Share Like
Simpan

Mudik menjadi saat yang Ibu dan keluarga nantikan. Apalagi, bila tahun ini merupakan pertama kalinya si Kecil pulang ke kampung halaman. Namun, Ibu pasti khawatir apabila si Kecil harus menempuh perjalanan mudik dengan transportasi umum. Dulu saya juga merasakan hal yang sama. Saya khawatir ia kelelahan dan menangis ketika berada di keramaian dan bertemu suasana baru. Bahkan, saya sempat mengurungkan niat untuk mudik. Untungnya, saya menemukan beberapa artikel tumbuh kembang anak yang membahas soal mengatasi anak menangis saat di tempat umum. Berikut saya rangkumkan caranya untuk Ibu.

1. Tenangkan Diri Ibu Terlebih Dulu

Tangisan si Kecil bisa berarti apa saja. Bisa saja saat si Kecil menangis di tempat umum, ia lapar. Oleh karena itu, sebaiknya Ibu tidak panik dan tenangkan diri terlebih dulu. Pembawaan Ibu yang tenang bisa membuat si Kecil lebih nyaman, Bu.

2. Bawa Barang Favorit si Kecil

Suatu hari, ketika saya mengajak si Kecil ke pusat perbelanjaan, si Kecil pernah menangis kencang. Untungnya, saat itu, saya membawa mainan kesukaannya dan memberikannya kepada si Kecil. Tangisan si Kecil pun mulai mereda. Ternyata, hal bersama berlaku untuk perjalanan mudik. Menurut artikel yang saya baca tersebut, membawa hal yang familiar bagi si Kecil ketika berada di tempat baru dapat membuatnya merasa lebih nyaman. Jadi, siapkan barang favorit si Kecil untuk dibawa mudik ya, Bu.

3. Berikan si Kecil Posisi yang Nyaman

Si Kecil pasti punya posisi yang menurutnya paling nyaman. Mulai dari duduk di pangkuan Ibu atau Ayah, tengkurap, dipeluk, atau posisi lainnya. Nah, saat si Kecil mulai rewel, Ibu bisa mengubah posisi si Kecil ke posisi yang ia sukai. Saya pun melakukan ini saat si Kecil mulai rewel. Ternyata, ia langsung diam dan menunjukkan wajah nyaman.

4. Langsung Gendong

Menurut artikel yang saya baca, tangisan bayi bisa berarti dia membutuhkan perhatian. Saat itulah, saya mencoba menggendong dan memeluknya. Saya juga mencoba bersenandung lagu tidur untuknya supaya si Kecil lebih tenang. Ternyata Bu, cara itu berhasil untuk mengatasi anak menangis. Si kecil bahkan tidur di pelukan saya.

Nah, semoga tips saya bermanfaat mengatasi rewel si Kecil saat mudik menggunakan transportasi umum ya, Bu. Sebelum memulai perjalanan, pastikan si Kecil tetap sehat sehingga perjalanan mudik semakin menyenangkan. Selamat mudik, Bu!