Whatsapp Share Like
Simpan

Pada waktu siang hari, Ibu datang untuk menghampiri si Kecil yang sedang asyik bermain di kamarnya. Baru saja pintu kamar tersebut dibuka, tiba-tiba Ibu langsung dikejutkan dengan tingkah lakunya. Tak disangka, berbagai sisi di tembok sudah digambari dengan berbagai macam coretan yang berwarna-warni yang beraneka ragam.

Apakah Ibu pernah mengalami hal semacam ini? Jangan terburu-buru melarang mencorat-coret tembok dulu, Bu. Mari salurkan ketertarikannya pada bidang seni ini dalam aktivitas sehari-hari nanti. Dengan bimbingan yang tepat di masa pertumbuhan anak usia 4-5 tahun ini, kegemarannya mencorat-coret ini ternyata juga bisa ikut melatih perkembangan kemampuan si Kecil, lho.

Ayo Bu, ajak si Kecil bermain-main dengan warna hari ini. Caranya mudah, kok. Ibu hanya perlu menyiapkan alat-alat berikut ini:

  • cat poster/cat air (Ibu juga bisa memilih cat khusus yang aman baginya)
  • kertas gambar
  • segelas air
  • kuas
  • palette (atau gunakan tempat es batu yang sudah tak terpakai)

Yuk, mari bermain eksperimen warna bersamanya. Mulailah dengan mencampurkan cat berwarna primer (merah, kuning dan biru) ke dalam wadahnya satu per satu.  Setelah itu, bimbing si Kecil untuk memakai kuasnya dan melukis masing-masing warna tersebut pada kertas gambar. 

Setelah kertasnya dipenuhi dengan berbagai macam warna primer, kini ajak si Kecil mencampurkan ketiganya menjadi warna yang baru. Coba kombinasikan merah dan kuning untuk menghasilkan warna jingga, atau kuning dan biru supaya menjadi hijau, serta biru dan merah untuk membuat warna ungu. Ibu juga bisa mencampurkan cat hitam dan putih kepada masing-masing warna untuk menambah variasi warnanya.

Hore! Sekarang, si Kecil punya warna-warna baru untuk menghias karyanya. Kini, biarkan ia berkreasi menggunakan cat tersebut.  Satu hal yang bisa diingat, walaupun Ibu dapat membimbingnya, tapi jangan paksa si Kecil  untuk menggambar atau melukis sesuatu. Biarkan saja ia menuangkan ekspresi dan daya imajinasi dengan sebebas-bebasnya di kertas gambar tersebut. Siap-siap, Bu. Bisa jadi, hasilnya akan membuat Ibu terkejut.

Melukis dan berkreasi dengan warna merupakan salah satu aktivitas yang sangat digemari di masa pertumbuhan anak saat ini. Kegiatan seperti mencampurkan warna satu per satu untuk menghasilkan warna baru akan membuatnya bersemangat serta tertarik untuk mencoba dan mencoba lagi terus menerus.  Tak hanya menyenangkan, kegiatan seperti ini juga memiliki keuntungan lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa si Kecil dapatkan dari kegiatan melukisnya ini:

  • Melatih Koordinasi Motorik Halusnya 

Tingkah lakunya yang penuh semangat saat mencelupkan dan menggerakkan kuas ketika melukis merupakan salah satu bentuk latihan yang baik untuk mengasah kemampuan motorik halusnya saat ini.  Kegiatan  melukisnya ini pun dapat menjadi awal dari kemampuan menulisnya ketika ia sudah semakin besar nanti. 

  • Wadah untuk Mengekpresikan Dirinya

Seperti yang diungkapkan oleh Kimberly Sheridan, Ed.D., penulis buku Studio Thinking: The Real Benefits of Visual Arts Education, melukis tak hanya menjadi sarana belajar yang baik tapi juga wadah untuk mengekspresikan perasaan si Kecil ke dalam aktivitas yang lebih positif. 

  • Stimulasi bagi Otaknya

Di masa pertumbuhan anak usia 4-5 tahun, otak si Kecil sedang sibuk berkembang dan membuat koneksi antar neuron (sel otak). Kegiatan melukis yang membebaskannya untuk berekspresi dan menuangkan ide seluas-luasnya dapat membantu stimulasi pada otak serta mendukung perkembangan kognitifnya saat ini.

Agar ia dapat terus beraktivitas dengan lincah dan penuh semangat, jangan lupa juga untuk terus memberikan asupan nutrisi lengkap dan seimbang, yang salah satunya bisa Ibu dapatkan dari susu pertumbuhan si Kecil. Susu yang diformulasikan dengan nutrisi esensial, termasuk kalsium dan fosfor, dapat ikut menguatkan tubuhnya serta mendukung proses tumbuh kembangnya hingga besar nanti. Agar si Kecil tidak bosan dengan susunya, coba kombinasikan susu Frisian Flag Karya dengan buah-buahan segar seperti pisang, stroberi, pepaya, atau mangga ke dalam blender. Milkshake lezat dan bergizi ini tentu dapat menjadi menu selingan yang menarik di antara aktivitas seninya tersebut. 

Bagaimana? Sudah siap berkreasi dengannya, Bu? Selamat bermain warna bersama si Kecil!