Share Like
Simpan

Bu, saya ingin bertanya, deh. Di masa kehamilan, selain menunggu momen kelahiran si Kecil, adakah hal lain yang paling bisa membuat Ibu deg-degan saat ini?

Nah, kalau saya dulu, salah satu hal yang paling membuat saya deg-degan adalah ketika harus memastikan nama si Kecil bersama suami, Bu.  Ya, apalagi itu kan, akan dibawanya terus hingga ia besar nanti. Salah memberikan nama tentu akan ikut mempengaruhi momen tumbuh kembangnya nanti ya, Bu.

Dulu, waktu mengandung si Kecil, banyak sekali saran dan tanggapan dari saudara dan kerabat saat tahu kalau saya sedang mencari nama. "Coba ambil dari nama artis atau penyanyi favorit kamu" atau"Namanya disamakan saja sama nama kakek atau neneknya" serta "Pakai nama ini, deh. Kata orang hokinya bagus" dan sebagainya. Wah, pokoknya sempat tambah bingung, deh!

Untungnya, saya dan suami rajin mengumpulkan berbagai macam tips untuk memilih nama si Kecil, Bu. Dengan begitu, saya pun jadi bisa mempersiapkan nama anak dengan sebaik-baiknya. Nah, untuk Ibu yang sedang dalam proses mencari nama untuk si Kecil, berikut ini akan saya bagikan beberapa tipsnya. Silahkan dibaca!

Memiliki Makna yang Personal.

Memang, ada banyak nama-nama puitis yang bisa kita pilih untuk si Kecil. Namun, jangan sampai dilupakan ya, Bu. Selain melihat dari segi estetika, nama si Kecil sendiri tentu akan jadi semakin baik jika memiliki makna atau arti yang personal bagi Ayah dan Ibu. Jangan sampai, namanya terdengar baik, tapi ternyata arti di baliknya sebenarnya berkonotasi negatif, Bu.

Mudah Dieja dan Diucapkan.

Namanya mungkin sudah bagus dan memiliki arti yang baik. Namun, apakah nama si Kecil itu gampang dieja dan diucapkan? Poin yang satu ini cukup penting juga untuk dipertimbangkan, Bu. Jangan sampai, akibat sulit dieja, nama si Kecil jadi sering salah diketik saat membuat surat dan dokumen penting, seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan sebagainya.

Tidak Bisa Dijadikan Bahan Olokan.

Nah, poin yang satu ini harus diperhatikan juga ya, Bu. Sayang sekali kan, kalau makna dan namanya sudah bagus, tapi ternyata bisa diplesetkan menjadi kata yang lucu dan menjadi bahan tertawaan teman-temannya saat di sekolah.

Inspirasinya Bisa Dari Mana Saja.

Banyak dari kita yang terpaku dengan buku atau situs kumpulan nama saat mencari inspirasi. Padahal, inspirasi nama itu  bisa Ibu temukan di mana saja, lho. Bahkan, di credit title film bioskop pun, kita bisa menemukan nama-nama yang unik dan menarik untuk si Kecil, lho.

Jelas Untuk Laki-laki atau Perempuan

Sebaiknya, Ibu juga memilihkan nama yang sesuai dengan jenis kelamin si Kecil. Salah satu alasannya adalah untuk menghindari ejekan dan bullying dari teman-temannya ketika ia sudah besar nanti.

Percaya Pada Diri Sendiri

Nah, ini yang paling penting, Bu. Dalam memutuskan nama untuk si Kecil, tentu akan ada banyak opini yang masuk dari rekan dan orang terdekat Ibu, baik itu positif maupun negatif. Oleh karena itu, tetaplah yakin pada diri Ibu sendiri dan percayalah kalau nama yang dipilih merupakan nama yang terbaik bagi dirinya.

Nah, semoga tips di atas bisa membantu Ibu dalam memilih nama si Kecil saat ini. Jika Ibu memiliki tips lainnya yang tak kalah menarik, silahkan langsung dibagikan di sini, ya. Terima kasih sudah membaca, Bu!