Share Like
Simpan

Makan sehat? Ya, Ibu seyogyanya menerapkan kebiasaan makan sehat sejak dini pada si Kecil. Makan sehat harus terdiri dari beragam makanan, sehingga si Kecil akan mendapatkan zat-zat gizi, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral, yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya.

Lalu bagaimana cara memupuk kebiasaan makan sehat dalam keluarga?

Yang pertama, membiasakan makan bersama keluarga di meja makan. Ingat, anak adalah peniru yang ulung, jadi Ibu dan Ayah harus siap menjadi role model atau contoh yang baik untuk anak-anak. Jika si Kecil melihat ayah atau ibunya tidak makan sayuran, bisa dipastikan mereka juga akan menolak makan sayuran. Padahal sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Saat makan bersama juga merupakan saat yang tepat untuk memberikan contoh ’makan secukupnya’, tidak berlebihan. Meskipun makanan yang disajikan sangat lezat dan mengundang selera, tetapi jika Ayah atau Ibu sudah merasa kenyang, katakan saja, ”Makanan ini enak sekali tapi rasanya perut Ayah sudah penuh, jadi Ayah ga akan nambah lagi” .

Kedua, sajikan aneka ragam makanan dan cemilan. Jangan menyediakan jenis makanan itu-itu saja supaya pengalaman ’rasa’ si Kecil juga lebih variatif. Semakin beragam makanan yang disajikan, maka semakin besar kemungkinan Ibu memenuhi kebutuhan zat gizi si Kecil. Semakin banyak jenis makanan yang disediakan, semakin banyak zat gizi yang akan si Kecil peroleh.

Ketiga, libatkan si Kecil dalam proses penyiapan makanan. Ketika si Kecil membantu menyiapkan makanan yang akan dihidangkan, Ibu bisa sambil bercerita tentang manfaat bahan makanan yang sedang diolah dan apa akibatnya kalau si Kecil tidak mau makan makanan tersebut.

Tidak sulit bukan? Ayo mulai praktekan 3 langkah tersebut agar si Kecil terbiasa dengan makan sehat.