Whatsapp Share Like
Simpan

Tak hanya menyenangkan dan menghilangkan stress, tertawa ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, tak terkecuali pada si Kecil. Menurut ahli, tertawa dapat membuat tumbuh kembang si Kecil menjadi lebih sehat. Hal tersebut disebabkan tertawa dapat melepaskan zat kimia yang disebut serotonin ke otak. Hormon serotonin dipercaya sebagai pemberi rasa nyaman dan senang pada tubuh.

Saat sudah mengembangkan senyum sosial, sekitar 6-8 bulan, si Kecil sudah dapat diajak bermain dan bercanda sehingga orang tua bisa membuat si Kecil tertawa. Saat si Kecil tertawa pasti terlihat menggemaskan di mata Ibu, terlebih jika tertawanya sangat geli dan tidak bisa berhenti.

Meskipun terkadang dalam beberapa kondisi si Kecil sulit tertawa, jangan menyerah Bu, tanpa disadari membuat si Kecil tertawa akan menguntungkan si Kecil. Perlu beragam usaha untuk membuat si Kecil tertawa, mulai dari menggelitik si Kecil, menirukan suara, ataupun bermain “cilukba”. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk melatih stimulasi perkembangan si Kecil, khususnya perkembangan sosioemosi si Kecil.

Berikut merupakan 7 manfaat yang si Kecil dapatkan saat ia sering tertawa:

  1. Membantu Si Kecil Tidur dengan Nyenyak

    Membuat si Kecil tertawa dipercaya dapat membuat tidur si Kecil lebih nyenyak. Hal tersebut disebabkan tertawa dapat mengurangi tingkat kecemasan dan stress pada si Kecil. Tertawa akan membuat otot-otot si Kecil menjadi rileks, sehingga ia menjadi lebih tenang saat tidur.

    Artikel Sejenis

    Ibu bisa membuat si Kecil tertawa dengan cara-cara yang alami seperti, membuat ekspresi lucu hingga memancing si Kecil tertawa.

  2. Membakar Kalori

    Tanpa disadari, saat si Kecil tertawa, maka ia seperti sedang berolahraga. Hal tersebut disebabkan saat si Kecil tertawa ada keterlibatan sistem saraf yang mampu menggerakkan otot bahu, dada, dan perut sampai ke pernapasan. Tertawa bisa menjadi peluang untuk membakar kalori dan menghilangkan lemak di tubuh si Kecil. Cara tersebut juga dapat menghindari risiko si Kecil terkena obesitas.

  3. Memperbaiki Kualitas dan Fungsi Organ Tubuh

    Tertawa dapat membuat memaksimalkan organ-organ yang ada di tubuhnya untuk bekerja dengan baik dan menjalankan fungsi dengan optimal. Mulai dari organ daerah perut, seperti ginjal, hati, kandungan empedu, dan beberapa organ lainnya. Kualitas tertawa yang baik juga dapat membantu melakukan pemijatan di bagian perut dan beberapa organ lain. Peredaran darah pada saat tertawa juga akan lebih lancar sehingga organ-organ tubuh dapat berfungsi jauh lebih baik.

  4. Melancarkan Kesehatan Pernapasan

    Saat si Kecil tertawa, paru-parunya akan mengembang dan mampu menyerap oksigen lebih banyak. Pernapasan si Kecil saat tertawa seperti saat selesai olahraga, dimana detak jantung pun akan meningkat lalu turun hingga kemudian menjadi normal. Hal tersebut akan membuatnya rileks dan merasa tenang. Selain melancarkan pernapasan, peningkatan kadar oksigen ke otak dapat membuat fungsi otak juga berjalan dengan baik. Oksigen dalam otak pada dasarnya berfungsi untuk menjaga kerja otak menjadi lebih baik.

  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Ketika si Kecil menarik napas saat tertawa, aliran oksigen pada tubuh akan meningkat sehingga si Kecil akan lebih bersemangat. Selain itu, tertawa dapat meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil apalagi saat si Kecil tertawa terbahak-bahak. Meningkatnya kekebalan tubuh si Kecil dikarenakan tertawa dapat memicu produksi sel-sel limfosit. Sel-sel limfosit berfungsi sebagai pembunuh stress alami dan mampu melumpuhkan banyak penyakit yang bersarang pada tubuh si Kecil.

  6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

    Aktivitas tertawa yang dilakukan oleh si Kecil membuat kinerja jantungnya semakin baik. Tertawa dapat memperluas lapisan dalam arteri, sehingga meningkatkan kemampuan darah yang mengalir ke seluruh tubuh. Menurut ahli, perluasan lapisan arteri saat tertawa bisa terjadi selama 45 menit setelah si Kecil berhenti tertawa. Dalam kondisi tersebut, tertawa dapat membuat si Kecil terhindar dari risiko penyakit jantung koroner.

  7. Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ)

    Membuat si Kecil sering tertawa dapat bermanfaat untuk perkembangan emosinya di kemudian hari. Si Kecil menjadi pintar memposisikan dan mengungkapkan emosinya secara langsung dalam situasi apapun. Dengan membuatnya sering tertawa, di kemudian hari si Kecil akan memiliki kecerdasan emosional yang stabil dan memiliki selera humor yang tinggi.

Untuk membuatnya memiliki kecerdasan emosi, Ibu perlu mengoptimalkan kecerdasan dan kepintaran otak si Kecil agar ia menjadi cepat tangkap dalam setiap kondisi. Selain memberikan stimulasi dan membuatnya tertawa, Ibu juga perlu memberikan nutrisi yang cukup pada si Kecil. Ibu bisa memberikan Frisian Flag 123 PRIMANUTRI yang mengandung vitamin A, C, E, Seng, Selenium, serta Serat Pangan Inulin untuk melengkapi nutrisi dan mengoptimalkan pertumbuhan si Kecil.