Share Like
Simpan

Wah, senangnya menyaksikan perkembangan balita kesayangan Ibu yang begitu pesat. Salah satunya terlihat dari bagaimana si Kecil semakin lahap setiap kali Ibu menyuapkan makanan ke mulut mungilnya. Menggemaskan sekali, ya, aksinya, Bu!

Agar si Kecil semakin mandiri, yuk ajarkan ia untuk bisa makan sendiri menggunakan sendok. Mari terapkan beberapa cara yang saya dapatkan dari pengalaman para ibu lain di forum Ibu dan Balita berikut ini:

Dimulai dari Suapan Tangan

Mengajarkan si Kecil makan sendiri menggunakan sendok memang gampang-gampang susah, Bu. Sebab, diperlukan kesabaran ekstra untuk melakukannya. Sebelum si Kecil mampu memegang sendok makan dengan baik dan benar, Ibu bisa mencontohkan agar ia menggapai makanan dengan tangan mungilnya, lalu memasukkannya ke mulut. Meskipun hasilnya belum sesuai harapan, cara ini dapat membantu mengoptimalkan perkembangan balita saat belajar makan sendiri.

Biasanya si Kecil mulai belajar menyuapkan makanan dengan tangan ketika memasuki usia 8-9 bulan. Ibu dapat mestimulasinya dengan memberikan kesempatan si Kecil untuk terus mencoba. Berikan makanan kering yang mudah digenggam dan sesuai dengan usianya, misalnya biskuit bayi. Kemudian, letakkan potongan makanan tersebut di atas piring dan sajikan di meja makan. Setelah itu, si Kecil akan belajar menyuap makanan dengan tangannya sendiri. Apabila anak susah makan, Ibu dapat menyajikan hidangan yang dibuat dengan penampilan seistimewa mungkin untuk menarik perhatiannya.

Saatnya Belajar Menggunakan Sendok

Berdasarkan pengalaman saya dulu, setidaknya butuh waktu hingga si Kecil memasuki usia dua tahun untuk bisa menggunakan sendok. Namun hal ini tidak berlaku untuk setiap anak, Bu. Sebab, tumbuh kembang anak pastinya berbeda-beda. Si Kecil bisa saja sudah mampu menyuapkan makanan dengan sendok lebih cepat atau lebih lambat. Untuk itu, Ibu perlu memberikan stimulasi yang tepat untuk mendukung perkembangannya.

Berikut cara yang bisa Ibu terapkan untuk membiasakan si Kecil menggunakan sendok. Pertama, pilih sendok yang sesuai ukuran tangan si Kecil dan aman digunakan untuk anak-anak. Kemudian, bantu ia menggenggam sendok secara perlahan dan arahkan masuk ke dalam mulutnya. Latihan ini bisa dilakukan kapan pun, entah itu di waktu sarapan, makan siang, atau makan malam. Jika latihan ini dilakukan secara rutin, kemampuan motorik si Kecil tentunya dapat berkembang.

Ajari Juga si Kecil Menggunakan Garpu

Setelah berhasil menggunakan sendok dengan baik, Ibu bisa juga mengajarkan si Kecil menggunakan garpu. Sama halnya dengan penggunaan sendok, Ibu tetap harus membiasakan si Kecil dari mulai menggenggam maupun menggunakannya. Siapkan makanan yang mudah ditusuk dengan garpu, seperti buah semangka atau bola-bola ayam. Awasi si Kecil saat berlatih menggunakan garpu agar tidak tertusuk ya, Bu. Sebaiknya, pilih garpu khusus anak-anak yang ujungnya tidak tajam dan minim risiko melukai mulut si Kecil.

Ibu bisa juga menyiapkan peralatan makan berupa sendok dan garpu sesuai dengan karakter atau warna kesukaan si Kecil. Peralatan makanan yang menarik dapat membuat si Kecil semakin semangat untuk terus belajar makan sendiri dengan baik dan benar.

Bagaimana, Bu? Satu hal yang perlu diingat, kesabaran adalah kunci utama dalam mengajarkan hal apa pun pada si Kecil, termasuk agar ia bisa makan sendiri menggunakan sendok dan garpu. Semoga informasi ini dapat menjadi sumber inspirasi yang bermanfaat, Bu untuk perkembangan balita!