Whatsapp Share Like
Simpan

Pada musim hujan, waktu bermain si Kecil di luar rumah menjadi terbatas. Beraktivitas di luar rumah ketika hujan turun tentu bisa berbahaya apalagi jika hujan deras dan berangin. Oleh karena itu, selama hujan turun Ibu bisa tetap beraktivitas di dalam rumah bersama si Kecil, lho. Terdapat berbagai aktivitas menyenangkan yang bisa Ibu dan si Kecil coba. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Menggambar dan mewarnai

Saat hujan turun dan deras, tentu si Kecil tidak mungkin diajak beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, Ibu bisa mengajaknya menggambar dan mewarnai. Aktivitas ini dapat dilakukan di ruang keluarga yang hangat. Ibu bisa meminta si Kecil untuk menggambar hujan. Mintalah padanya untuk membayangkan seperti apa kira-kira suasana di luar sana. Hal ini sangat baik untuk merangsang imajinasi si Kecil. Apabila si Kecil sehari-hari hanya menggambar suasana senang dan indah, kini saatnya ia belajar menggambar suasana murung dan mencekam. Selain itu, ia juga bisa bereksplorasi dengan warna gelap. Dengan begitu, si Kecil pun akan belajar bahwa banyak hal di dunia ini yang bisa ia gambar, bukan hanya sesuatu yang indah dan berwarna terang saja.

Petak umpet  

Hujan turun sejak pagi hingga petang? Tentu tinggal di dalam rumah seharian akan sangat membosankan untuk si Kecil yang biasanya sangat aktif bermain di luar ruangan. Si Kecil yang sehari-hari bermain tanah, berlarian, atau bersepeda akan sangat tertekan apabila seharian di dalam rumah tanpa melakukan kegiatan fisik. Untuk itu, Ibu dapat mengajaknya melakukan aktivitas sederhana seperti petak umpet. Permainan ini akan membuat tubuh si Kecil bergerak selama 30 menit hingga satu jam. Agar si Kecil tidak merusak perabotan yang ada di rumah, pastikan Ibu memberi peraturan yang jelas mengenai lokasi mana saja yang bisa digunakan. Ibu sebaiknya menghindari ruangan yang penuh barang dan terlalu gelap, ya.

Menonton film

Aktivitas menyenangkan lainnya yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil adalah menonton film bersama. Ajak si Kecil memilih film yang sekiranya ia sukai. Ibu juga bisa menyiapkan cemilan untuk menemani selama menonton film. Selain menyenangkan dilakukan ketika hujan, aktivitas menonton film juga bisa semakin mendekatkan Ibu dan si Kecil, lho. Untuk pemilihan film, Ibu sebaiknya memastikan bahwa yang akan ditonton memang sesuai dengan umur si Kecil, ya.

Membuat kue

Selain menonton film, Ibu juga dapat mengajak si Kecil membuat kue di dapur. Aktivitas ini sangat menyenangkan dilakukan terutama saat hujan dan tidak bisa bermain di luar rumah. Tentukan kue apa yang akan dibuat. Siapkan berbagai peralatan dan bahan-bahannya. Saat mulai membuat kue, Ibu bisa meminta si Kecil membantu berbagai hal yang sekiranya bisa ia lakukan seperti menuang tepung, mengaduk adonan, dan mencetak bentuk. Untuk beberapa hal yang berisiko sebaiknya Ibu lakukan sendiri seperti mengocok telur dengan mixer atau memasukkan loyang ke dalam oven.

Artikel Sejenis

Membaca dongeng

Hari ketika hujan turun biasanya akan membuat rasa malas hinggap. Ibu dapat memanfaatkan momen ini untuk mengajak si Kecil bersantai di kasur sambil berselimut tebal. Ibu dapat juga menawarkan membacakan dongeng untuknya. Dengan diiringi suara air yang jatuh dan gemuruh di luar, membaca dongeng tentu akan sangat menyenangkan dan lebih dramatis. Pilih cerita yang sekiranya disukai si Kecil agar ia tertarik.

Karaoke

Apabila si Kecil senang bernyanyi, Ibu dapat mengajaknya karaoke di dalam rumah saat hujan turun. Jika tidak ada perlengkapan karaoke, Ibu dapat memutar lagu melalui gadget dan mengajak si Kecil bernyanyi. Pilih lagu yang sesuai dengan umur si Kecil. Aktivitas satu ini sangat menyenangkan dilakukan Ibu dan si Kecil terutama ketika hujan deras dan bermain di luar rumah tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Itulah 6 jenis aktivitas yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil selama hujan. Pada musim hujan, Si Kecil akan lebih mudah terkena penyakit flu dan batuk, lho. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya menjaga daya tahan tubuh si Kecil dengan memberinya tambahan asupan susu Frisian Flag PRIMANUTRI. Ada 3 varian rasa yang pastinya disukai si Kecil yaitu madu, vanila, dan coklat. Kandungan di dalamnya sangat lengkap seperti omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin yang akan membuat si Kecil semakin pintar. Mengkonsumsi susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI dapat membantu membuat memori si Kecil semakin tajam, lho.