Share Like
Simpan

Pernahkah Ibu perhatikan betapa lincahnya si Kecil bergerak ketika ia bermain? Ya, perkembangan pesat yang terjadi pada usia pertumbuhanlah yang menjadikan metabolism tubuh si Kecil bisa menghasilkan banyak energi untuk disalurkan.

Alangkah bahagianya ya Bu, bisa menghabiskan waktu seharian bersama si Kecil? Apa saja yang dilakukannya sungguh menggemaskan!

Namun, pernahkah Ibu memperhatikan ketika si Kecil mulai terlihat bosan saat beraktivitas bersama Ibu? Nah, pada saat-saat seperti ini ada berbagai permainan yang bisa jadi pilihan menarik, seperti permainan “Berpetualang ke Pulau Bantal!” yang menyenangkan dan juga bermanfaat. Lihat yuk cara memainkannya!

Alat yang diperlukan:

  • Area berkarpet/empuk
  • Bantal-bantal
  • Piring kertas atau majalah bekas

 

Cara memainkan:

  1. Sebarkan piring kertas atau majalah bekas di atas area berkarpet.
  2. Letakkan bantal-bantal di sekeliling area berkarpet sebagai pengaman jika si Kecil
  3. terjatuh nantinya.
  4. Area bermain pun telah siap! Ajak si Kecil untuk berimajinasi bahwa area berkarpet adalah lautan atau kolam yang dalam, sedangkan piring dan majalah adalah pijakan yang aman untuk dilalui.
  5. Kemudian, tuntunlah si Kecil untuk berjalan melalui pijakan-pijakan ini tanpa mengenai area berkarpet.
  6. Agar lebih menarik, Ibu juga bisa mengarang cerita yang seru bersama si Kecil. Misalnya, “berburu harta karun di laut”, atau “menyelamatkan Ibu yang terdampar di pulau terpencil”.

Nah Ibu, permainan ini sendiri juga bermanfaat lho bagi perkembangan si Kecil. Melalui cerita yang dikarang, imaginasi si Kecil pun jadi diajak berkembang. Tidak hanya itu, kemampuan spasial dan keseimbangannya pun dapat terlatih dengan berjalan di atas pijakan yang disediakan.

Menarik ya, Bu? Yuk, ajak si Kecil bermain bersama.