Operasi caesar umumnya memiliki proses pemulihan yang cenderung lebih lama dari persalinan normal. Agar prosesnya lancar, Ibu perlu tahu apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi. Termasuk buah. Namun sebelum itu, pastikan Ibu minum susu Frisian Flag PRIMAMUM untuk dukung Akal Cermat dan Imunitas si Kecil yang dilengkapi dengan DHA dan 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu dengan rasa cokelat yang lezat dan pasti disukai Ib

Banner Register
Banner AKP
Banner Register
Banner Pop Up

Setelah melahirkan, ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan pasca operasi caesar karena bisa memperlambat penyembuhan. Agar Ibu semakin paham, yuk simak ragam buah yang dilarang dan dianjurkan hingga informasi seputar nutrisi yang Ibu butuhkan agar cepat pulih. 

Adakah Buah yang Dilarang Pasca Operasi Caesar? 

Setelah operasi caesar memang banyak hal yang perlu diperhatikan, Bu. Termasuk makanan yang Ibu konsumsi. Buah-buahan segar merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang sangat baik yang mendukung penyembuhan setelah operasi.

Meski begitu, Ibu juga disarankan untuk mengontrol asupannya karena terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan tertentu dapat menyebabkan diare dan menimbulkan ketidaknyamanan selama masa pemulihan.

  1. Nangka 
  2. Meskipun kaya serat, nangka bisa menghasilkan gas dalam jumlah besar yang menyebabkan kembung dan ketidaknyamanan pada perut, terutama saat pemulihan luka operasi.

    Artikel Sejenis

  3. Jeruk
  4. Meskipun kaya vitamin C, jeruk dan buah asam lainnya (seperti lemon, nanas, dan kiwi) bisa mengiritasi jahitan pasca operasi, terutama jika luka belum sembuh sepenuhnya.

  5. Buah Kering
  6. Hindari buah kering yang biasanya memiliki kandungan gula tambahan cukup tinggi. Konsumsi gula berlebihan bisa menghambat penyembuhan luka dan berdampak negatif pada metabolisme.

  7. Durian
  8. Tekstur durian yang berserat dan berat dicerna bisa memicu sembelit dan ketidaknyamanan pencernaan, terutama setelah operasi.

  9. Sawo
  10. Buah sawo juga memiliki tekstur yang agak keras dan sulit dicerna, yang sebaiknya dihindari untuk sementara waktu.

Selain itu, buah apel, ceri, persik dan buah pir juga termasuk ke dalam buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi selama masa penyembuhan. Meski ada beberapa buah yang dilarang pasca operasi caesar, sebenarnya banyak pula buah yang boleh Ibu konsumsi. 

Buah yang Baik Pasca Operasi Caesar 

Buah mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu tubuh untuk pulih setelah melakukan operasi caesar. Berikut adalah beberapa jenis buah yang baik pasca operasi caesar untuk Ibu konsumsi. 

  1. Pisang 
  2. Ibu sedang mencari buah yang baik pasca operasi caesar dan mudah untuk Ibu konsumsi? Pisang bisa jadi pilihan tepat. Buah ini memiliki tekstur yang lembut dan baik untuk sistem pencernaan. Di luar itu, pisang juga membuat penyembuhan luka pada kulit lebih cepat berkat kandungan antioksidan. 

  3. Anggur 
  4. Mengonsumsi buah yang baik pasca operasi caesar bisa Ibu lakukan dengan cara ngemil. Salah satu buah yang cocok untuk menemani waktu ngemil Ibu adalah anggur. 

    Buah satu ini juga punya manfaat besar dalam memperbaiki jaringan kulit akibat prosedur operasi caesar yang biasanya meninggalkan bekas luka. Revitalisasi jaringan kulit ini bisa Ibu rasakan berkat kandungan antioksidan pada anggur. 

  5. Pepaya 
  6. Buah yang baik pasca operasi caesar yang bisa Ibu konsumsi dan baik untuk sistem pencernaan lainnya adalah pepaya. Selain bermanfaat dalam pemulihan luka, pepaya juga memiliki enzim papain dan antioksidan beta karoten yang baik bagi tubuh. 

    Enzim papain berfungsi untuk memecah protein yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh. Sedangkan beta karoten berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan berbagai organ tubuh seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

  7. Tomat 
  8. Agar kebutuhan vitamin C tercukupi, Ibu bisa mengonsumsi tomat sebagai pilihan buah yang baik pasca operasi caesar. Tomat jadi buah yang cukup memiliki manfaat tinggi dalam masa pemulihan operasi caesar. Konsumsi buah ini secara teratur pasca operasi caesar dapat mengurangi risiko infeksi akibat luka pasca operasi. 

Nutrisi yang Dibutuhkan Setelah Operasi Caesar 

Dalam masa pemulihan, tentu tubuh Ibu membutuhkan nutrisi yang lengkap. Buah-buah di atas merupakan salah satu sumber makanan yang dapat memberikan nutrisi berikut yang perlu Ibu penuhi. Ragam nutrisi ini penting untuk Ibu pastikan hadir dalam menu menu sehari-hari agar proses pemulihan pasca operasi caesar dapat berjalan dengan cepat. 

  1. Kalsium 
  2. Salah satu nutrisi yang perlu Ibu penuhi dalam pemulihan pasca operasi caesar adalah kalsium. Umumnya, nutrisi satu ini berguna untuk memperkuat tulang. Namun di luar itu, kalsium juga memberikan manfaat pada peningkatan pembentukan sel. 

    Hal ini tentu menjadi elemen penting pada proses pemulihan pasca operasi caesar. Ibu bisa membantu mempercepat pemulihan dengan mengonsumsi buah yang baik pasca operasi caesar. 

    Tidak hanya itu, kalsium juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan. Kalsium dapat memelihara kerja jantung dan juga otot serta saraf untuk berfungsi secara optimal. 

    Selain bisa Ibu dapatkan dari buah yang baik pasca operasi caesar, kalsium juga bisa hadir melalui bahan makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu Frisian Flag Primamum. Di dalam 1 gelas Frisian Flag Primamum mengandung 300 mg kalsium atau setara dengan 20% kebutuhan kalsium harian Ibu hamil. 

  3. Protein 
  4. Dalam masa pemulihan operasi caesar, Ibu cenderung akan mudah merasa lelah. Agar kondisi tersebut tidak berkelanjutan, maka perlu memastikan tubuh mendapatkan asupan protein yang cukup dan pastikan protein yang Ibu konsumsi mengandung 9AAE (9 Asam Amino Esensial - Protein penting yang siap diserap oleh tubuh untuk pembentukan serta pemeliharaan sel-sel tubuh). 

    Sebagai nutrisi penting, protein berperan sebagai sumber energi dan perbaikan sel yang Ibu butuhkan di masa pemulihan. 

    Untuk sumber makanannya sendiri, Ibu tidak bisa mengandalkan buah yang baik pasca operasi caesar sebagai sumber protein. Pasalnya, protein hanya bisa Ibu dapatkan dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum yang mengandung 9 gr protein per sajian dan makanan yang berasal dari daging sapi, telur, dan ikan 

  5. Serat 
  6. Tindakan operasi caesar dilakukan pada area perut. Untuk itu, organ di bagian perut membutuhkan nutrisi dalam proses pemulihannya. Salah satunya adalah sistem pencernaan di dalam tubuh Ibu. Agar memastikan proses pemulihan berjalan optimal, serat jadi nutrisi penting yang tidak boleh Ibu lupakan. 

    Pasca operasi caesar, Ibu akan lebih mudah terkena sembelit. Untuk itu, kehadiran serat dapat membantu sistem pencernaan berjalan lebih baik demi mengurangi risiko sembelit. Serat juga berperan dalam menjaga berat badan dalam kondisi optimal. 

    Nutrisi satu ini bisa Ibu dapatkan dari berbagai macam jenis buah yang baik pasca operasi caesar. Selain itu, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacang bisa jadi sumber makanan pelengkap untuk mendapatkan serat. Ibu juga bisa mendapatkan serat dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum yang mengandung 1 gr serat inulin satu gelasnya.

  7. Vitamin C 
  8. Vitamin C jadi salah satu nutrisi yang dapat membantu proses pemulihan operasi caesar dapat berjalan dengan cepat. Manfaat yang bisa Ibu dapatkan dari konsumsi vitamin C adalah perbaikan jaringan di dalam tubuh serta meningkatnya produksi kolagen. Manfaat tersebut juga berperan untuk mempercepat dinding perut dan rahim yang mengalami penyesuaian selepas operasi caesar. 

    Untuk mendapatkan vitamin C, banyak pilihan buah yang baik pasca operasi caesar untuk Ibu konsumsi. Pilihan buah tersebut juga mudah untuk Ibu temukan di mana saja. 

    Dengan mengonsumsi buah yang baik pasca operasi caesar yang memiliki vitamin C tinggi, sistem kekebalan tubuh juga ikut meningkat. Sehingga Ibu tidak gampang merasa letih. Ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum. Di dalam satu gelas susu ini mengandung 25,5 mg vitamin C.

  9. Zat Besi 
  10. Operasi besar, seperti operasi caesar kerap kali mengakibatkan anemia. Untuk membuat tubuh kembali berada dalam kondisi prima, Ibu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi. Anemia terjadi karena adanya defisiensi zat besi pada proses persalinan akibat kekurangan darah. 

    Oleh karena itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi tinggi dapat membantu Ibu pulih lebih cepat. Selain itu, zat besi juga memastikan agar tubuh dapat meningkatkan kadar hemoglobin secara maksimal. 

    Ibu bisa memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengonsumsi susu Frisian Flag Primamum yang mengandung 200 mg zat besi di dalam 1 gelasnya.

Tips Setelah Operasi Caesar 

Selain mengonsumsi buah yang baik pasca operasi caesar, ada beberapa tips lainnya yang perlu Ibu lakukan setelah operasi caesar. Tips ini akan membantu proses pemulihan jadi lebih optimal. Sehingga, Ibu bisa segera beraktivitas dalam kondisi prima lebih cepat. 

  • Melakukan aktivitas fisik ringan 
  • Rutin merawat luka 
  • Istirahat yang cukup 
  • Penuhi nutrisi untuk Ibu dan bayi 

Agar produksi ASI Ibu tetap lancar dan berkualitas selama proses pemulihan, pastikan Ibu mendapatkan tambahan asupan nutrisi dengan konsumsi susu Frisian Flag PRIMAMUM. 

Susu Frisian Flag PRIMAMUM memiliki kandungan DHA, 9AAE dan 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA)/DHA, Omega 6 (LA), tinggi zat besi, sumber serat pangan inulin, tinggi vitamin C, sumber protein, tinggi kalsium dan tinggi seng yang dibutuhkan oleh ibu selama masa menyusui. Bahkan kandungan DHA dalam Frisian Flag PRIMAMUM tertinggi dibandingkan dengan susu sejenisnya. DHA ditambahkan untuk mendukung pertumbuhan otak si Kecil di periode 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Susu Frisian Flag Primamum tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat enek atau mual. 

Namun jika Ibu atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Jangan lupa juga untuk terus memantau tumbuh kembang si Kecil dengan menggunakan Rapor Tumbuh Kembang Prima yang ada pada Akademi Keluarga Prima. Fitur ini dikembangkan berdasarkan Growth Chart WHO dan Psikolog Ligina Ayudia., M.Psi.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Data Ibu

Hanya boleh berupa huruf

Format nomor handphone 08xxxxxxxxxx

  • Password harus memiliki minimal 8 karakter
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf besar
  • Password harus memiliki setidaknya 1 huruf kecil
  • Password harus memiliki setidaknya 1 angka
  • Password harus memiliki setidaknya 1 karakter khusus (misalnya ., *, !, ? atau semacamnya)

Data Anak

Silakan isi data anak atau anak yang termuda.