Share Like
Simpan

Ketika si Kecil menulis, menggenggam benda-benda kecil dan memegang garpu untuk memakan potongan buah kesukaannya, yang berperan adalah ketrampilan motorik halusnya. Ketrampilan motorik halus merupakan aktivitas yang melibatkan gerakan-gerakan kecil dari tangan, pergelangan tangan, jari-jari tangan, kaki dan jari-jari kaki. Mungkin terlihat sepele, tetapi gerakan motorik halus sangat penting untuk mendukung perkembangan fisik dan mental si Kecil. Karenanya, melatih kemahiran si Kecil dalam menggunakan otot-otot kecilnya termasuk ke dalam agenda ayah dan ibu dalam membesarkan dan mendidik si Kecil.

Untuk membantu mengembangkan ketrampilan motorik halusnya, biarkan si Kecil mencoba melakukan tugas-tugas sederhana dengan tangannya yang mungil, seperti makan buah potong dengan menggunakan garpu, mengoleskan selai stroberi di roti tawarnya ketika sarapan atau menuangkan susu cair ke gelasnya.

Menggambar dan mencorat-coret juga sangat baik untuk mengembangkan ketrampilan motorik halus si Kecil. Sediakan kertas polos dan pensil, spidol atau krayon, biarkan si kecil mencorat-coret. Atau gunakan cat air yang aman untuk mengajak si Kecil membuat projek finger painting, melukis dengan menggunakan jari-jari tangannya, atau bisa juga dengan menggunakan kuas. Atau ajak si Kecil untuk membuat ‘cap’ dengan menggunakan potongan wortel atau daun yang dicelupkan ke cat air lalu dioleskan ke atas kertas. Selain melatih gerak halus, kegiatan menggambar, mencorat-coret dan membuat stempel dengan sayur/buah/daun, juga bisa melatih ketajaman penglihatan serta merangsang imajinasi dan kreativitas si Kecil.

Mendampingi si Kecil bermain dan belajar merupakan momen yang sempurna untuk menjalin ikatan antara si Kecil dengan ayah ibunya. Bermain dan belajar juga merupakan sarana untuk mengembangkan ketrampilan si Kecil. Ibu bisa mendapatkan teman bermain dan belajar secara gratis, yaitu Playmat, dengan bergabung di Komunitas Ibu dan Balita dan mengikuti program hadiah dengan menukarkan poin ibu sebesar 2880 poin.

Playmat tidak hanya berfungsi sebagai teman bermain si Kecil, tetapi juga sebagai teman belajar yang dapat membantu menstimulasi motorik halus karena dilengkapi dengan spidol. Fitur spidol ini unik karena harus dicelupkan dahulu ke air untuk menggambar atau mencorat-coret diatas Playmat tersebut dan tintanya nanti akan otomatis hilang sendiri.

Playmat juga dilengkapi musik dan ‘pola cetakan’ aneka bentuk (segitiga, bintang, hati, dll) untuk memudahkan si Kecil menggambar sambil mendengarkan musik. Jadi Playmat tidak hanya sebagai teman bermain melainkan juga sebagai sarana belajar untuk membantu melatih motorik halus dan kreativitas si Kecil.

Ayo segera tukarkan poin ibu dengan Playmat di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, klik untuk lihat jadwal.