Share Like
Simpan

Ibu tentu sudah sangat paham kalau bermain itu merupakan sarana si Kecil untuk mempelajari hal-hal baru dan mengoptimalkan perkembangannya. Salah satu permainan yang bisa Ibu lakukan bersama si Kecil untuk dapat melatih dan memperkuat kemampuan memecahkan masalah melalui bermain atau menyusun balok.

Selain mengasah kemampuan memecahkan masalah, menyusun balok juga membantu si Kecil mengembangkan ketrampilan motorik halus, koordinasi tangan-mata, dan kecerdasan ruang (spasial). Tapi tidak hanya itu lho bu, menyusun balok juga memupuk kreativitas, kemampuan sosial dan kemampuan berbahasa si Kecil. Bahkan sebuah penelitian menyatakan bahwa dengan bermain balok dapat mempengaruhi kemampuan si Kecil dalam berhitung. Ya, anak-anak usia 4 tahun yang bermain balok dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi, ternyata memiliki nilai matematika yang tinggi di tingkat SMP/SMA nanti.

Bermain balok bersama teman-teman dalam suatu kelompok, menjadikan si Kecil tumbuh sebagai anak yang lebih ramah dan memiliki kecerdasan sosial yang baik. Anak yang senang bermain balok bersama juga akan memiliki kualitas pertemanan yang lebih baik.

Tunggu apa lagi? Ayo ajak si Kecil bermain menyusun balok. Awalnya, tunjukkan bagaimana menyusun balok, setelah itu tantang si Kecil untuk membuat jembatan atau terowongan. Ibu bisa terlebih dahulu menggambar jembatan/terowongan itu pada sehelai kertas sehingga si Kecil memiliki bayangan apa yang harus dibuat.

Kemudian minta si Kecil untuk membuat rumah, pagar, kursi taman dan bangunan lainnya. Kalau sudah terkumpul beberapa jenis bangunan, ajak si Kecil untuk membangun sebuah pemukiman. Tentukan yang mana rumah, toko, sekolah, kantor pos, dan sarana umum lain yang biasa dijumpai di sebuah pemukiman. Lengkapi dengan mobil-mobilan milik kakaknya atau boneka-boneka kecil koleksi Ibu. Ajak si Kecil bermain ‘pura-pura’. Misalya, ada orang yang pergi ke toko membeli sembako, ada orang yang mengantar anaknya ke sekolah, dan lainnya.

Selain sambil bermain ‘pura-pura’, bermain balok juga bisa Ibu lakukan sambil mendongeng. Nah… asik bukan bermain balok bersama si Kecil? Ibu bisa mendapatkan mainan balok gratis, yaitu Mega Blok, dengan bergabung di Komunitas Ibu dan Balita dan mengikuti program hadiah dengan menukarkan poin ibu sebesar 1680 poin. Ayo segera tukarkan poin ibu dengan Mega Blok di Zona Tukar Hadiah di kota Ibu, Klik untuk lihat jadwal.