Share Like
Simpan

Kebiasaan makan makanan sehat akan memberikan nutrisi bagi anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga dapat beraktivitas dan mendukung kecerdasannya.

Sayangnya, makin banyak iklan mengenai makanan cepat saji yang lebih menarik dan menggugah selera anak-anak. Si Kecil akan lebih memilih makanan cepat saji atau kudapan ringan seperti keripik dan minuman manis yang kualitas nutrisinya jauh di bawah jenis makanan sehat, sehingga mengganggu pola makan si Kecil yang seharusnya. Tak jarang Ibu menjadi khawatir bahkan frustrasi, karena si Kecil menolak makananan sehat dan lebih memilih kudapan siap saji.

Ibu dapat mulai membiasakan si Kecil makan makanan sehat, sehingga di kemudian hari ia akan terbiasa mengonsumsi makanan sehat yang dapat mendukung pertumbuhannya dengan baik dan menjaga kesehatan hingga dewasa nanti.

Membangun kebiasaan makan sehat
Anak-anak akan belajar dengan mencontoh lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, berikanlah contoh dan ajarkan secara perlahan untuk mengenal variasi makanan sehat sejak usia dini. Makanan sehat juga membantu si Kecil memiliki berat badan ideal dan pertumbuhan yang normal. Selain itu, dengan berdisiplin mengonsumsi makanan sehat, si Kecil akan terbiasa sejak usia dini untuk memiliki pola makan yang sehat hingga dewasa.


Batasi konsumsi gula.
Biasakan untuk mengonsumsi buah-buahan ketimbang permen dan kukis atau keik dengan krim. Sebaiknya waspada dengan makanan yang mengandung gula cukup tinggi dan tersembunyi, misalnya pada roti, sup kaleng, makanan beku, saos dan makanan siap saji. Pilihlah makanan dengan kandungan gula yang terbatas.

• Membatasi konsumsi gula tidak berarti melarang si Kecil makan makanan manis sama sekali, karena dengan melarangnya membuat anak akan ‘mengidam’ dan saat ia memiliki kesempatan, anak akan mengonsumsinya berlebihan.

• Buatlah makanan rumah yang memiliki kandungan gula yang terbatas/rendah.
• Ajak anak untuk minum jus buah alami dan air putih ketimbang teh manis atau soda yang memiliki kandungan sekitar 10 sendok teh gula dalam 350 mL soda atau tiga kali batas konsumsi gula untuk anak-anak.

• Kurangi konsumsi makanan olahan seperti roti putih dan kue yang lebih banyak mengandung gula dan membuat anak-anak lebih cepat lelah karena energi yang diperoleh hanya bertahan sebentar.

• Buatlah sendiri sop buah dari berbagai buah-buahan alami, seperti alpukat, stroberi, apel, semangka, melon dan apel, yang dapat ditambahkan susu Frisian Flag 123/456 dan jeli buatan Ibu.