Whatsapp Share Like
Simpan

Pada dasarnya setiap orang tua akan selalu mencintai dan menyayangi anak-anaknya lebih dari apapun. Namun, dalam beberapa kondisi seringkali anak merasa kurang dicintai oleh orangtuanya. Apa yang orang rasakan tidak selalu dirasakan sama oleh anak. Anak biasanya akan mempercayai sesuatu dari apa yang dilakukan oleh orangtuanya.

Anak memang belum memahami apa itu cinta, kasih sayang, dan istilah-istilah lain yang digunakan untuk mengungkapkan rasa itu. Kehidupan anak berprinsip pada kesederhanaan, terkait dengan bukti dan tindakan.

Perkataan “Ibu menyayangimu” memang manis, namun umumnya anak lebih mengetahui bahwa Ibu menyayanginya melalui tindakan-tindakan yang Ibu lakukan.

Berikut merupakan tindakan sederhana yang bisa Ibu lakukan sebagai perwujudan rasa cinta terhadap anak agar anak merasa dicintai orang tuanya.

Hindari Bermain Ponsel Saat Bersama Anak

Bermain ponsel saat bersama anak membuat anak berpikir jika Ibu sedang tidak fokus padanya. Ibu sebaiknya perlu disiplin dengan penggunaan ponsel, kapan waktu yang tepat bermain ponsel dan tidak. Bermain ponsel kadang juga menjadi candu bagi orangtua. Waktu berlalu dengan begitu cepat saat orangtua bermain ponsel. Waktu Ibu dengan anak juga akan berkurang karena Ibu lebih fokus dengan ponsel. Terlalu sering bermain ponsel saat bersama anak juga menyebabkan berkurangnya kelekatan bonding antara Ibu dan anak.

Artikel Sejenis

Makan Bersama Anak

Makan bersama anak membuat anak merasa dicintai. Hal tersebut membuktikan Ibu masih memiliki waktu luang untuk anak. Perkataan Ibu saat makan bersama seperti “Ayo tambah makanannya” “Besok Ibu buatin sarapan kesukaanmu” membuat anak merasa sangat dicintai dan kalimat sederhana tersebut juga mampu membuat anak merasa beruntung dilahirkan dari orangtua seperti Ibu,

Menciptakan Quality Time

Kalaupun Ibu memiliki waktu yang padat baik dalam pekerjaan maupun mengurus rumah, setidaknya luangkanlah waktu khusus untuk menghabiskan waktu dengan anak. Ibu bisa menghabiskan waktu hanya dengan bermain bersama, bernyanyi bersama, atau sekedar menonton televisi bersama di siang hari. Meluangkan waktu bersama anak secara khusus membuat anak merasa diistimewakan.

Kontak Mata Saat Berbicara

Membiasakan melakukan kontak mata saat Ibu maupun anak berbicara membuat anak merasa lebih dihargai. Melakukan kontak mata menunjukkan cara Ibu untuk memberikan perhatian. Selain merasa dicintai, kontak mata dapat mengajarkan anak cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain di kemudian hari.

Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik seringkali memberikan rasa nyaman dan aman bagi anak. Ibu bisa melakukan kontak fisik seperti, memeluk, membelai, mencium untuk memberikan rasa nyaman dan aman tersebut. Sentuhan fisik meminimalisir kekhawatiran di hati anak akan sesuatu.

Dengan rasa aman dan nyaman, anak juga akan mudah menceritakan isi hatinya, aktivitas sehari-harinya, serta mimpi dan cita-citanya. Sentuhan fisik juga membuat kualitas hubungan, kelekatan bonding Ibu dan anak menjadi kuat.

Senyum dan Pujian

Senyuman yang ditujukan pada anak memberikan rasa nyaman. Anak akan tenang dan bahagia jika Ibu selalu tersenyum saat bersamanya ataupun sedang berbicara dengannya. Senyum dari Ibu bisa menjadi kebiasaan baik yang akan dicontoh oleh anak di kemudian hari.

Selain itu, memberikan pujian atas apa yang dilakukan anak dapat membuat anak merasa dicintai. Pujian yang Ibu berikan saat anak berhasil dalam melakukan sesuatu alam menjadi bentuk apresiasi yang membanggakan bagi anak. Pujian juga dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Jadilah Teladan Yang Pintar

Orang tua adalah contoh bagi anak. Oleh karena itu, menjadi orangtua yang pintar dan menjadi teladan hebat bagi anak adalah hal yang perlu Ibu lakukan. Anak adalah peniru yang hebat. Apa yang dilakukan orangtua sebagian besar akan ia ikuti. Ibu sebaiknya selalu menunjukkan perilaku yang sopan, bahasa yang santun, dan belajar disiplin pada banyak hal agar yang anak pelajari dari orang tuanya adalah sesuatu yang positif.

Selalu bersikap baik, penuh kasih sayang dan mengajarkan perhatian dan peduli sesama adalah teladan yang perlu Ibu berikan pada anak. Kasih sayang tanpa syarat pada anak akan membuat anak merasa dicintai oleh orang tuanya.

Cinta dan kasih sayang orangtua adalah fondasi kebahagiaan bagi anak. Dengan menunjukkan rasa cinta yang besar kepada anak melalui tindakan-tindakan kecil tersebut, memberikan makna dan karunia terbesar dari apapun yang ada dalam hidup anak. Namun, perlu Ibu ingat, memberikan cinta dan kasih sayang juga termasuk dalam hal mengajarkan anak untuk bersikap adil dan suportif. Membuat anak merasa dicintai bukan berarti memanjakan, namun dengan mendukung kecerdasan dan kepintaran, serta perilakunya dalam menjalani kehidupan.