Whatsapp Share Like
Simpan

Pelangi itu indah ya, Bu. Kehadirannya di langit seringkali membuat si Kecil takjub dan tidak mau melepaskan pandangan dari beraneka ragam warnanya. Hari ini, ayo ajak si Kecil membuat pelanginya sendiri dari cat atau crayon.  Selain seru dan menyenangkan, aktivitas ini juga tentu bisa membuat si Kecil, yang berada di usia 5-6 tahun ini, untuk mengenal lebih jauh tentang berbagai macam warna.

Untuk menggambar bersamanya hari ini, mari siapkan perlengkapan berikut ini:

  • cat air
  • kuas
  • kertas gambar
  • garam dapur
  • glitter
  • palet (atau bisa juga menggunakan tempat es batu )

Sebelum mulai, ayo ajak si Kecil mengambil cat dengan warna-warna yang cocok untuk pelanginya. Ibu juga bisa mengenalkannya dengan istilah “me-ji-ku-hi-bi-ni-u” atau bernyanyi lagu “Pelangi-pelangi” kepada si Kecil untuk membantunya saat memilih warna.

Warna-warnanya sudah terkumpul? Yuk, mulai menggambar. Ajak ia untuk membuat gambar pelangi dengan menggunakan warna yang sudah dipilihnya. Namun, perlu dingat, jangan buru-buru memperbaiki gambarnya dulu jika pelangi buatannya tidak sesuai dengan aslinya. Bisa-bisa, ia malah jadi tidak menikmati aktivitas menggambarnya ini. Jadi, sebaiknya biarkan saja si Kecil mengekspresikan daya imajinasinya sesuka hati.

Ibu juga bisa ikut berkolaborasi bersamanya, lho. Si Kecil bisa membuat pelanginya, sementara Ibu menghias latar belakang atau suasana di sekelilingnya.  Lukisan kolaborasi ini tentu bisa menjadi kenang-kenangan yang indah atas di masa tumbuh kembang anak ini.

Supaya lukisannya makin indah, coba tambahkan garam dapur pada lukisannya, Bu. Caranya mudah. Saat cat pada lukisan masih basah, taburkan garam dapur di atasnya. Nanti, garam dapur akan menyerap cat dan membentuk tekstur yang menarik pada lukisannya. Setelah mengering, Ibu juga bisa menaburkan glitter di atas lukisannya tersebut  

Jika lukisannya sudah selesai, jangan lupa untuk meminta si Kecil menceritakan karyanya, ya. Dengan begitu, Ibu bisa menemukan alasan di balik lukisan pelanginya yang berbeda dari bentuk aslinya, misalnya berbentuk bundar atau meliuk-liuk seperti ular. Berikan juga pujian kepadanya. Di usianya ini, si Kecil cenderung membutuhkan perhatian dari Ibu dan Ayah. Pujian akan membuatnya semakin percaya diri dan bersemangat untuk berkreasi lagi.

Pada masa tumbuh kembang anak saat ini, melukis atau menggambar adalah salah satu aktivitas yang digemari si Kecil. Ini karena lewat lukisan, si Kecil bisa bermain-main dan bereksplorasi dengan warna serta menuangkan idenya dengan bebas. Bukan hanya itu saja manfaat yang didapatkannya, Bu. Menurut Raisingsmallsouls.com, kegiatan ini pun dapat menstimulasi perkembangan pada bagian otak kiri (digunakan untuk mengolah emosi dan kreativitas) serta kanannya ( yang berhubungan dengan logika dan analisa). 

Agar si Kecil dapat selalu berkreasi dengan lincah dan penuh semangat, pastikan kebutuhan nutrisinya selalu terjaga ya, Bu. Sebagai panduan, di masa tumbuh kembang anak usia 5-6 tahun saat ini, ia membutuhkan menu yang seimbang dengan kandungan:

  • karbohidrat (kentang, nasi, dan roti)
  • lemak ( ikan salmon dan sarden)
  • zat besi (brokoli, daging merah, dan kacang kedelai)
  • protein (daging dan telur)

Selain menggambar dan melukis pelangi, jangan lupa ajak juga si Kecil untuk rutin melakukan aktivitas di luar rumah ya, Bu. Paparan sinar matahari yang cukup dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin D-nya untuk mengoptimalkan pertumbuhannya. Berikan juga ia Frisian Flag Karya secara rutin agar nutrisinya terlengkapi. Kandungan vitamin D, selenium, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, C & E, serta Inulin pada susu Frisian Flag Karya dapat membantu pertumbuhan si Kecil sehingga ia semakin aktif berkarya.

Selamat bermain dengan si Kecil, Bu!