Whatsapp Share Like Simpan

Ibu pasti setuju bahwa manfaat buah pisang cukup banyak dan penting guna mendukung kesehatan tubuh si Kecil. Apalagi buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis, sehingga sangat cocok dijadikan menu MPASI untuk bayi. Di samping itu, manfaat buah pisang ini tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya. 

Melansir laman resmi Data Komposisi Pangan Indonesia, buah pisang ukuran sedang mengandung sejumlah nutrisi, mulai dari air, karbohidrat, protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, tembaga, zinc, vitamin A vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

Dari banyaknya kandungan nutrisi tersebut, tak heran jika manfaat buah pisang cukup penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang bayi hingga orang dewasa. Nah, apa saja manfaat buah pisang dan resep MPASI-nya untuk bayi? Simak penjelasannya dalam artikel ini, yuk!

Manfaat Buah Pisang untuk Bayi

Berikut ini manfaat buah pisang yang bisa didapatkan oleh si Kecil berdasarkan kandungan nutrisi di dalamnya, antara lain:

  • Tinggi serat

    Buah pisang termasuk salah satu makanan tinggi serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Kandungan serat yang tinggi ini pun mampu mencegah risiko sembelit atau konstipasi, apalagi saat si Kecil baru pertama kali mengonsumsi MPASI. Itulah sebabnya, manfaat buah pisang cukup penting bagi bayi dalam masa transisi dari asupan ASI eksklusif ke MPASI.

    Artikel Sejenis

  • Tinggi protein nabati

    Manfaat buah pisang yang tak kalah penting yaitu dapat mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil berkat kandungan protein yang cukup tinggi. Meski demikian, Ibu perlu mengetahui bahwa protein nabati tidak mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap. 

    Sedangkan, si Kecil membutuhkan asupan 9AAE yang lengkap dan dalam jumlah yang sesuai, agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Sebab, tubuh tidak bisa memproduksi 9AAE sendiri, sehingga harus didapatkan dari protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

    9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dikonsumsi oleh si Kecil setiap harinya dengan porsi yang tepat. Nutrisi ini bisa didapatkan dari makanan sumber protein hewani agar ia tidak kekurangan asupan 9AAE. Menurut penelitian dari J.Nutr yang dipublikasi dalam National for Biotechnology Centre, kekurangan semua jenis 9 AAE akan menurunkan potensi tinggi badan sebanyak -50%.

  • Tinggi kalsium dan kalium

    Kandungan kalsium dan kalium yang cukup tinggi dalam buah pisang bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi si Kecil. Manfaat buah pisang ini akan lebih optimal jika Ibu memberikan si Kecil asupan protein hewani dan vitamin D dalam jumlah yang tepat.

Selain yang disebutkan di atas, manfaat buah pisang juga penting untuk membantu meningkatkan perkembangan otak, mengatasi anemia, menjaga kesehatan kulit, mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh, serta mengontrol berat badan lebih sehat.

Resep MPASI Buah Pisang untuk Bayi

Cukup mudah lho bagi si Kecil untuk mendapatkan manfaat buah pisang. Caranya dengan memberikan MPASI berbahan buah pisang yang dikombinasikan dengan bahan lainnya agar kandungan nutrisi dalam MPASI si Kecil lebih tinggi. 

Agar si Kecil bisa mendapatkan manfaat buah pisang yang lebih maksimal, berikut ini ada beberapa resep yang bisa Ibu olah dan kreasikan dengan mudah. Simak ide resepnya, yuk!

Puree pisang panggang

Selain lezat dan mudah diolah, resep MPASI puree ini juga kaya akan nutrisi sehingga si Kecil bisa mendapatkan manfaat buah pisang lebih optimal karena resep puree ini diolah dengan cara dipanggang,. Yuk, ikuti resepnya di bawah ini: 

Bahan-bahan:

  • 4-5 buah pisang
  • ASI secukupnya

Cara membuat:

  1. Panggang pisang pada oven dengan suhu 250 derajat celsius selama 30 menit
  2. Keluarkan pisang dan dinginkan terlebih dahulu
  3. Kupas kulit pisang, lalu haluskan menggunakan garpu atau blender sampai teksturnya halus
  4. Campurkan dengan ASI, lalu aduk sampai rata
  5. Sebelum disajikan, saring puree menggunakan saringan
  6. Sajikan resep MPASI untuk si Kecil

Puree pisang dan ubi

Ibu ingin si Kecil mendapatkan manfaat buah pisang yang lebih maksimal? Coba kreasikan resep MPASI-nya dengan kombinasi ubi jalar, yuk! Perpaduan rasa manis alami dari pisang dan ubi pasti disukai si Kecil.

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah ubi jalar ukuran sedang
  • 1/2 buah pisang
  • ASI secukupnya

Cara membuat:

  1. Kukus ubi sampai matang
  2. Di mangkuk, haluskan pisang menggunakan garpu atau sendok
  3. Haluskan ubi yang sudah matang
  4. Campurkan ubi dan pisang
  5. Tambahkan ASI secukupnya untuk mengatur tingkat kekentalan
  6. Saring ubi dan pisang
  7. Sajikan MPASI puree untuk si Kecil

MPASI pisang apel

Selain manfaat buah pisang, si Kecil juga bisa mendapatkan nutrisi dan manfaat buah apel yang tak kalah penting untuk kesehatan tubuhnya lho. Sama seperti puree pisang dan ubi, resep MPASI yang satu ini memiliki rasa manis alami yang menggugah selera bayi.

Bahan-bahan:

  • 1/2 buah pisang
  • 1/2 buah apel
  • 1/4 buah pir
  • ASI secukupnya
  • Sedikit kismis

Cara membuat:

  1. Kukus apel dan pir kurang lebih 15-20 menit, pastikan daging buahnya lunak
  2. Haluskan apel dan pir sampai halus
  3. Haluskan juga pisang sampai teksturnya lembut
  4. Campurkan kedua bahan tersebut dengan ASI secukupnya
  5. Atur kadar ASI hingga tingkat kekentalannya pas
  6. Saring MPASI menggunakan saringan
  7. Sajikan MPASI untuk si Kecil

Bubur pisang kacang hijau

Manfaat buah pisang juga bisa didapatkan dari resep MPASI yang satu ini. Selain manfaat buah pisang, si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat kacang hijau. Simak resepnya di bawah ini, yuk! 

Bahan-bahan:

  • 4 sdm kacang hijau
  • 1 buah pisang
  • ASI secukupnya
  • Air secukupnya untuk merebus kacang hijau

Cara membuat:

  1. Cuci kacang hijau dan rebus hingga matang
  2. Setelah hampir menjadi bubur dan air sudah meresap, tambahkan pisang
  3. Masak kedua bahan tersebut sampai menjadi bubur
  4. Tambahkan sedikit ASI, atur tingkat kekentalan
  5. Saring bubur menggunakan saringan
  6. Sajikan untuk MPASI si Kecil

Bubur pisang biskuit

Si Kecil juga bisa mendapatkan manfaat buah pisang dari resep MPASI yang satu ini. Perpaduan pisang dan biskuit yang manis bisa jadi membuat si Kecil lahap. Cobain resepnya di bawah ini, yuk!

Bahan-bahan:

  • 1 buah pisang
  • 1 keping biskuit khusus bayi
  • Air secukupnya
  • ASI sedikit

Cara membuat:

  1. Hancurkan biskuit di mangkuk, tuang dengan air hangat secukupnya, aduk sampai jadi bubur halus
  2. Tambahkan pisang, lalu haluskan sampai tekstur lembut
  3. Tambah ASI sedikit
  4. Sajikan untuk MPASI si Kecil

Bagaimana, Bu? Resep MPASI pisang ini cukup mudah diolah, kan? Pastikan Ibu memilih buah pisang yang segar serta bahan-bahan pendukung lainnya yang berkualitas. Dengan begitu, si Kecil bisa mendapatkan manfaat buah pisang dan bahan lainnya secara maksimal.

Selain itu, Ibu juga perlu memerhatikan kualitas ASI agar nutrisi di dalamnya bisa mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil. Meskipun MPASI penting, tetapi ASI juga tetap harus dipenuhi hingga usia si Kecil 2 tahun. 

Untuk meningkatkan kualitas ASI, Ibu dianjurkan untuk rutin mengonsumsi susu yang diformulasi khusus ibu hamil dan menyusui, seperti susu Frisian Flag PRIMAMUM yang mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, omega 3 (ALA), dan omega 6 (LA) untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil serta kesehatan Ibu.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan kalsium dan vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel si Kecil.

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz