Whatsapp Share Like Simpan

Ada banyak jenis makanan yang menggunakan biji wijen sebagai pelengkap, mulai dari roti, cookies, onde-onde, moci, dan lain sebagainya. Di balik rasanya yang unik, ternyata manfaat biji wijen pun cukup beragam lho, Bu. Pasalnya, biji wijen mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh si Kecil. 

Apa Saja Kandungan Nutrisi Biji Wijen?

Meskipun ukurannya sangat mungil, biji wijen termasuk jenis biji-bijian yang mengandung berbagai nutrisi, baik itu nutrisi makro maupun nutrisi mikro. Itulah sebabnya, tak heran jika jenis biji yang satu ini bisa menjadi nutrisi tambahan bagi tumbuh kembang si Kecil.

Pada dasarnya, biji wijen terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu wijen putih dan wijen hitam. Kedua jenis wijen ini sebenarnya mengandung nutrisi yang tak jauh berbeda. Maka dari itu, Ibu bisa memilih jenis wijen sesuai dengan selera si Kecil. Melansir laman resmi nilaigizi.com, dalam 100 gram biji wijen mengandung berbagai nutrisi yang meliputi:

  • Air : 0,4 gram
  • Karbohidrat : 2,1 gram
  • Protein : 1,6 gram
  • Lemak : 4,5 gram
  • Serat : 1 gram
  • Kalsium : 90 mg
  • Zat besi : 1,3 mg
  • Magnesium : 30 mg
  • Fosfor : 55 mg
  • Kalium : 40-45 mg
  • Zinc : 0,7 mg
  • Selenium : 3 mcg
  • Asam folat : 9 mcg

Tak hanya itu lho, Bu, ternyata biji wijen juga mengandung asam lemak omega 3 (ALA) yang penting bagi perkembangan otak si Kecil. Namun, biji wijen bukan satu-satu makanan yang kaya nutrisi, Ibu juga tetap harus menyeimbangkan kebutuhan gizi harian si Kecil dari makanan bernutrisi lainnya.

Sebab, biji wijen termasuk sumber protein nabati yang kurang mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil. Dalam masa pertumbuhan, si Kecil dianjurkan untuk mengonsumsi sumber protein hewani karena mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap dibandingkan protein nabati.

Artikel Sejenis

9 Asam Amino Esensial (9AAE) dikenal sebagai super protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh si Kecil. Asupannya harus dipenuhi secara rutin dan setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri, sehingga harus didapatkan dari sumber protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

Lantas apa jadinya jika si Kecil kekurangan asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) secara terus menerus? Nah, penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National Center for Biotechnology menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%. Hormon pertumbuhan ini mencakup tinggi badan, tingkat kecerdasan, dan daya tahan tubuh. Ibu pasti tidak ingin hal ini dialami oleh si Kecil, kan? 

Eits! Ibu tidak perlu khawatir ya, karena asupan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap bisa didapatkan dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Yang tak kalah penting, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1 mengandung DHA 4x lebih tinggi dibandingkan biji wijen, asam lemak omega 3 (ALA), asam lemak omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi. Dengan begitu, susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ cukup optimal untuk mendukung perkembangan dan akal kreatif si Kecil. 

Meskipun bukan sumber protein hewani, tak ada salahnya Ibu memberikan si Kecil olahan yang mengandung biji wijen. Ibu bisa menjadikan biji wijen sebagai makanan pendukung yang membantu meningkatkan kesehatan si Kecil, tentunya selama konsumsi protein hewani sudah tercukupi dengan baik. Sebab, jenis biji yang satu ini ternyata memiliki berbagai manfaat penting lho. 

Apa Saja Manfaat Biji Wijen untuk Anak?

Berikut ini beberapa manfaat biji wijen yang penting bagi kesehatan si Kecil, antara lain:

  1. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

    Biji wijen termasuk salah satu sumber kalsium yang baik untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi si Kecil. Selain kalsium, wijen juga mengandung beberapa jenis mineral penting, seperti magnesium, fosfor, kalium, dan zinc. 

    Berkat kandungan nutrisinya tersebut, biji wijen baik dikonsumsi secara rutin agar kesehatan tulang dan gigi si Kecil tetap terjaga. Namun, biji wijen saja tidak cukup untuk mendukung kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

    Si Kecil juga perlu mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung kalsium yang cukup tinggi. Jika si Kecil mengonsumsi Frisian Flag PRIMAGRO 1+ sebanyak 3x sehari, ia sudah mendapatkan sekitar 90% kalsium harian sesuai dengan AKG. 

  2. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh

    Manfaat biji wijen yang tak kalah penting yaitu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Sebab, di dalamnya mengandung protein, zinc, zat besi, selenium, asam folat, serta antioksidan yang penting untuk sistem imun tubuh.

    Nah, Ibu juga bisa lho meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan cara memberikannya susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ karena mengandung kombinasi nutrisi penting untuk daya tahan tubuh, seperti seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi yang dikombinasikan dengan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) untuk memaksimalkan penyerapan seluruh nutrisi tersebut.

  3. Menjaga kesehatan pencernaan

    Biji wijen mengandung serat tidak larut yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Akan tetapi, sistem pencernaan si Kecil juga membutuhkan keseimbangan antara serat tidak larut dan serat larut. 

    Itulah sebabnya, Ibu perlu mencukupi asupan serat larut air, seperti serat pangan inulin kepada si Kecil secara rutin. Serat pangan inulin bisa didapatkan dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ yang dapat membantu mencegah sembelit atau konstipasi pada anak. 

Itulah beberapa kandungan nutrisi dan manfaat biji wijen bagi anak. Meskipun termasuk makanan kaya nutrisi, tetapi Ibu harus memberikan wijen secara tepat dan diimbangi dengan makanan bergizi lainnya.

Ibu juga perlu berhati-hati karena bagi sebagian orang, biji wijen merupakan makanan yang dapat menyebabkan alergi lho, Bu. Itulah sebabnya, Ibu perlu mengetahui kondisi si Kecil terlebih dahulu sebelum memberikan biji wijen ke dalam menu makanannya. Jika si Kecil mengalami kondisi medis tertentu setelah mengonsumsi biji wijen, sebaiknya segera bawa ia ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain mengonsumsi biji wijen, anak-anak yang berusia 1-3 tahun juga dianjurkan minum susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ secara rutin agar tumbuh kembangnya lebih prima. 

Ibu pasti ingin melihat tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, kan? Maka dari itu, penting untuk selalu memantau grafik pertumbuhan si Kecil agar terhindar dari stunting, caranya dengan memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima.

Ibu akan mendapatkan banyak informasi penting mengenai grafik pertumbuhan dari WHO, grafik CDC, hingga anjuran dari psikolog. Pokoknya bermanfaat banget lho, Bu. Langsung cobain fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz