Share Like
Simpan

Halo Ibu! Senang sekali ya, saat bisa melihat kecerdasan si Kecil yang semakin bertambah seiring dengan usianya. Umumnya, di usia ke-8 bulan ini, si Kecil sudah bisa duduk

Perkembangannya bukan hanya itu saja, Bu. Kalau si Kecil dulu, dia suka sekali mengamati dan memerhatikan benda-benda yang ada di sekelilingnya, bahkan di waktu makan sekalipun. Sebagai contoh, saat makan bersama, tak jarang Ia mencoba untuk mengambil sendok dan garpu, kemudiah menabuhnya bagaikan seorang drummer. Lucu sekali, ya!

Nah, untuk menunjang perkembangannya tersebut, pastikan kita selalu memberikan menu yang kaya akan nutrisi untuknya. Kalau saya, sejak dulu suka sekali menambahkan labu parang ke dalam menu sehari-harinya. Selain teksturnya yang lembut, buah yang satu ini juga kaya akan kandungan

Agar rasanya semakin lezat, Ibu bisa menambahkan rempah-rempah dalam menu makanan si Kecil, lho. Apalagi di usianya saat ini, si Kecil sudah bisa dikenalkan pada aneka jenis bumbu alami. Namun, perkenalkan secara bertahap dan sebaiknya hindari pemberian garam di usianya sekarang. Ini supaya si Kecil dapat mengenali satu per satu rasa dari tiap makanan, Bu.

Selain itu, perhatikan juga kombinasi bumbu dan bahan dasar yang cocok untuknya. Sebagai contoh, kayu manis semakin terasa ketika digabung dengan apel dan pisang. Sedangkan, bawang putih lebih pas jika dikombinasikan dengan wortel dan sayuran hijau. Lalu, bagaimana dengan labu? Yuk, temukan jawabannya pada resep berikut ini:

 

Bubur Labu Berbumbu (untuk usia di atas 8 bulan)

Rasanya yang tak terlalu tajam membuat labu parang cocok untuk dipadukan dengan banyak rempah. Resep ini adalah salah satu contohnya.

Bahan-bahan:

  • 50 gr labu kuning (labu parang), potong dadu, lalu kukus.
  • 50 ml air matang hangat.
  • 50 ml ASI.
  • Sejumput kayu manis dan jahe parut.

 

Cara membuat:

  1. Potong kecil-kecil labu yang sudah dikukus, beri air matang hangat 50 ml dan blender hingga lembut.
  2. Sisihkan. Letakkan dalam mangkok.
  3. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk merata.
  4. Taburi kayu manis dan jahe parut.
  5. Bubur siap diberikan pada si Kecil.

 

Bubur Labu Berserabut (untuk usia di atas 8 bulan)

Memadukan labu dengan keju? Mengapa tidak? Rasa manis labu dicampur dengan gurihnya keju, bisa menambah selera makan si Kecil, Bu. Coba berikan resep berikut ini untuk membuktikannya.

Bahan-bahan:

  • 50 gr labu kuning (labu parang), potong dadu, lalu kukus.
  • 1 genggam daun bayam rebus.
  • 50 ml air matang hangat.
  • 50 ml ASI.
  • Parutan keju secukupnya untuk taburan.

Cara membuat:

  1. Potong kecil-kecil labu rebus, tambahkan bayam rebus, tuang 50 ml air matang hangat dan blender hingga lembut.
  2. Letakkan dalam mangkok.
  3. Campurkan ASI ke dalam bubur yang sudah di mangkok. Aduk merata.
  4. Taburi parutan keju hingga menyerupai serabut di atas bubur.
  5. Bubur siap diberikan pada si Kecil.

Untuk resep kedua ini, Ibu harus memastikan bahwa menu ini langsung disantap dan dihabiskan oleh si Kecil. Ini karena bayam adalah salah satu jenis sayuran yang tidak boleh dipanaskan. Selain itu, akan lebih baik lagi juga jika Ibu menyiapkan menu ini 15 menit sebelum waktu makan si Kecil.

Semoga tips saya ini bisa membantu ya, Bu. Selamat mencoba resep yang saya bagikan ini!