Share Like
Simpan

Tahukah Ibu bahwa mencuci tangan memakai sabun memberikan manfaat kesehatan? Ya, menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu langkah paling penting yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit dan menghindari penularan penyakit kepada orang lain. Tangan sangat mudah dihinggapi oleh berbagai kuman. Banyak penyakit yang ditularkan melalui tangan yang tidak dicuci bersih dengan memakai sabun dan air mengalir, di antaranya diare, flu, cacingan, kolera, infeksi saluran napas atas, flu burung, hepatitis A dan berbagai penyakit lainnya.

Mencuci tangan pakai sabun harus Ibu biasakan sejak dini. Yang terutama adalah pada beberapa waktu kritis, yaitu sebelum dan sesudah makan, sehabis buang air (kecil maupun besar), sebelum menyusui, sebelum menyiapkan makan, sebelum dan setelah membersihkan bayi, dan setelah kontak dengan hewan. Penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi angka kejadian berbagai penyakit pada anak-anak.

Bagaimana cara mencuci tangan yang baik?
1. Basahi tangan dengan air mengalir, lalu sabuni.
2. Gosok seluruh bagian tangan : sela jari, bawah kuku, punggung tangan, pergelangan tangan.
3. Gosok seluruh bagian tangan selama 15-20 detik dengan seksama dan tidak terburu-buru. Ibu tidak perlu repot-repot memasang stop watch, temani si Kecil menggosok tangannya sambil menyanyikan lagu, misalkan lagu ‘Cicak di Dinding’.
4. Setelah selesai disabuni, basuh kembali tangan dengan air mengalir.
5. Keringkan tangan menggunakan handuk/lap bersih / tisu.

Mencuci tangan pakai sabun mudah dilakukan, tidak mahal, dan efektif mencegah penularan kuman penyakit, sehingga dapat sangat membantu memelihara kesehatan si Kecil. Si Kecil pasti akan senang melakukan kegiatan ini. Ajari si Kecil untuk hidup sehat sejak dini dengan membiasakan diri mencuci tangan pakai sabun setiap sebelum dan setelah makan, sehabis buang air (kecil maupun besar), setelah bersein/batuk/membuang ingus, sepulang dari bepergian dan setelah bermain/memberi makan/memegang hewan peliharaanya. Happy handwashing!