Whatsapp Share Like
Simpan

Kemandirian si Kecil dapat diasah melalui berbagai aktivitas. Mulai dari merapikan tempat tidurnya sendiri, merapikan mainan setelah selesai bermain, melipat pakaian, atau bahkan membuat susu yang akan dikonsumsinya. Cara membuat susu sebenarnya tidak sulit, seperti Ibu ketahui, namun jika ini diajarkan sejak dini, maka tidak hanya faktor kemandirian yang terasah dari tumbuh kembang si Kecil namun juga dapat menunjang perkembangan fisik dan motoriknya dengan optimal.

Nah untuk mengajarinya cara membuat susu cokelatnya sendiri, Mums bisa menggunakan susu cokelat Frisian Flag 123/456 PRIMANUTRI. Mengapa harus susu ini? karena Frisan Flag 123/456 PRIMANUTRI dapat dibuat tanpa harus menggunakan air panas sebagai pelarutnya, dan cukup menggunakan air biasa saja. Jadi proses pembelajarannya bisa berjalan jauh lebih aman.

Tanpa berpanjang-lebar lagi, mari simak cara membuat susu cokelat Frisian Flag 123/456 PRIMANUTRI berikut ini!

Cara Membuat Susu 

  1. Siapkan semua bahan dan alat yang diperlukan (susu, air biasa, gelas, sendok, celemek jika diperlukan, dan bahan lain yang mungkin diinginkan Ibu atau si Kecil).
  2. Ajarkan si Kecil untuk memegang sendok dengan benar dengan menunjukkannya.
  3. Setelah dapat dilakukan dengan baik, bimbing si Kecil untuk menyendok susu yang ada dalam kaleng atau tempat susu sesuai takaran yang disarankan.
  4. Selanjutnya, bantu si Kecil untuk menuangkan air ke dalam gelas yang sudah berisi susu bubuk. Jika si Kecil sudah memiliki cukup kekuatan untuk mengangkat tempat air, berikan kepercayaan padanya.
  5. Contohkan gerakan mengaduk yang benar, bisa dengan pola melingkar atau dengan membentuk huruf W. bantu si Kecil pada tahap awal, dan biarkan ia mencoba sendiri.
  6. Setelah selesai, nikmati susu yang sudah jadi bersama si Kecil. Tentu saja Ibu dengan susu untuk orang dewasa, dan si Kecil dengan susu penunjang pertumbuhan yang Ibu pilih.

Nilai yang Diajarkan

Seperti yang sudah dibahas pada bagian awal tadi, terdapat setidaknya dua hal yang bisa dipelajari dan Ibu ajarkan pada si Kecil. Pertama mengenai kemandirian, dimana ia belajar untuk membuat susu yang akan diminumnya sendiri, dan kedua mengenai stimulus motorik dari gerakan pembuatan susu tersebut.

Kemandirian menjadi salah satu nilai positif yang sangat disarankan untuk ditanamkan sejak dini pada diri si Kecil. Hal ini akan membantu si Kecil untuk memiliki karakter yang baik, membantunya memiliki jiwa kepemimpinan serta dasar yang baik untuk memudahkannya mendapatkan teman baru di lingkungan bermainnya,

Artikel Sejenis

Sedangkan dari sisi motorik sendiri, jelas, gerakan menyendok susu, gerakan mengaduk, gerakan mengangkat gelas susu hingga mungkin meletakkannya pada tempat cuci piring dapat menjadi latihan yang sangat baik. Meski sederhana jika tidak diajarkan sejak dini ada resiko si Kecil akan sulit melakukan gerakan dasar ini kedepannya.

Stimulus motorik juga tentu harus diberikan setiap saat agar si Kecil juga dapat lebih cepat menguasai berbagai gerakan dasar. Melempar bola, menangkap bola, meloncat, meniti palang keseimbangan, berlari, meloncat dengan satu kaki, mengangkat benda, menyusun blok mainan dan sebagainya. Setiap gerakan ini harus terus diberikan agar si Kecil dapat benar-benar bergerak lincah ketika ia tumbuh semakin dewasa.

Produk Susu yang Mudah Dibuat

Dalam mengajarkan cara membuat susu pada si Kecil, Ibu dapat memiliki produk susu yang mudah dibuat dan cenderung aman. Kebanyakan susu dibuat dengan menggunakan air panas, namun ada juga produk yang bisa dibuat tanpa harus melibatkan air panas. Jelas ini jauh lebih aman untuk si Kecil karena akan terhindar dari resiko terkena air panas ketika belajar membuat susunya sendiri.

Frisian Flag 123/456 PRIMANUTRI, menjadi produk susu yang mudah dibuat dan tanpa perlu menggunakan air panas. Tentu saja untuk masalah nutrisi, susu ini tak lagi perlu diragukan. Frisian Flag 123/456 PRIMANUTRI memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya, sehingga sangat cocok diberikan untuk si Kecil pada usia 4, 5 dan 6 tahun. Selain itu yang juga perlu diingat, susu ini menawarkan #RasaSeruCokelat yang sangat nikmat dan akan menjadi favorit si Kecil. Jadi tunggu apalagi? Ajarkan cara membuat susu pada si Kecil dengan Frisian Flag 123/456 PRIMANUTRI!