Whatsapp Share Like Simpan

Manfaat beras kencur tentu sudah tak asing lagi bagi orang Indonesia. Minuman tradisional yang terkenal ini merupakan jenis jamu yang memiliki banyak khasiat. Beras kencur tentu saja dibuat dari bahan-bahan alami, dengan dua bahan utama yaitu beras dan rimpang kencur. Selain karena rasanya yang manis dan menyegarkan, manfaat beras kencur juga sangat populer untuk menjaga kesehatan tubuh orang dewasa maupun anak-anak.

Ada banyak sekali manfaat beras kencur untuk kesehatan tubuh ketika si Kecil mengonsumsinya secara rutin. Jamu yang sudah dikonsumsi masyarakat sejak zaman dahulu kala ini membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan yang umumnya terjadi pada tubuh anak-anak. Nah, Ibu perlu menyimak beberapa manfaat beras kencur untuk kesehatan tubuh anak di bawah ini.

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Anak

Manfaat beras kencur bisa didapatkan dari berbagai campuran ramuan bahan-bahan alami.

Minuman yang satu ini identik dengan aroma herbal yang kuat. Diracik dari beberapa bahan seperti beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pandan. Semua campuran bahan tersebut tidak hanya meningkatkan cita rasanya, sekaligus juga khasiatnya. Inilah beberapa manfaat beras kencur yang perlu Ibu ketahui:

  1. Meningkatkan energi pada tubuh

    Si Kecil tentu sangat aktif dan senang bermain di usia pertumbuhannya. Karena itu, Ibu perlu memastikan si Kecil memiliki energi yang cukup untuk aktivitasnya sehari-hari. Meminum jamu dan merasakan manfaat beras kencur merupakan salah satu solusinya. Jamu ini diketahui mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan memulihkan energinya. Beras kencur bahkan dapat mengatasi tubuh yang lelah. Ibu bisa mengajak si Kecil merasakan manfaat beras kencur setiap malam sebelum tidur.

    Artikel Sejenis

    Energi pada tubuh si kecil sebenarnya bisa ditingkatkan dengan cara mengonsumsi susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ secara rutin. Karena di dalam susu ini mengandung karbohidrat 27 gram dan energi total 180 kkal.

  2. Meredakan batuk dan mengatasi pilek

    Batuk bisa menyerang anak-anak kapan saja. Hal ini cukup menyebalkan, apalagi jika batuk tak kunjung sembuh. Kondisi ini jelas sangat mengganggu aktivitas si Kecil dan Ibu. Tapi, manfaat beras kencur bisa mengatasi hal ini. Beras kencur bisa berfungsi sebagai obat pereda batuk dan flu alami yang sangat berkhasiat. Kencur dikenal sebagai obat batuk alami serta pelega tenggorokan, maka jamu ini dapat mengobati batuk. Untuk memperoleh manfaat beras kencur, anak-anak dapat mengonsumsi jamu sebanyak 3 kali sehari. Pastikan ia tetap meminumnya hingga gejala batuk benar-benar hilang.

    Manfaat beras kencur berkhasiat menangkal flu. Kandungan kencur dalam minuman ini dapat memberikan efek hangat yang melegakan, khususnya hidung yang tersumbat akibat flu. Gejala flu seperti mual dan meriang pun dapat diatasi dengan konsumsi jamu beras kencur secara teratur. Selain itu, Ibu juga perlu tahu bahwa daya tahan tubuh si kecil bisa ditingkatkan dengan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ karena mengandung zat besi, vitamin D, magnesium, dan kalsium, termasuk kandungan 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang baik untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh si Kecil lebih optimal.

  3. Meningkatkan nafsu makan anak

    Tidak selamanya anak-anak makan dengan nafsu dan lahap.

    Ada waktu-waktu tertentu ketika seorang anak menjadi tidak nafsu makan. Ia pun bisa menolak makanan yang Ibu berikan. Jika itu terjadi, Ibu dapat memberikan si Kecil segelas jamu beras kencur, hangat ataupun dingin. Salah satu manfaat beras kencur ialah membantu meningkatkan nafsu makan si Kecil. Jamu beras kencur memiliki kandungan zat curcumin di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan selera makan anak. Zat ini juga dapat menangkal radikal bebas, membantu memperbaiki metabolisme, juga menghalau peradangan. Sedikit informasi, zat curcumin sering ditemukan pada obat-obat penambah nafsu makan. 

  4. Membantu mengatasi diare

    Sebuah jurnal internasional pernah membahas manfaat jamu, khususnya manfaat beras kencur. Studi itu melaporkan bahwa minuman tradisional ini dapat mengatasi diare. Kencur berkhasiat meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya yang melimpah. Sifat anti bakteri yang dimilikinya juga dapat membantu mengatasi bakteri penyebab diare. Meminum jamu sekaligus untuk merasakan manfaat beras kencur juga dapat mengatasi penyakit perut lainnya, seperti kembung.

  5. Obat antiinfeksi alami

    Manfaat beras kencur memang banyak. Termasuk di antaranya memiliki kandungan antiinfeksi dan antiinflamasi. Keduanya membuat minuman ini berkhasiat menyembuhkan berbagai infeksi dan radang. Ketika Ibu mengetahui anak terkena penyakit akibat infeksi, Ibu bisa ringankan kondisinya dengan memberikan jamu beras kencur. Manfaat jamu ini diperoleh dari kandungan kencur di dalamnya yang merupakan antibakteri alami. 

  6. Menjaga kesehatan otak

    Manfaat beras kencur untuk kesehatan otak dengan kandungan antioksidan dalam bahan-bahannya. Dalam beberapa studi pada hewan menunjukkan kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe, kencur, dan kunyit menghalangi respons inflamasi yang terjadi di otak. Studi lain juga membuktikan jahe dapat meningkatkan fungsi otak secara langsung.

    Kandungan kurkumin dalam kunyit juga mampu membantu membersihkan plak di otak yang terbentuk dari sisa protein. Kurkumin juga mampu meningkatkan salah satu hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak si Kecil. Seperti halnya manfaat beras kencur, Ibu bisa meningkatkan kesehatan otak anak dengan memberikan si Kecil susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+

Susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ mengandung kombinasi 8 nutrisi penting untuk dukung perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, di antaranya DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3 (ALA), asam lemak omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Di antara sekian banyak manfaat beras kencur, Ibu mungkin bertanya-tanya tentang keamanan memberikan beras kencur kepada si Kecil. Nah, yang perlu Ibu ketahui, sebenarnya ketika anak sudah lepas dari masa pemberian ASI eksklusif yaitu 6 bulan, Ibu boleh saja memberikan jamu. Karena pada dasarnya jamu terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya.

Berbagai macam manfaat beras kencur tadi bisa Ibu dapatkan juga dari susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+. Susu bubuk pertumbuhan ini diperkaya dengan vitamin D3 dengan kombinasi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap, serta zat besi, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi untuk mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuh si Kecil lebih optimal.

Berikan si Kecil asupan nutrisi berkualitas dengan susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ yang mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Mengikuti penelitian J.Nutr yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information menjelaskan bahwa kekurangan 1 jenis dari 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -34%. Bahkan, kekurangan semua jenis 9 Asam Amino Esensial (9AAE) akan menghambat kinerja hormon pertumbuhan sebanyak -50%.

Selain diperkaya 9AAE yang lengkap, susu Frisian Flag PRIMAGRO 3+ juga mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan kecerdasan, seperti DHA 4x lebih tinggi, asam lemak omega 3, asam lemak omega 6, minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi, mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz