Whatsapp Share Like
Simpan

Bayi di bawah satu tahun membutuhkan stimulasi untuk meningkatkan tumbuh kembangnya. Ibu bisa mengajak si Kecil berbicara, berolahraga, bermain, memberikan mainan, dan membaca. Poin terakhir adalah yang spesial, membaca. Karena membaca merupakan aktivitas yang dipercaya efektif untuk menstimulasi kepintaran si Kecil.

Jika orang dewasa bisa mendapatkan sumber bacaan dari mana saja termasuk internet, maka si Kecil belum bisa. Si Kecil hanya bisa diberikan buku fisik dan bukan layar agar menjaga kesehatan matanya dan menghindari radiasi. Dan kabar baiknya adalah kini kegiatan membaca buku sudah tidak membosankan lagi. Ini karena sudah banyak jenis buku interaktif dijual di pasaran. Dengan beraktivitas menggunakan buku, Ibu bisa bermain bersama si Kecil sekaligus menambah kosakata yang berguna untuk kemampuan bahasanya.

Di usianya yang masih akan menginjak satu tahun, penglihatan si Kecil masih dalam tahap perkembangan. Sebaiknya Ibu memberikan buku dengan teks yang sedikit, berwarna-warni, dan kontras. Berikut beberapa jenis buku yang cocok diberikan untuk bayi di bawah satu tahun.

  1. Busy Book

    Busy book bisa menjadi sarana pertama Ibu mengenalkan buku kepada si Kecil. Seperti namanya busy book benar-benar akan membuat si Kecil sibuk. Karena buku ini tidak hanya diisi oleh tulisan berwarna-warni, tetapi juga pernak-pernik yang bisa digunakan untuk melatih motorik halus si Kecil. Aktivitas menyikat gigi, memasang anggota tubuh, memasang kancing, dan masih banyak lagi akan melatih jari-jari si Kecil. Biasanya buku ini dibuat dari kain flanel dengan beragam bentuk di dalamnya yang menggunakan perekat sehingga bisa dilepas pasang. Buku jenis ini bisa jadi alternatif belajar dan bermain terbaik.

  2. High Contrast Book

    Sejak lahir ternyata bayi kecil Ibu sudah mengerti perbedaan gelap dan terang. Ini yang membuat si Kecil sangat menyukai warna hitam dan putih. Untuk membantu melatih penglihatan si Kecil, Ibu bisa memberikan dia high contrast book. Buku ini mempunyai daya tarik tinggi terkhusus untuk bayi yang baru lahir.

    Artikel Sejenis

  3. Push Pull Slide Book

    Usia di bawah satu tahun merupakan usia si Kecil melatih dan membiasakan motoriknya. Bantu si Kecil belajar dengan mengenalkannya pada push pull slide book. Buku ini akan mengajak si Kecil untuk mendorong, menarik, dan menggeser. Pastinya kegiatan ini akan sangat membantu perkembangan otot tangan si Kecil.

  4. Touch and Feel Book

    Buku jenis ini sangat membantu melatih kemampuan sensori si Kecil. Di dalam buku akan diperkenalkan benda-benda beserta teksturnya, contohnya bulu hewan, tekstur buah, daun, bunga dan masih banyak lagi.

  5. Buku Bantal

    Seperti namanya, buku ini dibuat menyerupai bantal dengan kain lembut yang diisi dakron di dalamnya. Buku bantal biasanya diisi oleh karakter, ilustrasi, dan cerita dengan beragam warna yang akan disukai oleh si Kecil. Teksturnya pun sangat empuk seperti bantal sehingga bisa digunakan dengan aman oleh si Kecil.

  6. Cardboard Book

    Cardboard Book biasanya digunakan Ibu untuk memperkenalkan karakter dan benda kepada si Kecil. Dalam tiap lembarnya biasanya hanya akan ada satu karakter dan lebih sederhana sehingga mudah dimengerti oleh si Kecil. Pilihlah cardboard book dengan bahan yang agak tebal dan memiliki sudut tumpul agar tidak mudah dirusak serta tidak mencelakai si Kecil.

  7. Picture Book

    Satu lagi buku yang bisa membantu si Kecil mengenal karakter atau benda. Buku ini bisa dibilang bacaan terbaik untuk si Kecil yang ingin mengenal sesuatu karena menggunakan gambar asli. Dengan gambar asli, si Kecil jadi lebih mudah mengidentifikasi objek yang pernah diperkenalkan kepadanya di dunia nyata.

  8. Noisy Book

    Melatih motorik, sensori dan penglihatan sudah, sekarang latih kemampuan mendengar si Kecil dengan noisy book. Jika si Kecil sering meniru suara benda yang Ibu keluarkan, maka latihlah dia mengenali dan menirukan suara serta ritme benda tersebut dengan mendengarkan yang aslinya. Buku ini akan mengeluarkan suara hewan, alat musik, dan lain sebagainya ketika disentuh atau ditunjuk oleh bolpoin khusus. Si Kecil akan semakin pintar mengenali sesuatu berdasarkan suara setelah belajar dengan buku ini.

  9. Bathtime Book

    Si Kecil sulit diajak mandi jika tidak ada mainan yang menemani? Bathtime book bisa jadi solusinya. Dibuat dengan bahan kedap air, buku ini bisa jadi alternatif Ibu untuk mengajak dan menemani si Kecil mandi. Untuk bayi di bawah satu tahun yang sedang aktif-aktifnya bergerak, buku ini juga sangat cocok diberikan. Itu karena buku ini tidak basah ketika terkena tumpahan air atau makanan sehingga memudahkan Ibu untuk membersihkan.

Banyak jenis buku yang ternyata aman dan bisa diperkenalkan kepada anak bahkan sejak umurnya belum setahun. Jadikan buku interaktif ini sebagai sarana agar si Kecil bisa tumbuh dengan pintar dan cerdas.