Whatsapp Share Like
Simpan

Perubahan cuaca saat ini memang sering tidak tertebak. Terlalu panas di siang hari dan bisa saja turun hujan deras di sore hingga malam hari. Sebelum menjadi penyakit, biasanya cuaca yang ekstrem seperti ini diawali dengan rasa tidak nyaman. Bisa karena terlalu dingin dan bisa terlalu panas. Tidak seperti orang dewasa yang bisa menahan dan mengabaikan rasa tidak nyaman, bayi biasanya tidak terlalu kuat dan akan lebih rewel jika terpapar suhu yang tidak menentu.

Menurut dr. Molly Broder, dokter di Rumah Sakit Anak Montefiore Medical Center New York, bayi jauh lebih mudah merasakan suhu yang terlalu panas daripada orang dewasa sehingga jangan dibiarkan berada di luar dalam waktu lama. Si Kecil yang kepanasan biasanya akan mudah lelah, mudah marah, lesu, mengantuk, muntah, dan kulitnya akan terasa sangat lembap ataupun kering. Si Kecil yang kepanasan biasanya membutuhkan penanganan tertentu agar dia merasa nyaman. Namun Ibu tidak usah khawatir karena yang harus Ibu lakukan tidaklah terlalu sulit. Cukup lakukan tips ini agar si Kecil tetap nyaman walaupun cuaca sedang sangat panas.

Mandikan dengan Air Dingin

Si Kecil yang tidak nyaman karena kepanasan bisa disejukkan dengan memandikannya menggunakan air dingin. Mandikan si Kecil secara cepat agar dia tidak merasa terlalu dingin. Atau bila si Kecil tidak tahan apabila dimandikan, Ibu bisa membantunya tetap sejuk dengan menyemprotkan air atau menyeka tubuhnya dengan lap basah. Ibu dapat melakukan ini sebelum tidur agar si Kecil merasa segar dan tidur lelap.

Hindari Pakaian Tebal

Setelah dimandikan, Ibu bisa memakaikan pakaian yang lembut, ringan, dan tidak tebal. Bahan katun bisa menjadi alternatif yang disarankan. Dan ganti secepat mungkin baju si Kecil yang sudah basah oleh keringat. Ibu juga tidak perlu membedong atau menyelimuti si Kecil. Bedong dan selimut dapat mengunci suhu yang membuat si Kecil akan semakin kepanasan. Untuk memilih popok pun harus berhati-hati. Lebih baik Ibu memakaikan popok katun pada si Kecil dibandingkan popok sekali pakai. Keringat yang mengumpul di karet pinggang popok sekali pakai biasanya menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan iritasi.

Penggunaan pakaian ini juga berlaku untuk Ibu. Karena Ibu yang memakai pakaian yang cukup tebal serta kurang lembut juga membuat rasa tidak nyaman pada si Kecil ketika berada dalam gendongan Ibu.

Artikel Sejenis

Gunakan Seprai yang Nyaman

Ibu bisa memilih bahan katun untuk seprai yang dipakai si Kecil. Tidak perlu memakai alas kedap air karena akan menahan panas.

Berikan ASI

Rasa gerah membuat si Kecil mengeluarkan banyak keringat sehingga kehilangan banyak cairan dan gampang haus. Untuk bayi di bawah usia 6 bulan berikan ASI yang lebih banyak dari biasanya agar tidak mengalami dehidrasi.

Hindarkan dari Sinar Matahari

Ini berlaku di mana pun baik ketika sedang berjalan-jalan di luar ruangan, di dalam mobil, ataupun di dalam kamar dengan jendela terbuka. Jika sedang berada di luar ruangan carilah tempat yang sejuk dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Begitu pun ketika berada dalam mobil. Gunakan penutup jendela untuk memastikan si Kecil tidak terpapar matahari langsung selama perjalanan dan jangan meninggalkan si Kecil di dalam mobil walau sebentar. Hindarkan juga si Kecil dari pantulan sinar matahari meskipun sedang di dalam ruangan.

Menjaga Suhu Ruangan

Jika ruangan si Kecil terkena cahaya matahari langsung, Ibu bisa membuka jendela namun usahakan untuk menutup tirai agar tidak terlalu panas. Jendela yang dibuka bisa memberikan jalan bagi angin masuk ke ruangan sehingga lebih sejuk dan tirai berfungsi untuk menghalau sinar matahari. Selain itu Ibu bisa menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin namun sebaiknya tidak langsung diarahkan kepada si Kecil. Selalu pantau suhu kamar si Kecil. Dia akan tidur dengan nyaman pada suhu ruangan 16-20 derajat celcius.

Pindah Kamar

Apabila kamar si Kecil tidak cukup nyaman untuknya, maka Ibu bisa memindahkan si Kecil ke ruangan lain yang lebih sejuk.

Selama ini Ibu biasanya takut si Kecil akan kedinginan dan masuk angin. Ibu membelikan baju yang tebal, selimut, sarung tangan, dan kaus kaki tebal untuk menghindarkan si Kecil dari suhu luar. Tidak ketinggalan pula minyak kayu putih atau minyak telon sebagai senjata melawan dingin. Namun di Indonesia dengan iklim tropis sebenarnya lebih banyak bayi yang merasa tidak nyaman karena kepanasan. Pakaian yang terlalu tertutup dan tebal justru tidak disukai bayi dan bisa membahayakan jika terjadi kelebihan suhu atau overheating. Minyak kayu putih atau minyak telon bisa membuat semakin panas dan membuat kulit hangus serta kehitaman. Dengan memperhatikan tips di atas kini Ibu bisa lebih mengerti apa yang harus dilakukan jika Ibu mendapati gejala-gejala si Kecil yang kepanasan.