Share Like
Simpan

Hai Bu, apa si Kecil punya lagu favorit yang gemar dinyanyikannya saat ini? Kali ini saya ingin berbagi tips seru yang berkaitan dengan itu. Jadi dulu, waktu si Kecil masih berusia 3-4 tahun, saya sempat takjub melihat betapa aktifnya dia bermain sepanjang hari. Sepertinya tidak ada capeknya, Bu. Nah, salah satu kegemarannya adalah mengajak saya untuk menyanyikan lagu favoritnya sampai berulang kali!

Dari situ, saya jadi berpikir, bagaimana ya, caranya agar aktivitas bernyanyinya tidak itu-itu saja? Berhubung si Kecil sudah semakin lincah, saya pun berinisiatif untuk mengembangkan acara bernyanyi ini menjadi suatu aktivitas bermain yang menarik. Ini tentunya juga agar si Kecil tidak bosan dengan permainannya sehari-hari.

Mau tahu apa saja permainannya, Bu? Yuk, lihat sama-sama di bawah ini:

1. Bernyanyi Sambil Menari

Yuk, ajak si Kecil jadi koreografer cilik dengan membuat gerakan dari lagu favoritnya itu. Diskusikan tarian yang sesuai dengan lirik lagunya, kemudian minta si Kecil untuk mempraktekkannya bersama-sama. Jika dia sudah hafal semua gerakannya, pentaskan bersama Ibu di depan anggota keluarga lainnya. Jangan lupa minta Ayah untuk merekam video tariannya ini, ya!

2. Bermain Tebak-tebakan Lagu

Mari kita uji daya ingat si Kecil dengan permainan sederhana ini. Mulailah dengan bersiul atau menggumamkan nadanya saja di depan si Kecil. Kemudian, minta dia menebak judul lagu dengan menyanyikan liriknya. Berikan tepuk tangan meriah ya Bu, jika jawaban si Kecil benar!

3. Menghilangkan Bagian dari Lirik Lagu.

Sama seperti poin sebelumnya, aktivitas ini juga bisa Ibu gunakan untuk menguji daya ingatnya saat ini. Bagaimana caranya? Sambil bernyanyi bersama nanti, berhentilah tiba-tiba, lalu minta si Kecil untuk melanjutkan lagunya dengan lirik yang benar.

Bagaimana Bu, menarik bukan untuk dicoba? Selain seru, permainan-permainan tadi juga ikut melatih kemampuan fisik dan kognitifnya, lho. Sebagai contoh, dengan menari, si Kecil jadi bisa mengembangkan koordinasi otak dan anggota tubuhnya. Sementara itu, bermain tebak-tebakan dapat mengasah kemampuan mengingatnya.

Tentu Ibu juga harus selalu ingat dengan asupan nutrisi dan gizi si Kecil, ya. Di masa tumbuh kembangnya ini, si Kecil juga lagi gemar bereksperimen dengan imajinasinya, Bu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan vitamin A, yang berperan penting dalam melindungi tubuhnya dari infeksi, serta membantu menjaga daya penglihatan serta mengoptimalkan pertumbuhan tulangnya. Vitamin A sendiri bisa Ibu temukan di buah dan sayur yang mempunyai warna cerah, seperti wortel, ubi, jeruk, apel, brokoli, dan juga sayur bayam.

Sedangkan untuk mendukung kreativitasnya, saya biasa memberikan si Kecil Frisian Flag Karya Suprima. Selain rasanya yang lezat, nutrisi yang dikandung juga kaya akan kombinasi tinggi Vitamin D, Selenium, Seng, Kalsium, Fosfor, Vitamin A, C & E, dan juga Inulin yang bermanfaat untuk menjaga saluran pencernaan si Kecil. Agar manfaatnya dapat dirasakan dengan optimal, pastikan Ibu menyajikan susu 3 kali dalam sehari, yaitu saat bangun tidur, setelah makan siang, dan sebelum tidur malam.

Selamat mempraktekkan tips ini, Bu!