Share Like
Simpan

Apakah Ibu ingin si Kecil tumbuh cemerlang? Nutrisi balita adalah jawabannya! Dengan mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, otak si Kecil akan memperoleh “makanannya” sendiri sehingga dapat berkembang dengan lebih optimal. Akan tetapi, tahukah Ibu apa saja nutrisi balita yang penting untuk otak si Kecil?

Dari pada menebak-nebak apa saja nutrisi balita yang dibutuhkan si Kecil tersayang, yuk langsung saja simak jawabannya berikut ini:

  1. Isomaltulosa

    Otak membutuhkan banyak energi untuk dapat memfungsikan seluruh kinerja organ-organ dalam tubuh. Kebutuhan energi ini didapat dari makanan dan nutrisi balita yang mengandung karbohidrat. Nah, salah satu jenis karbohidrat yang bermanfaat untuk nutrisi otak ini adalah isomaltulosa. Selain dapat memenuhi kebutuhan energi untuk otak, isomaltulosa juga mampu menyediakan asupan energi yang akan bertahan lebih lama di dalam tubuh.

  2. Vitamin B12

    Vitamin B12 termasuk nutrisi balita yang larut dalam air dan sangat berperan dalam pembentukan darah serta fungsi otak. Jika tubuh kekurangan vitamin B12, maka otak tak bisa bekerja dengan baik dan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit saraf seperti alzheimer. Nah, agar otak tetap dapat bekerja dengan maksimal maka cukupkanlah nutrisi balita dengan makanan yang mengandung vitamin B12 ini, seperti daging, telur, dan ikan.

  3. AA dan DHA

    AA (Arachidonic Acid) dan DHA (Docosahexanoid Acid) merupakan nutrisi balita berupa asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus didapatkan dari luar, misalnya dari makanan. AA dan DHA ini sangat penting bagi tubuh untuk mendukung pertumbuhan saraf otak dan mata. Kebutuhan AA dan DHA ini dapat dipenuhi melalui ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, dan juga telur.

  4. Zat Besi

    Zat besi juga merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan otak. Zat besi ini sangat berpengaruh terhadap pembentukan enzim serta mengoptimalkan kerja saraf di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya tingkat kecerdasan dan konsentrasi otak. Untuk itu, Ibu harus selalu memenuhi kebutuhan zat besi pada si Kecil dengan cara memberinya sajian yang dibuat dari bayam, kacang hijau, kacang kedelai, roti gandum, kangkung, dan lain-lain.

Memenuhi nutrisi balita sesuai kebutuhan si Kecil adalah salah satu jalan untuk membuka pintu kecerdasannya. Nah, ibu yang bijak tentu akan selalu memikirkan nutrisi dalam setiap makanan yang ia berikan untuk putra-putrinya. Jadi, sudahkah nutrisi si Kecil tercukupi hari ini?