Share Like
Simpan

Ibu, coba deh lihat di dapur. Apakah di sana masih tersisa banyak kotak susu si Kecil yang sudah tidak terpakai? Daripada dibuang, yuk kita gunakan kotak susu tersebut untuk membuat mainan si Kecil!

Ide untuk memanfaatkan kotak susu ini sebenarnya saya dapatkan dari saudara  waktu si Kecil masih berusia 4 tahun dulu. Jadi, saat ia berkunjung ke rumah, saudara saya sempat melihat beberapa kotak susu Frisian Flag tak terpakai di dapur. Mendadak, saudara saya itu pun bilang, “Bu, kotak susunya sudah tidak dipakai? Dijadikan mainan saja buat si Kecil?”  Wah, kenapa tidak terpikirkan dari dulu, ya?

Nah, kali ini saya mau membagikan beberapa kreasi menarik yang bisa kita buat dari kotak susu bekas Bu. Mau tahu apa saja? Yuk, kita lihat dua contohnya di bawah ini!

 

Mobil-mobilan Lucu untuk Boneka si Kecil.

Perlengkapan yang dibutuhkan:

  1. Kotak susu (bisa menggunakan ukuran 200g - 1200g).
  2. Gunting.
  3. Lem atau double tape.
  4. Spidol atau pensil warna.
  5. Boneka si Kecil dengan ukuran yang sedikit lebih kecil dari kotak susunya.

Cara membuat:

  1. Lepaskan semua rekatan pada kotak susu, lalu balik dan tempelkan kembali dengan sisi dalam yang berada di luar.
  2. Di sisi atasnya, gunting dua buah lubang seukuran tubuh boneka pada bagian atas dan tengah sisi kotak tersebut.
  3. Masukkan boneka di lubang yang sudah Ibu gunting tersebut.
  4. Nah, sekarang giliran si Kecil untuk menghias mobil dan mengambar lampu serta rodanya dengan spidol atau pensil warna.
  5. Mobilnya sudah jadi, Bu! Kini, ajak si Kecil untuk mendorongnya di lantai atau meja agar mobil kotak susunya itu bisa meluncur kencang.

 

Gitar Keren untuk Konser si Kecil.

Perlengkapan yang dibutuhkan:

  1. Kotak susu (bisa menggunakan ukuran 200g - 1200g).
  2. Gunting atau cutter.
  3. Lakban atau double tape.
  4. 5-6 karet gelang.

Cara membuat:

  1. Pertama, rekatkan kembali bagian atas atau bawah kotak yang terbuka dengan lakban atau double tape.
  2. Kini, buat lubang di bagian tengah kotak dengan menggunakan gunting atau cutter.
  3. Terakhir, gunakan karet gelang yang sudah Ibu siapkan sebagai senar dengan cara mengikatkannya ke kotak susu.
  4. Hore, gitar si Kecil sudah jadi, Bu! Kini, ajak dia bermain dan bernyanyi lagu kesukaannya!

Mudah dan menarik, ya! Selain seru, kreasi seni dari kotak susu bekas ini juga bermanfaat untuk mengasah daya pikir dan kreativitas si Kecil lho, terutama di tahap 4-6 tahun di mana ia sedang asyik-asyiknya membuat karya baru setiap hari.  Misalnya, dengan memilih warna yang cocok serta gambar yang sesuai bagi mobil buatannya, maka si Kecil juga jadi ikut terlatih untuk mengambil keputusan sendiri serta berkreasi sebebas-bebasnya. Selain itu, aktivitas ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi si Kecil untuk mengenal warna, bentuk, tekstur, serta bunyi dari gitar yang dibuatnya itu.

Untuk mendukung kegiatan berkreasinya, saya sejak dulu selalu memilih Frisian Flag Karya untuk si Kecil, Bu. Ini karena susu dilengkapi dengan zat Prebiotik, Inulin, Kolin, Vitamin C dan E untuk menjaga daya tahan tubuh serta mendukung perkembangan fisik dan otaknya sehingga ia semakin siap bereksperiman dan berkarya setiap hari!

Satu lagi yang tak kalah penting, kotak Frisian Flag Karya ini nanti jangan langsung dibuang ya, Bu. Selain bisa dibuat mainan, di dalam kotaknya pun tertera kode poin yang bisa dikumpulkan dan ditukar dengan voucher belanja, pulsa, atau voucher listrik PLN di Program Penukaran Poin Ibu & Balita. Info lengkapnya bisa Ibu baca di sini.

Selamat mempraktekkan tips yang saya bagikan. Semoga si Kecil senang dengan mainan barunya ya, Bu!