Whatsapp Share Like
Simpan

Senangnya! Perkembangan balita yang sangat cepat membuat si Kecil mencoba banyak hal baru. Dengan rasa ingin tahu yang kuat, kini ia akan mencoba bereksplorasi dengan benda-benda di sekitarnya, termasuk dengan alat gambarnya saat ini.

Memasuki usia 4 tahun, si Kecil biasa sedang senang-senangnya mengeksplorasi warna . Inilah salah satu sebabnya mengapa ia gemar mencoret-coret koran atau buku milik Ibu dan Ayah dengan berbagai macam warna. Walaupun begitu, jangan terburu-buru melarangnya dulu, ya. Justru, ini saat yang tepat bagi Ibu untuk memberikan pengetahuan kepadanya mengenai jenis-jenis warna. Oleh sebab itu, mari mengajaknya bermain dengan menggunakan alat-alat menggambar serta warna-warni cat poster.

Alat-alat:

  • berbagai macam warna cat poster
  • kuas
  • pallete atau wadah untuk cat (Ibu juga bisa menggunakan bekas tempat es batu atau mangkuk plastik yang tak terpakai)
  • 1 gelas air


Cara bermain:

Mulai dengan mengajak si Kecil mencampur 2 buah warna, misalnya merah dengan kuning. Biarkan ia menemukan sensasi dan kesenangan dari perubahan warna yang terjadi. Setelah itu, ulangi langkah tersebut dengan warna-warna yang lain. Ajak juga si Kecil untuk mencampur warna primer dengan warna sekunder dan dampingi ia berkreasi dengan warna sebanyak-banyaknya.

Agar aktivitas di atas menjadi semakin menarik, Ibu juga bisa menyediakan kertas karton putih berukuran cukup besar. Lalu, minta si Kecil mencelupkan tangannya pada cat dan membuat cetakannya pada karton.

Bagaimana, Bu? Lukisan si Kecil  bagus sekali, ya? Aktivitas yang memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk menemukan sesuatu yang baru merupakan suatu hal yang menarik bagi si Kecil. Inilah mengapa ia akan merasa bersemangat ketika mencampurkan warna. Tak hanya menyenangkan, aktivitas seperti ini juga baik untuk mendukung perkembangan balita serta ikut berperan dalam menumbuhkan ketertarikannya pada bidang seni.

Keberhasilannya dalam mencampurkan warna juga akan membangun kepercayaan dirinya sejak usia dini. Hal ini bermanfaat bagi perkembangan balita. Rasa kepercayaan diri yang tinggi akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang mandiri dan berani untuk mencoba berbagai macam aktivitas yang menarik baginya.

Untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya, pujian dapat menjadi salah satu cara yang efektif di masa tumbuh kembang ini. Sebagai catatan, dalam memujinya, sebaiknya Ibu menggunakan kalimat deskriptif seperti, “Ibu suka saat kamu bisa mencampurkan warna sendiri tanpa bantuan Ibu” ketimbang memakai pujian seperti, “Kamu anak pintar!” Ini agar ia lebih termotivasi untuk kembali berusaha sesuai standar yang Ibu terapkan. Selain itu, sebaiknya hindari memberikan pujian yang berlebihan baginya, misalnya dengan mengatakan “Wah, Ibu belum pernah lihat ada orang lain yang bisa melukis sebagus kamu!”  

Agar ia dapat beraktivitas dan selalu bermain dengan aktif, teruslah memberikan asupan gizi yang tepat untuk mendukung pertumbuhannya. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan si Kecil saat ini adalah kalsium. Nutrisi ini dapat ikut membantu pertumbuhan anggota-anggota tubuhnya, misalnya tulang dan gigi

Kalsium juga bisa Ibu temukan pada susu pertumbuhannya. Frisian Flag Karya yang diformulasikan untuk anak usia 4-6 tahun yang sedang gemar mengekspresikan imajinasi dan kreativitasnya. Kandungannya yang memiliki kombinasi tinggi dari vitamin D, selenium, seng, kalsium, fosfor, vitamin A, C, dan E, serta Inulin ikut mendukung proses perkembangannya agar si Kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Selamat membimbing si Kecil dalam berkreasi ya, Bu!