Share Like
Simpan

Bu, apakah si Kecil sudah punya lagu favorit? Kalau dulu, anak saya suka banget sama lagunya Joshua yang judulnya “Cit Cit Cuit”. Wah, setiap kali mendengar lagu itu, dia langsung teriak kegirangan dan berusaha mengikuti liriknya. Lucu sekali, deh. Uniknya, sejak saat itu, setiap kali si Kecil melihat ada burung di dekat rumah, dia langsung bilang, “Cit cit cuittt…” sambil menunjuk dengan semangat!

Dari situ saya jadi sadar kalau ternyata lagu yang didengarnya, bisa kita jadikan sebagai alat bantu belajar untuk menambah pengetahuannya saat ini, Bu.
Ingin mengenalkan lagu-lagu anak kepada si Kecil? Yuk, kita lihat sama-sama langkahnya ini:

Alat-alat yang diperlukan
• Buku nyanyian anak-anak yang bergambar
• Boneka atau mainan

Cara bermain

  1.  Pertama-tama, mari kita pilih lagu dengan lirik sederhana yang ada di buku bergambar tersebut.
  2. Kemudian, gunakan buku tadi untuk mengajarkan lagu baru yang sudah Ibu pilih. Ibu bisa menyanyikannya terlebih dahulu, sambil menunjukkan gambar di buku yang sesuai dengan lirik lagunya itu kepada si Kecil.
  3. Minta si Kecil untuk mengikuti nada lagu yang Ibu nyanyikan itu, ya. Jangan ragu juga untuk melakukannya berulang-ulang supaya si Kecil bisa lebih mudah menghafal.
  4. Bu, apakah kini si Kecil sudah mulai hafal lagu-lagunya? Kalau begitu, yuk kita tes kemampuannya! Ketika sedang bernyanyi, Ibu bisa berpura-pura lupa kata terakhir di bait lagunya. Kemudian, minta si Kecil untuk melanjutkan lagu itu dengan lirik yang benar.

Di dua tahun pertamanya ini, otak si Kecil sedang berkembang dengan pesatnya. Hal tersebut membuatnya mampu mengolah informasi dengan cepat saat bermain dan belajar bersama Ibu. Nah, nyanyian merupakan salah satu stimulasi yang efektif untuk membantu perkembangan kognitif, seperti kemampuan bahasa dan perbendaharaan si Kecil. Situs BBC mengungkapkan bahwa lewat nyanyian, si Kecil jadi bisa lebih mudah belajar untuk mengetahui susunan kata yang benar serta menambah perbendaharaan kata yang diketahuinya saat ini. Selain itu, dengan mengulang bernyanyi lagu yang sama terus menerus, si Kecil pun berkesempatan untuk mengulang lirik di dalamnya sehingga dia juga dapat menghafal kata-kata baru yang didengarnya tersebut.

Lalu, lagu apa yang cocok untuknya? Nah, berikut ini ada beberapa judul lagu yang bisa Ibu ajarkan untuknya:
1. Kalau Kau Suka Hati (untuk melatih kemampuan motoriknya).
2. Kepala Pundak Lutut Kaki (untuk mengajarkannya tentang nama-nama anggota tubuh).
3. Sayang Semuanya (untuk belajar tentang berhitung dan menghafal nama-nama anggota keluarga).
4. Serta favorit anak saya, Cit Cit Cuit (untuk mengenal jenis hewan dan suaranya).

Untuk mendukung kemampuan bahasa si Kecil, pastikan Ibu selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya juga, ya. Selain dengan membiasakannya menyikat gigi 2 kali sehari, siapkan juga menu nutrisi yang tepat untuknya, Bu. Misalnya, dengan menambahkan menu kaya vitamin C dalam makanan sehari-harinya.

Vitamin yang satu ini banyak manfaatnya untuk si Kecil, lho. Dia bisa ikut menjaga kesehatan gusinya, mengurangi risiko memar akibat terjatuh, meningkatkan daya tahan tubuh, serta mencegah infeksi. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin C adalah jambu biji, jeruk, pepaya, brokoli, dan tomat.

Lengkapi juga kebutuhan nutrisinya sehari-hari dengan susu pertumbuhan, ya. Untuk si Kecil, biasanya saya suka menyajikan susu Frisian Flag Jelajah. Hal tersebut dikarenakan di usia 1-3 tahun ini, si Kecil memang sedang senang-senangnya menggunakan imajinasi saat menjelajahi dunia sekitarnya. Kombinasi Tinggi Protein, Zat Besi, Iodium, Selenium, Seng, Vitamin A, C & E serta Inulin di dalamnya, bisa memenuhi kebutuhan si Kecil lebih optimal dalam tahap ini.

Frisian Flag Jelajah Suprima juga hadir dengan 3 varian rasa yang lezat, yaitu coklat, vanilla, dan madu yang pasti disukai si Kecil. Jadi semakin tenang deh, melepas si Kecil mencoba dan menjelajah hal-hal baru. Bagaimana, Bu? Siap bernyanyi bersama si Kecil? Selamat mencoba tips ini, ya!