Share Like
Simpan

Bu, melihat dan menemani si Kecil bermain sambil belajar rasanya menyenangkan, ya! Ibu bisa menyaksikan tingkat kecerdasannya meningkat seiring dengan perkembangan otaknya.

Dalam memilih permainan yang punya manfaat besar untuk menstimulasi perkembangan otak si Kecil, saya suka mencari-cari referensinya dari internet. Ternyata, jenisnya beragam, lho.  Dari permainan tradisional, balok susun, atau rumah-rumahan.

Nah, berhubung saya ingin mencoba membuat sendiri mainan untuk si Kecil, akhirnya pilihan saya jatuh kepada permainan mencocokkan gambar. Dulu, saya membagi permainan ini ke dalam tiga kategori usia. Penasaran, Bu?  Yuk, simak sama-sama!

Kartu Buah (Untuk Usia 10-12 bulan)

Permainan yang satu ini bisa Ibu beli di toko buku atau bisa juga Ibu buat sendiri menggunakan benda-benda yang ada di rumah. Peralatan yang perlu dipersiapkan adalah:

  1. Karton/kertas gambar polos (gunting seperti kartu nama).
  2. Gunting.
  3. Alat menggambar (pensil warna atau krayon).

Cara bermain:

  1. Pertama-tama, gambar aneka buah-buahan (masing-masing dua gambar atau lebih) pada kertas yang sudah terlebih dahulu Ibu gunting. Supaya si Kecil lebih mudah mengenali gambar yang akan dicocokkan, sebaiknya gunakan warna yang berbeda ya, Bu. Misalnya apel merah, pisang, dan melon.
  2. Setelah jadi, letakkan masing-masing gambar secara berderet. Lalu, minta si Kecil untuk mencari pasangan dari gambar tadi dan taruh berdasarkan pasangan yang sesuai.
  3. Jangan lupa memberikan pujian ya Bu, jika si Kecil berhasil memilih pasangan gambarnya dengan benar!

Mencocokkan Motif Kain (Untuk Usia 12-24 bulan)

Bu, punya kain bermotif yang sudah tidak terpakai? Jika iya, Ibu bisa membuat sebuah kreasi mainan untuk si Kecil, lho. Caranya mudah, kok. Pertama-tama, Ibu perlu mempersiapkan peralatan berikut:

  1. Kain perca bermotif (sediakan 3 hingga 5 motif jika ada).
  2. Gunting.
  3. Kertas gambar/karton polos (ukuran bisa disesuaikan)
  4. Lem.

Cara bermain:

  1. Sebagai permulaan, potong kain perca menjadi berbentuk persegi atau lingkaran dengan motif yang sama.
  2. Setelah itu temple secara berjejer pada sebuah karton. Pastikan Ibu memberi jarak yang cukup agar si Kecil tidak bingung saat mencocokkan, ya.
  3. Jika sudah, ajak si Kecil untuk bermain dengan cara mencocokkan motif kain yang sudah Ibu temple dengan yang masih Ibu pegang.
  4. Tada! Permainan mencocokkan motif sudah selesai, Bu! Mudah bukan? Nah, apabila saat bermain si Kecil terlihat seperti bingung atau kesulitan, coba bantu ia, ya. Pasalnya, bisa jadi ia bingung karena ada kemiripan baik dari segi warna maupun pola pada kain.

Kata Berwarna (Usia 24-36 bulan)

Sebetulnya permainan ini mirip cara bermainnya dengan kartu buah. Bedanya, saya membuat beberapa kata dengan warna berbeda yang kemudian nantinya dicocokkan oleh si Kecil. Hal yang perlu disiapkan juga sama Bu, yaitu:

  1. Karton/kertas gambar polos (gunting seperti kartu nama).
  2. Gunting.
  3. Alat menggambar (pensil warna atau krayon).

Cara bermain:

  1. Sebelum mulai, tulis beberapa kata pada kertas yang sudah terlebih dahulu Ibu gunting dengan warna berbeda.
  2. Setelah jadi, letakkan masing-masing tulisan tadi secara berderet. Lalu, minta si Kecil untuk mencari pasangan dari kata tersebut dan taruh berdasarkan pasangan yang sesuai.
  3. Saat bermain, Ibu bisa sekaligus mengajarkan ia cara membaca, lho. Oleh sebab itu, coba pilih kata-kata yang tidak terlalu panjang agar mudah dingat olehnya. Misalnya: ibu, dua, dan bau.
  4. Jika ia terlihat bingung saat bermain, jangan khawatir. Ibu harus tetap sabar dan terus dukung si Kecil selama proses bermain dan belajar ini, ya.

Mudah kan, Bu? Jika Ibu punya inspirasi permainan lain, silahkan berbagi di sini ya! Selamat bermain dengan si Kecil!