Whatsapp Share Like
Simpan

Bermain bagi si Kecil merupakan aktivitas yang paling menyenangkan. Oleh karena itu, Ibu bisa mulai mencari referensi permainan edukatif, sehingga si Kecil akan tetap belajar ketika sedang bermain. Jika biasanya si Kecil bermain sendiri, cobalah sesekali untuk melakukan permainan keluarga bersama-sama. Hal tersebut akan sangat asyik dan tentunya ada banyak manfaatnya bagi si Kecil, lho. Berikut ini merupakan 5 manfaat melakukan permainan keluarga bersama si Kecil. Yuk, simak ulasan lengkapnya!

Munculnya rasa kebersamaan

Permainan keluarga tentunya dilakukan bersama-sama sehingga menimbulkan suasana yg meriah dan menyenangkan. Jika Ibu serta keluarga cukup sibuk, luangkanlah waktu tertentu seperti saat akhir pekan untuk melakukan permainan keluarga. Tidak perlu melakukan permainan keluarga setiap hari, kok. Dengan menentukan hari tertentu untuk melakukan permainan keluarga bersama si Kecil, hal itu akan membuat kesan eksklusif. Si Kecil dapat merasakan makna kebersamaan melalui momen bermain bersama keluarga.

Daya serap lebih tinggi

Si Kecil yang terbiasa bermain sendiri sebaiknya mulai diajak melakukan aktivitas permainan keluarga. Permainan yang dilakukan sendiri memang bisa merangsang tumbuh kembang si Kecil. Akan tetapi permainan keluarga dapat membantu membuat daya serap si Kecil terhadap informasi lebih tinggi. Saat melakukan permainan keluarga, si Kecil akan terasah untuk lebih berkonsentrasi terhadap banyak hal sekaligus. Ia pun akan mulai memahami betapa asyiknya bermain bersama-sama terutama dengan orang yang disayang.

Kemampuan menyerap informasi yang tinggi akan sangat mempengaruhi perkembangan intelektual si Kecil. Semakin mudah si Kecil memahami sesuatu maka ia berpotensi untuk menjadi lebih pintar. Selain itu, dengan daya serap tinggi si Kecil bisa memberi respon yang tepat pada berbagai situasi berbeda yang ia hadapi.

Melatih kemampuan kerja tim

Ketika nanti si Kecil sudah dewasa, kemampuannya bekerja secara tim sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilatih sejak dini dengan melakukan permainan keluarga. Ibu bisa melatih kemampuan kerja tim si Kecil. Selain itu, si Kecil akan belajar mengatur emosinya untuk tidak egois dan bertindak sesuka hati. Hal ini dikarenakan apa yang ia lakukan dapat berefek pada orang lain. Melalui kemampuan kerja tim, si Kecil secara tidak langsung juga belajar tentang bersosialisasi. Diharapkan dengan melakukan permainan keluarga, si Kecil dapat terhindar dari masalah kesulitan bersosialisasi nantinya di masa depan.

Membuat kenangan bahagia

Apa yang membuat si Kecil bisa kembali bersemangat ketika hatinya sedang sedih atau kecewa? Salah satunya adalah mengingat berbagai kenangan bahagia yang pernah dilalui bersama orang-orang tersayang. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu mulai membuat berbagai kenangan bahagia bersama si Kecil. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengajak si Kecil melakukan permainan keluarga. Menyaksikan seluruh anggota keluarganya berkumpul dan tertawa bersama akan membuat si Kecil merasa disayang dan diperhatikan. Menumpuk banyak kenangan bahagia dengan melakukan permainan keluarga tentu akan menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan bagi si Kecil.

Lebih stabil secara emosi

Tahukah Ibu bahwa si Kecil bisa mengalami stres akut? Hal tersebut dapat terjadi apabila si Kecil merasa gelisah dan takut terus menerus. Perkembangan emosi yang tidak stabil dapat menyebabkan si Kecil mudah gelisah dan takut. Salah satu cara yang bisa Ibu lakukan yaitu dengan mengajak si Kecil melakukan permainan keluarga. Mengapa demikian? Dengan melakukan permainan keluarga, si Kecil tidak akan merasa sendirian karena dikelilingi oleh orang-orang yang disayanginya. Selain itu, si Kecil akan tumbuh menjadi lebih pemberani karena melihat sikap Ibu yang tidak penakut selama permainan keluarga berlangsung.

Ayo, segera mulai lakukan permainan keluarga dengan si Kecil. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh si Kecil dari permainan keluarga. Permainan edukatif dan menyenangkan dapat merangsang otak si Kecil sehingga ia jadi lebih pintar. Selain itu, Ibu juga bisa merangsang otak si Kecil dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Di dalamnya terdapat kandungan omega 2, omega 6, minyak ikan, zat besi, asam sialat, dan sphingomyelin terdapat dalam tabel informasi gizi, yang membuat si Kecil menjadi Cepat Tangkap dan Pintar.