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan bersama oleh Ibu dan si Kecil. Aktivitas ini, pada si Kecil yang berusia tiga hingga enam tahun, tidak hanya berarti bermain atau bersenang-senang, namun juga berarti proses belajar. Disadari atau tidak, setiap aktivitas bersama yang dilakukan akan menjadi media belajar untuk si Kecil terkait berbagai hal.

Salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus bisa jadi sarana belajar adalah bernyanyi bersama. Untuk Ibu mungkin bernyanyi sekedar dapat membuat rileks setelah beraktivitas seharian, namun bagi si Kecil, bernyanyi akan mengajarkan banyak hal. Bernyanyi dapat membantu perkembangan kemampuan verbal si Kecil secara umum, sekaligus melatih kepercayaan dirinya.

Memang aktivitas bernyanyi tidak dikhususkan untuk anak berusia tiga hingga enam tahun saja. Ibu tentu menyadari, si Kecil mulai sering mengikuti nada dan irama, meski dengan ucapan yang belum jelas, sejak masih kecil. Hal ini disebabkan karena kemampuan meniru dari si Kecil, dan efek bahagia yang ditimbulkan ketika mendengarkan berbagai musik dan nyanyian.

Baru pada usia-usia tersebut, si Kecil mulai mampu menunjukkan perkembangan kemampuan verbal. Ketika si Kecil mulai mencoba menyanyi, disinilah kemampuan verbalnya semakin terasah dan terangsang agar dapat berkembang lebih baik. Bernyanyi juga diklaim merupakan cara merangsang kemampuan verbal dengan cara paling menyenangkan.

Keuntungan dari Bernyanyi Bersama si Kecil

Bernyanyi bersama si Kecil sangat disarankan. Selain membantunya melatih kemampuan verbal, bernyanyi bersama juga dapat mempererat ikatan si Kecil dengan Ibu. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan Ibu dan si Kecil dengan aktivitas menyenangkan ini.

Artikel Sejenis

  1. Meningkatkan Eratnya Hubungan dengan Kecil

    Hal terpenting dari bernyanyi bersama adalah meningkatnya hubungan Ibu dan Anak. Ketika bernyanyi, Ibu dan si Kecil secara langsung akan melakukan interaksi yang intens, mulai dari hubungan emosional, bersentuhan, dan antusiasme dalam bernyanyi. Secara emosional hal ini penting untuk pertumbuhan psikis si kecil.

    Suasana hangat yang tercipta ketika bernyanyi semakin memupuk kasih sayang antara Ibu dan si Kecil. Bernyanyi akan membawa emosi positif yang sangat baik untuk tumbuh kembang mentalnya. Hal ini juga sebagai penyeimbang, jika si Kecil sedang mengalami emosi negatif yang berlebihan di hari-harinya.

  2. Perkembangan Otak si Kecil

    Ketika Ibu bernyanyi bersama si Kecil, kegiatan ini akan merangsang berbagai area berbeda pada otak si Kecil dan kemampuan musikalnya. Bernyanyi akan merangsang bagian emosi si Kecil, kemampuan bahasa dan penggambaran visual.

    Rangsangan pada berbagai area otak ini akan sangat membantu perkembangan otak si Kecil secara keseluruhan. Selain itu, dengan bernyanyi si Kecil juga akan semakin mudah menemukan fokus pada satu hal, sehingga kemampuan berpikirnya makin terasah.

  3. Kemampuan Berbahasa dan Komunikasi

    Jelas, dengan bernyanyi si Kecil akan menemui kosakata baru yang mungkin masih asing baginya. Ibu senantiasa harus memberikan arahan dan pengertian bilamana si Kecil menanyakan maksud dari kata yang asing tersebut, sehingga perbendaharaan kata si Kecil semakin kaya.

    Selain itu, dengan bernyanyi secara otomatis si Kecil akan terpapar pada susunan kata yang runtut dan struktur kalimat tertentu. Secara tidak sadar, hal ini akan terekam dan lambat laun memberikan kemampuan komunikasi yang lebih baik.

  4. Kepercayaan Diri yang Meningkat

    Kepercayaan diri jadi isu penting untuk si Kecil di masa awal pertumbuhannya. Dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, si Kecil tidak akan takut bergaul dengan teman baru dan menghadapi hal-hal yang belum pernah ditemuinya.

    Bernyanyi, di sisi lain, akan memancing si Kecil untuk menirukan apa yang didengarkan dengan lantang. Hal ini merangsang tumbuhnya rasa percaya diri, karena si Kecil tidak akan mudah malu jika dia melakukan kesalahan atau ketidaksesuaian. Sangat dianjurkan untuk selalu memberikan apresiasi pada si Kecil, untuk aktivitas bernyanyinya.

  5. Membantu Relaksasi Orang Tua

    Tentu mendidik si Kecil bukan hal yang mudah dan terkadang perlu waktu istirahat. Bernyanyi bersama juga bermanfaat untuk Ibu sejenak beristirahat, sekaligus tetap memberikan didikan tertentu untuk si Kecil.

    Dengan bernyanyi bersama, Ibu akan memiliki rasa percaya diri yang lebih baik dalam mengajari berbagai hal kepada si Kecil. Rasa kebersamaan yang muncul, membantu Ibu dalam memahami emosi si Kecil sehingga Ibu dan si Kecil akan lebih mengerti satu sama lain.

Kelima manfaat bernyanyi tersebut bisa didapatkan oleh Ibu dan si Kecil. Meski sederhana, aktivitas yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat baik untuk ibu dan si Kecil. Mengasah kepintaran si Kecil dengan cara yang menyenangkan, harus jadi menu belajarnya setiap saat.