Share Like
Simpan

Ibu mana yang tidak ingin melihat bayinya tertawa? Inginnya sih, si Kecil selalu senang dan ceria. Benar, Bu?  Namun setiap kali si Kecil merasa gelisah, sedih, dan lapar, ia justru menangis karena belum mampu mengelola emosinya dengan baik seperti orang dewasa. Jika ini terjadi, yuk, lakukan lima hal berikut ini untuk membuatnya tertawa kembali!

  • Bermain cilukba

Permainan ini adalah salah satu yang paling populer dimainkan ibu di seluruh dunia untuk membuat bayinya tertawa. Selain menutup wajah dengan tangan, Ibu bisa melakukan variasi seperti menutup wajah menggunakan potongan kain warna-warni yang kontras. Selain lebih seru, ini akan membantu merangsang penglihatan si Kecil dalam membedakan warna ketika usianya sudah di atas tiga bulan.

  • Ekspresi wajah dan suara lucu

Yuk, buat berbagai ekspresi wajah yang lucu di hadapan si Kecil! Ekspresi yang Ibu tunjukkan ini bisa merangsang tawa nya. Bahkan, ia juga bisa menunjukkan mimik yang lucu seperti menjulur-julurkan lidah sambil seakan-akan menjulingkan mata, menggembung-gembungkan mulut, menaik-turunkan alis, mengedip-ngedipkan mata, mengembang-kempiskan rongga hidung dan sebagainya. Ibu juga bisa mencoba untuk menciptakan suara-suara lucu dari mulut Ibu, seperti menirukan suara hewan atau karakter animasi yang lucu, misalnya Donald Bebek atau The Chipmunk.

  • Menggelitik tubuhnya

Gunakan tangan Ibu untuk menggelitik dengan lembut bagian-bagian tubuh si Kecil, seperti telapak kaki, dagu, ketiak, atau pinggulnya. Rasa geli yang ia rasakan memiliki kemungkinan untuk membuatnya tertawa girang. Namun, jika tertawanya sudah mulai berlebihan, segera berhenti untuk menggelitiknya ya, Bu. Sebagai variasi, Ibu juga bisa menempelkan mulut ke kulit tubuh si Kecil, kemudian tiup sampai menimbulkan bunyi-bunyian lucu. Rasa geli karena getaran tiupan dan suara tersebut juga cukup efektif untuk membuatnya tertawa, Bu.

  • Pura-pura menggigit

Bayi pada umumnya sangat suka ketika Ibu berpura-pura mau menggigit bagian tubuhnya. Lakukan seperti Ibu sedang makan sepotong ayam yang lezat sambil mengeluarkan suara, seperti “aaaaammm…. nyam… nyam… nyam…” dan memperlihatkan ekspresi wajah yang mendukung.

  • Melihat aksi hewan lucu

Memperlihatkan perilaku dan gerakan hewan yang menggemaskan serta suara yang dihasilkan oleh jenis-jenis fauna tertentu juga bisa membuat si Kecil tertawa. Namun, sebaiknya jaga jarak si Kecil dari hewan-hewan tersebut dan hindari kontak langsung demi alasan kesehatan ya, Bu. Sebagai alternatif, Ibu bisa mempertontonkan tayangan televisi atau video YouTube tentang aksi-aksi lucu berbagai hewan. 

Pasti menyenangkan ya Bu, kalau si Kecil bisa selalu tertawa dan senang? Setelah tahu cara-cara yang baik untuk membuatnya tertawa, Ibu bisa mencobanya dengan si Kecil di rumah. Selamat mencoba, Bu!