Share Like
Simpan

Jika sebelumnya Anda sudah mengenalkan bilangan kepada balita, kini saatnya mengajarkan persamaan dan pemecahan soal. Caranya sama dengan ketika Anda memperkenalkan bilangan.

Untuk mengajarkan persamaan, Anda juga harus menyiapkan kartu flash bergambar dot seperti yang digunakan ketika mengajarkan bilangan. Kemudian, tunjukkanlah kartu-kartu tersebut secara berurutan, mulai dengan kartu flash bilangan pertama, bilangan kedua, lalu kartu bilangan hasil penjumlahan kedua bilangan sebelumnya.

Contohnya ketika Anda ingin mengajarkan 1 + 2 = 3, angkatlah kartu satu dan katakan ”satu” lalu letakkan kartu tersebut. Kemudian katakan ”ditambah”, lalu angkat kartu dua sambil mengatakan ”dua”, kemudian letakkan kartu dua. Setelah itu katakan “sama dengan”, kemudian angkatlah kartu tiga sambil mengatakan “tiga”.

Laukanlah ini secara cepat dan alamiah. Hal yang harus Anda perhatikan adalah, persiapakan penjumlahan ini secara baik sehingga Anda tidak perlu sibuk mencari-cari kartu flash.

Selain penjumlahan, Anda dapat juga menggunakan cara ini dengan pengoperasian lain seperti pengurangan, perkalian bahkan pembagian.

Selain persamaan, Anda juga dapat mengajarkan bagaimana melakukan pemecahan masalah. Tentu saja ini berbeda dengan menguji. Balita tidak suka jika ia diuji.

Menurut Glenn Doman, menguji adalah menunjukkan apa yang tidak diketahui oleh balita. Sedangkan memecahkan soal adalah memberikan kesempatan kepada balita untuk menunjukkan apa yang balita ketahui jika ia mau.

Suatu cara untuk memecahkan soal adalah dengan menunjukkan dua buah kartu flash, misalnya kartu ”dua belas” dan kartu ”sepuluh”. Setelah itu tanyakan ”Mana yang sepuluh?”. Jangan meminta jawaban kepada balita, tetapi berikan ia dua pilihan dan biarkan ia menunjukkan pilihannya. Bagi balita yang belum dapat berbicara, cara ini akan sangat membantu.

Your browser may not support display of this image.

Struktur otak balita berjalan pesat pada saat berada di dalam kandungan hingga berusia 3 tahun (golden years), sehingga rangsanglah balita agar tertarik untuk mengamati dan mempertanyakan tentang berbagai hal di lingkunganya. Beri anak kebebasan dan dorongan untuk mengembangkan khayalan, merenung dan berpikir. Hal ini akan berpengaruh besar pada kecerdasan, kreativitas dan perilaku anak.

Irene F Mongkar

Praktisi Glenn Doman

Teaser

Bagi pembaca yang ingin menyampaikan pertanyaan yang berkaitan dengan metode Glenn Doman, dapat langsung mengirimkan pertanyaannya ke :

Redaksi Nakita

Gedung Gramedia Majalah lantai 3

Jl. Panjang no. 8A

Kebon Jeruk Jakarta

Email : nakita@gramedia-majalah.com