Whatsapp Share Like
Simpan

Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) biasanya diberikan saat si Kecil sudah berusia 6 bulan atau lebih. Tentunya ragam makanan yang bisa diberikan pada si Kecil cukup banyak jenisnya. Salah satu yang amat baik untuk dikonsumsi si Kecil yaitu keju. Pemberian keju bisa membantu si Kecil agar dapat tumbuh sesuai. Pilihan jenis keju yang dapat dikonsumsi si Kecil pun sangat beragam, lho. Selain itu, ada berbagai manfaat yang akan didapatkan si Kecil jika mengonsumsi keju dengan teratur. Berikut ulasan lengkapnya!

Berperan sebagai antioksidan untuk tubuh

Salah satu hal yang sangat penting bagi tubuh adalah antioksidan. Fungsinya yaitu sebagai penangkal radikal bebas. Berbagai makanan dan minuman memiliki zat antioksidan termasuk keju. Dengan mengonsumsi keju maka kekebalan tubuh dan sistem imun si Kecil akan meningkat. Hal itu tentunya berefek baik karena si Kecil tidak akan mudah terserang penyakit. Tubuhnya dapat tumbuh sesuai dengan lebih maksimal tanpa mengalami hambatan.

Untuk pertumbuhan gigi dan tulang

Manfaat lain yang bisa didapatkan jika si Kecil mengonsumsi keju adalah terbantunya pertumbuhan gigi dan tulang. Hal ini dikarenakan terdapat kalsium dan vitamin D di dalam keju. Apabila si Kecil tidak menyukai bau keju, Ibu dapat mencampurkannya dengan bahan makanan lain sehingga bau dan rasanya tidak lagi seperti keju. Selain itu, untuk si Kecil yang mulai menginjak usia 2 tahun, ibu sudah bisa mulai memberikan keju utuh tanpa diolah terlebih dahulu.

Membantu menjaga kesehatan mata

Ibu tentu telah mengetahui bahwa wortel sangat baik bagi kesehatan mata karena terdapat kandungan vitamin A di dalamnya. Namun, keju juga tidak kalah dengan wortel, lho. Di dalam keju juga terdapat vitamin A. Keju dapat menjadi makanan alternatif jika si Kecil tidak mau memakan sayur seperti wortel setiap hari. Pemberian keju pada si Kecil tentunya bertujuan agar pengelihatannya semakin tajam serta mencegah matanya mengalami rabun sedini mungkin.

Kesehatan mata memang merupakan salah satu yang cukup rentan pada si Kecil. Oleh karena itu, pemberian makanan yang tepat masih kurang. Ibu diharapkan tetap mengupayakan berbagai hal lain untuk menjaga kesehatan mata si Kecil. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan membatasi waktu si Kecil dalam menatap layar televisi atau alat elektronik lainnya. Jangan biarkan si Kecil menatap layar terlalu lama dan sering. Ibu juga sebaiknya memastikan jarak pandang si Kecil dengan layar cukup aman sehingga tidak melukai kesehatan matanya.

Artikel Sejenis

Memenuhi kebutuhan gizi

Usia 1-2 tahun merupakan usia penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Oleh karena itu, Ibu sebaiknya selalu memastikan bahwa asupan nutrisi si Kecil terpenuhi setiap saat. Salah satu makanan yang mengandung nutrisi serta dapat memenuhi kebutuhan gizi si Kecil adalah keju. Kandungan vitamin, lemak, dan protein dalam keju sangat berguna bagi tubuh si Kecil. Kalori yang terdapat pada keju juga sangatlah diperlukan untuk menunjang perkembangan si Kecil dari segi tubuh dan otaknya.

Sumber energi yang membantu proses tumbuh kembang

Si Kecil yang sehat akan menunjukkan tanda pada perkembangannya yaitu menjadi aktif terutama pada usia 1-2 tahun. Untuk itu, si Kecil membutuhkan kalori yang tinggi sebagai sumber energinya. Ibu dapat memberikan keju untuk dikonsumsi si Kecil sehari-hari. Terdapat 326 kalori dalam 100 gram keju yang dapat menjadi sumber energi sehingga mendukung si Kecil untuk beraktivitas.

Selain itu, terdapat banyak sekali kandungan lemak baik di dalam keju. Lemak baik ini berbeda dengan lemak jahat yang umumnya terkandung dalam gorengan. Lemak baik dalam keju ini memiliki manfaat yang luar biasa yaitu menghambat serta menghentikan pertumbuhan sel kanker. Maka dengan mengonsumsi keju, Ibu telah melakukan upaya pencegahan si Kecil terkena penyakit kanker sedini mungkin.

Keju mudah didapatkan dan bisa dicampurkan dengan makanan lain. Terdapat aneka jenis keju yang bisa Ibu pilih sehingga si Kecil tidak akan bosan karena memakan keju yang sama setiap hari. Selain pemberian keju, Ibu juga dapat mengimbangi dengan memberikan susu Frisian Flag 123 PRIMANUTRI. Terdapat kandungan protein, kalsium, dan vitamin D yang juga membantu si Kecil untuk tumbuh sesuai. Pilihan rasanya pun akan membuat si Kecil jatuh hati yaitu madu, vanilla, dan coklat. Dengan begitu, Ibu telah berperan aktif dalam membantu perkembangan si Kecil melalui apa yang ia konsumsi setiap hari, si Kecil pun tumbuh menjadi anak yang Cepat Tangkap, Aktif Bergerak, dan Tumbuh Sesuai.