Share Like
Simpan

Di masa tumbuh kembang si Kecil, Ibu pasti khawatir ya, apabila ia sulit makan, bahkan pilih-pilih makanan atau menjadi picky eater. Dulu, si Kecil di rumah pun sempat mengalami hal sama, Bu. Namun, sebelum memaksa si Kecil makan dengan jumlah yang saya inginkan, saya mencoba mengenali terlebih dulu penyebab anak susah makan sebelum mencoba mengatasinya. Ibu penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Memahami Penyebab Anak Susah Makan

Menurut artikel kesehatan yang saya baca, ada tiga hal yang bisa memicu anak susah makan , yakni:

  • Gangguan Indra si Kecil

Sesuai namanya, faktor satu ini berkaitan erat dengan indra si Kecil, terutama indra pengecap dan penciumannya. Beberapa jenis gangguan yang mungkin saja dialami si Kecil sehingga tidak nafsu makan ataupun pilih-pilih makanan adalah:

-Indra penciumannya terganggu, karena sedang flu atau pilek yang menyebabkan si Kecil tidak bisa mencium aroma makanan yang lezat.

-Area oral si Kecil bermasalah. Area oral . Jika hal ini terjadi, si Kecil merasa tak nyaman saat makan, bahkan menghindari jenis makanan tertentu. Apalagi, area tersebut adalah tempat makanan masuk dan diolah pertama kali oleh tubuh.

-Lidah si Kecil terlalu sensitif terhadap rasa makanan, sehingga ia menolak makanan yang terlalu asam, pedas, manis, atau asin.

  • Kesulitan Mengunyah

Apakah si Kecil terlihat kesulitan mengunyah makanan yang Ibu sajikan? Bila iya, mungkin saja otot bibir, rahang, dan lidah si Kecil dalam proses perkembangan sehingga terlalu lemah untuk mengunyah jenis makanan tertentu.

  • Pengalaman Makan Kurang Menyenangkan

Nah, penyebab satu ini umumnya muncul saat si Kecil mengalami pengalaman kurang menyenangkan dengan makanan yang ia konsumsi, Bu. Misalnya, pernah tersedak tulang saat makan ikan, kaget dengan rasa asam jeruk saat dikonsumsi, dan sebagainya. Pengalaman-pengalaman ini menjadi kesimpulan bagi si Kecil untuk menghindari jenis makanan tersebut. Jika hal ini yang menjadi alasan si Kecil sulit makan, sebaiknya Ibu mencoba berdiskusi dengan psikolog anak.

Setelah membaca penjelasan di atas, Ibu tentu sudah lebih paham ya, bahwa penyebab anak susah makan tak melulu masalah selera. Namun, bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor penyebab lain. Jadi, Ibu kini tak perlu khawatir lagi dan bisa mengatasinya sesuai penyebabnya. Semoga artikel ini membantu, Bu!