Share Like
Simpan

Membaca punya banyak manfaat bagi perkembangan kecerdasan si Kecil, yuk perkenalkan ia pada aktivitas ini sejak dini. Namun, karena kini ia belum memasuki usia sekolah, metode pembelajaran yang Ibu terapkan juga perlu disesuaikan dengan usianya. Agar proses belajar baca berlangsung efektif dan menyenangkan, berikut tiga hal penting yang perlu diingat ketika mengajari si Kecil membaca:

1. Pilihlah kata-kata yang disukai anak. Ayah-Ibu harus memilih dengan baik kata-kata untuk kegiatan belajar membaca ini . Kata-kata yang dipilih hendaknya sesuai usia si Kecil dan dekat dengan kesehariannya, seperti benda-benda miliknya atau makanan kesukaannya. Selain tiga kelompok kata tadi, kata sifat seperti ‘pintar’ dan ‘rajin’ juga bisa mulai Ibu kenalkan.

2.Mulailah kegiatan belajar membaca setahap demi setahap. Tahap pertama dimulai dengan satu kelompok kata saja yang terdiri dari 5 kata. Tunjukkan padanya secara sekilas satu per satu kata-kata itu. Ulangi lagi pada kesempatan yang baik ketika si Kecil tengah merasa nyaman dan santai. Setelah beberapa hari tambahkan 1 kelompok kata lagi yang terdiri dari 5 kata. Kemudian secara perlahan perlihatkan kelompok kata baru berikutnya. Begitu seterusnya.

Kata yang paling menarik minat anak usia ini adalah kata-kata yang ingin diucapkannya. Jadi pilihlah kata-kata yang diminatinya.

3. Setelah cukup banyak memperkenalkan kata-kata tunggal dan gabungan kata, tahap selanjutnya yang bisa dicoba yaitu membuat beberapa kalimat lucu dari rangkaian kata-kata sederhana. Hindari melibatkan ribuan kata tunggal untuk membuat kalimat. Ingat, anak usia 18 sampai 30 bulan bukan lagi seorang bayi, Bu. Pada usianya kini, ia lebih menyukai kalimat daripada kata-kata tunggal.

Mengajarkan si Kecil membaca juga bisa Ibu lakukan dengan membacakannya beberapa buku menarik lho. Kabar baiknya, kini buku-buku menarik untuk si Kecil bisa Ibu dapatkan dengan harga lebih terjangkau. Sebab, poin Ibu & Balita milik Ibu bisa ditukarkan dengan voucher toko buku untuk membeli buku si Kecil. Klik di sini untuk info selengkapnya.