Share Like
Simpan

Ibu pasti ingin selalu memberikan nutrisi balita terbaik untuk si Kecil sejak ia masih bayi, bukan? Demi pertumbuhan si Kecil, para ahli menyarankan pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif hingga ia berusia enam bulan, Bu. Itulah informasi yang saya dapatkan saat berbincang dengan ahli gizi semasa mengasuh si Kecil.

Selain ASI, ada juga yang bilang bahwa Ibu boleh memberikan air putih kepada buah hati. Saya sendiri sempat meragukan hal ini. Oleh karena itu, saya berkonsultasi dengan dokter anak saya. Ternyata, pemberian air putih pada bayi yang masih berusia di bawah enam bulan tidak disarankan oleh dokter, lho. Apa alasannya? Simak selengkapnya, yuk, Bu!

Kenapa Bayi Disarankan untuk Tidak Mengonsumsi Air Putih?

Kesehatan balita adalah hal penting yang perlu dijaga sejak dini. Ibu mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa air putih yang sehat untuk kita justru perlu dihindari oleh bayi. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari dokter dan forum ibu hamil dan menyusui, ASI adalah nutrisi terbaik untuk bayi, apalagi pada enam bulan pertamanya. Selain itu, ASI mengandung segala kebutuhan si Kecil, mulai dari zat gizi hingga zat kekebalan tubuh yang membantu melindunginya dari serangan penyakit.

Dokter juga menjelaskan kepada saya, bahwa pemberian air putih untuk bayi di bawah usia enam bulan dapat menganggu penyerapan nutrisi dari Air Susu Ibu (ASI). Jika bayi yang diberi ASI ekslusif minum air putih, ia bisa berhenti menyusu sebelum waktunya dan hal ini bisa menyebabkan kekurangan gizi, Bu. Meminum air putih juga dapat berisiko menyebabkan si Kecil terkena infeksi dan bahkan diare, karena air tersebut bisa saja tidak steril.

Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

Sesuai informasi yang saya dapatkan dari dokter, ternyata memang tidak semua minuman cocok untuk bayi yang berusia di bawah enam bulan, termasuk air putih. Jadi, kapan air putih boleh diberikan pada si Kecil?

  • Ketika bayi sudah mencapai usia enam bulan, sebaiknya ia minum sekitar 60-120 cc air dua kali sehari, sampai ia menginjak usia satu tahun.
  • Memasuki usia 12 bulan ke atas, si Kecil sebaiknya minum minimal 120 cc per hari sesuai tingkat kehausan anak. Walaupun ia sudah mengonsumsi makanan padat, ASI tetap menjadi minuman utama.

Itulah berbagai alasan kenapa si Kecil sebaiknya tidak mengonsumsi air putih pada enam bulan pertamanya. Yuk, memberikan asupan nutrisi balita yang terbaik untuknya sejak masih bayi, yaitu ASI eksklusif. Ibu pun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak dan ahli gizi jika ada kondisi si Kecil dirasa memerlukan asupan nutrisi tambahan.

Semoga bermanfaat, Bu!