Share Like
Simpan

Momen kelahiran si Kecil adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap calon Ibu di dunia. Bagaimana tidak, Bu? Ia adalah darah daging kita sendiri yang sudah kita rawat selama 9 bulan di dalam kandungan. Menyaksikannya tumbuh dan berkembang merupakan kepuasan tersendiri yang tidak ternilai harganya.

Mengenang kembali masa-masa ketika ia baru lahir terkadang memang mengharukan, ya. Pasalnya, hal tersebut diwarnai oleh “bumbu-bumbu “ dengan rasa yang beragam. Mulai dari rasa cemas, haru, sampai rasa bahagia yang begitu dahsyat.

Bicara soal kelahiran si Kecil, saya jadi mau berbagi cerita, nih. Belum lama ini, adik saya melahirkan bayi tanpa lubang pusar, Bu. Lho, kok bisa? Ya, bisa dibilang awalnya ia sempat bingung kenapa hal itu bisa terjadi. Namun, dokter memberi penjelasan padanya bahwa kelainan tersebut adalah bawaan lahir.

Saya pun juga akhirnya memberinya pengertian, bahwa kita harus bersyukur atas  anugerah Tuhan yang tidak ternilai tersebut, walaupun ada sedikit kekurangan. Lagipula, banyak kok orang-orang tumbuh dewasa secara sehat tanpa lubang pusar, sebut saja model asal terkenal asal Republik Ceko, Karolina Kurkova yang sukses memamerkan keindahan tubuhnya dari panggung ke panggung di berbagai belahan dunia.

Bagaimana ini bisa terjadi?

Secara medis, kelainan terkait tali pusar yang terjadi pada bayi baru lahir dibagi menjadi dua, yaitu gastroschisis dan omphalocele. Operasi penanganan dua kelainan pada dinding perut inilah yang menyebabkan si Kecil tampak seperti tidak memiliki lubang pusar, Bu.

Gastrochisis

Menurut Faisal Qureshi, seorang ahli bedah pediatrik di Children's National Medical Center, Washington, D.C., "Kebanyakan orang tua dari bayi dengan gastroschisis mengaku tidak melihat lubang pusar pada bayi mereka, padahal sebenarnya ada pada tempat yang seharusnya." Kelainan ini terjadi di mana usus bayi berada di luar tubuhnya, akibat dinding perut yang seharusnya menjadi pembungkus serta pelindung usus tidak terbentuk dan tertutup sempurna. Penanganannya adalah dengan operasi.yang menyebabkan lubang pusar tidak telihat. Hal inilah yang terjadi pada keponakan saya, Bu.

Omphalocele

Di sisi lain, bayi yang memiliki kelainan omphalocele, benar-benar lahir tanpa pusar. Sehingga, usus atau organ perut lainnya keluar melalui lubang bagian tengah perutnya dengan hanya ditutupi lapisan tipis yang terlihat dari luar.

Berdasarkan survei U.S. National Institutes of health, 25% sampai 40% bayi dengan omphalocele memiliki masalah genetik lainnya, yaitu kelainan kromosom atau cacat jantung. Seperti halnya Gastrochisis, kelainan pada bayi yang baru lahir ini dapat diatasi dengan  operasi. 

Seberapa bahayakah?

Tidak perlu khawatir, Bu. Jika si Kecil memiliki kelainan gastrochisis atau omphalocele sejak lahir, biasanya hal tersebut bisa ditangani dengan tindakan operasi. Ditambah lagi peralatan medis zaman sekarang sudah semakin canggih.

Nah, sebagai usaha untuk mencegah si Kecil mengalami gangguan fisik seperti itu, ada baiknya Ibu untuk selalu mencukupi asupan nutrisi seimbang yang dibutuhkan saat hamil ya, Bu. Kalau saya dulu, selain makan makanan bergizi, selalu mempercayakan Frisian Flag Mama, karena susu khusus Ibu hamil ini mengandung Serat Inulin, Asam Folat, Kolin, Kalsium, Zat Besi, serta 28 Vitamin dan Mineral lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan Ibu dan janin, sehingga mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Itulah informasi yang bisa saya bagikan hari ini. Semoga persalinan nanti bisa berjalan lancar dan si Kecil terlahir sehat ya, Bu!