Share Like
Simpan

Meski secara alami setiap anak terlahir dengan keingintahuan yang tinggi, “memaksa” mereka untuk duduk manis dan fokus belajar bukanlah perkara mudah. Karenanya, Ibu harus bisa menciptakan suasana ceria dan gembira selama belajar agar si Kecil tidak mudah bosan.

Tapi bagaimana ya kalau segala upaya sudah dikerahkan namun si Kecil tetap tidak mau belajar? Tenang, Bu, mungkin beberapa kiat berikut bisa membantu:

  1. Untuk si Kecil yang sudah mulai bersekolah (playgroup/TK), saat pulang sekolah sapa dengan sapaan manis, seperti “Hai sayang, bagaimana di sekolah hari ini, apakah menyenangkan?”. Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan di sekolah dan secara tidak langsung akan memberitahu sang anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.
  2. Saat anak tidur (hypnosleep), coba Ibu bisikkan di telinganya, “Makin hari, belajar makin menyenangkan ya,“ “Seperti bermain, belajar juga sangat menyenangkan,“ atau kata-kata sugesti positif lainnya dengan penuh kasih sayang.
  3. Jelaskan secara perlahan-lahan manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari (sesuai dengan minat si Kecil). Misalnya, “Kalau sudah bisa membaca, nanti saat liburan sekolah Ibu akan belikan banyak buku cerita bergambar yang bisa Adik baca sendiri”. Selalu apresiasi si Kecil lewat pujian setiap kali ia berhasil menguasai pelajaran atau hal-hal baru.
  4. Jika Ibu memakai jasa guru les, mintalah supaya guru lesnya sering-mengapresiasi si Kecil dengan memujinya sebagai anak yang hebat dan luar biasa. Pujian yang tulus dan penuh motivasi jauh lebih penting daripada mengajarkan teknik membaca atau menghitung. Mintalah bantuan orang-orang sekitar termasuk guru meningkatkan harga diri si Kecil.
  5. Membaca cerita bersama adalah cara yang cukup efektif untuk mengajarkan anak membaca serta membuat anak mencintai buku. Sayangnya sebagian orang tua sudah tidak sempat lagi membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur. Alangkah baiknya jika Ibu masih melestarikan kebiasaan ini.Ibu bisa mencoba cara ini, bacakan dongeng dengan posisi memangku anak. Tujuannya, agar ia dapat turut melihat cerita yang sedang Ibu bacakan sekaligus merasa dicintai. Dengan begini si Kecil akan menilai buku sebagai hal yang menyenangkan. Untuk tahap awal, hindari mendongeng atau bercerita terlalu lama agar ia tak cepat bosan. Jangan lupa, gunakan ekspresi wajah dan suara yang menarik agar si Kecil semakin tertarik menyimak cerita. Beragam pilihan buku cerita menarik untuk anak juga bisa Ibu dapatkan dengan harga yang lebih terjangkau. Sebab, kini poin Ibu&Balita bisa Ibu tukarkan dengan voucher toko buku untuk mendapatkan potongan harga saat membeli buku si Kecil. Simak informasi selengkapnya di sini, Bu
  1. Ada permainan menarik yang bisa Ibu gunakan. Cobalah menulis surat rahasia dari Ibu kepada anak. Ibu bisa berkata “Sayang, Ibu telah meletakkan surat rahasia buat kamu. Cuma kamu dan Ibu yang tahu isinya. Ibu letakkan di bawah bantal tidurmu, bacalah setelah makan ya”. Isinya bisa berupa kata-kata yang bisa menyemangati anak dalam kegiatan belajar di sekolahnya. Dengan begitu, anak akan tahu bahwa Ibunya sangat menyayangi dan memerhatikannya. Dan tulisan itu, membuat dia suka membaca.

Ternyata, asal tahu caranya, memacu antusiasme dan semangat belajar si Kecil tidak sulit ya, Bu? Selamat mencoba!