Share Like
Simpan

Hai, Bu! Apa saja kemajuan yang sudah ditunjukkan si Kecil saat ini? Ya, di usianya menginjak 4 tahun, si Kecil sudah siap untuk masuk prasekolah. Dia juga sudah bisa mengerti konsep angka dan umumnya sudah menghitung hingga angka 20.

Nah, berhubungan dengan hal itu, saya ingin berbagi rahasia, Bu. Mau tahu caranya agar si Kecil mampu mengerti konsep berhitung tanpa merasa harus terpaksa belajar? Bisa dengan belajar di supermarket, Bu!

Ya, Saya dulu gemar sekali menggunakan ritual belanja mingguan atau bulanan di supermarket untuk sarana belajar matematika bagi anak. Di sana, dia bisa belajar berhitung, mengenal berbagai nama satuan ukuran, dan masih banyak lagi Ini dia caranya!

Membuat Daftar Belanja

Sebelum belanja, pasti kan Ibu sudah membuat daftar belanja terlebih dahulu. Nah, libatkan saja si Kecil dalam hal ini. Tanyakan padanya saat membuat daftar belanja, “Ibu harus beli berapa apel ya, jika semua orang di rumah ini mau makan masing-masing 1 buah?” Selain dengan cara itu, Ibu bisa juga memintanya memeriksa, apa saja barang-barang atau makanannya yang sudah habis dan perlu dibeli. Cara ini juga dapat melatih kemandiriannya, Bu.

Saat Di Supermarket.

1. Mengenal Nomor

Ingin belajar tentang angka? Supermarket tentunya bisa menjadi tempat yang tepat, Bu. Saat belanja nanti, coba deh berikan si Kecil kertas bertuliskan angka 1-20, lalu minta dia memberikan tanda centang setiap kali melihat angka yang sama di supermarket. Atau, Ibu juga bisa memintanya membaca harga yang tertera di sebuah barang sebelum memasukkan ke dalam trolley belanja Ibu.

2. Menghitung angka

Si Kecil juga bisa dibimbing agar menghitung di supermarket. Cara mudahnya, bisa dengan mengaja dia menghitung jumlah barang belanjaan yang ada di trolley atau meminta bantuannya untuk mengambil sejumlah barang atau kaleng susu saat berbelanja di sana.

3. Mengukur

Satuan seperti centimeter, meter, dan kilogram sangat penting dalam pendidikan matematika dasar. Nah, Ibu bisa mulai mengajarinya mengukur dengan mengajaknya menimbang buah-buahan atau sayuran di sana sambil memberikan penjelasan tentang satuan gram atau kilogram serta perbedaannya.

4. Penjumlahan dan Pengurangan sederhana

Aktivitas ini juga bisa dilakukan di supermarket, lho. Coba Ibu katakan, “Ibu masukkan 5 es krim vanilla ke keranjang. Eh tapi kayaknya terlalu banyak, deh. Jadi Ibu taruh 2 lagi di rak. Sisanya berapa ya?” Dengan begitu, si Kecil tanpa sadar sedang belajar tentang matematika sederhana.

5. Mengenal ukuran

Konsep dari besar, lebih besar, atau paling besar adalah konsep yang dipelajari di usia prasekolah. Nah, di supermarket, ia bisa mempelajarinya. Coba Ibu ajak dia ke bagian beras. Lalu, minta dia mengenali mana yang paling besar (10 kg) dan mana yang paling kecil (1 kg). Atau, minta dia mengambil buah yang paling besar dan buah yang paling kecil di sana.

Nah, nanti setelah ia mulai masuk SD, Ibu bisa mengembangkannya dengan menghitung jumlah barang dan harga, jumlah uang, dan uang kembalian.

Ternyata belanja bersama si Kecil dapat menjadi media belajar ya, Bu. Tak hanya bisa belajar menghitung. Dengan cara-cara di atas, interaksi Ibu dan si Kecil tentunya juga dapat meningkatkan perbendaharaan katanya. Jadi, sudah siap mengajak si Kecil berbelanja bersama?