Share Like
Simpan

Jika Bapak-Ibu baru memulai mengajarkan membaca pada usia ini, harus dipahami anak usia ini umumnya sudah bisa berjalan atau merambat dengan berpegangan pada benda-benda di sekitarnya atau pada orang-orang untuk mulai melangkah sendiri. Sementara pada usia 18 bulan, si kecil sudah pandai berjalan bahkan berlari. Aktivitas si kecil pada usia 18 bulan sangat-sangat lincah bergerak kesana kemari. Ia akan makin giat mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Gerakan fisiknya kadang mulai tidak terkendali. Untuk itu saat memulai program membaca ini, ada 2 hal yang penting diingat Bapak-Ibu:

  1. Pelajaran harus dibuat sangat singkat.
  2. Hentikan sebelum si kecil ingin menghentikannya.

Pada usia ini tekankan langkah pertama dan kedua pada tahapan membaca. Untuk mengingatkan kembali, mari kita sedikit mereview kembali.

Tahapan pertama Metode Glenn Doman: kenalkan dan gunakan hanya 15 kata tunggal. Piih kata-kata tunggal yang akrab dengan si kecil. Buat kata-kata tunggal itu dengan karton berukuran 15x50cm. Tunjukkan pada si kecil satu per satu kata-kata itu sambil mengucapkan dengan suara dan intonasi jelas. Biarkan si kecil melihatnya hanya 1 detik. Bapak-Ibu jangan memberikan penjelasan apa pun pada kata-kata tersebut.

Pelajaran Metode Glenn Doman kemudian bisa dilanjutkan sesuai dengan cara dan metode yang sudah Anda pelajari di bab sebelumnya. Setelah si kecil cukup menguasai tahap pertama, Anda bisa melanjutkan pada tahapan kedua program membaca tersebut.
Dengan mobilitas si kecil yang tak mau berdiam diri, bergerak kesana kemari, prinsip menghentikan kegiatan belajar sebelum si kecil ingin menghentikannya harus benar-benar dilaksanakan.
Karena pada usia ini, And harus benar-benar jeli membaca kondisi fisik dan emosi si kecil. Ketika ia mulai terlihat bosan, mengantuk, tidak nyaman, tidak bisa diam karena ingin bergerak, segera hentikan kegiatan belajar membaca. Selingi dengan permainan dan segelas susu Frisian Flag 123.

Kegiatan belajar yang sangat singkat dan menyenangkan adalah yang terbaik bagi buah hati tercinta.