Cara mengatasi flu pada bayi secara alami sering kali jadi langkah pertama ketika si Kecil terserang flu atau pilek. Apalagi saat si Kecil masih bayi dan baru lahir, rasanya masih ragu untuk memberikan sembarangan obat yang dijual di apotik karena takut adanya efek samping yang kemudian jadi berbahaya. Sebenarnya secara medis, bayi berumur 0-6 bulan boleh diberikan obat namun atas resep dokter dan obatnya memang diracik khusus untuk kebutuhan mereka.

Flu pada bayi adalah hal yang wajar terjadi karena daya tahan tubuh si Kecil belum sempurna seperti daya tahan tubuh orang dewasa. Bisa saja frekuensi flu ini sering terjadi sehingga mengganggu waktu tidur dan kesehatannya. Jadi, Ibu wajib memahami beberapa cara mengatasi flu ringan pada bayi secara alami untuk membantu si Kecil lebih nyaman dan bisa segera pulih kembali. Namun jika kondisi semakin parah atau berlarut, ada baiknya Ibu segera bawa si Kecil ke dokter ya.

Penyebab Bayi Flu

Pada dasarnya Ibu perlu memahami cara mengatasi flu pada bayi secara alami, karena adanya banyak faktor penyebab yang bisa menyebabkan si Kecil terserang flu. Antara lain:

  • Perubahan cuaca
  • Alergi
  • Terpapar udara kotor, seperti asap rokok atau polusi
  • Infeksi virus

Hindari si Kecil dari faktor penyebab di atas sebisa mungkin agar mereka tidak sering mengalami flu. Selalu siap dengan cara mengatasi flu pada bayi secara alami karena memberi obat untuk anak di bawah usia 4 tahun tanpa resep dokter sangat tidak dianjurkan. Ikatan Dokter Anak Indonesia juga tidak merekomendasikan penggunaan antibiotik untuk mengatasi bayi flu atau pilek.

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Cara-cara mengatasi flu pada bayi secara alami ini bisa Ibu lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang biasanya sudah tersedia. Berikut beberapa cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang bisa Ibu lakukan saat si Kecil muncul keluhan flu atau pilek ringan:

Artikel Sejenis

  1. Memperbanyak cairan

    Air berfungsi untuk mengencerkan lendir di hidung. Sehingga hidung si Kecil tidak tersumbat dan tidurnya bisa lebih nyaman. Selain itu, air juga bisa mencegah kondisi dehidrasi yang sering kali bisa muncul saat pilek atau flu melanda.

    Jika si Kecil berusia 6 bulan ke atas, cara mengatasi flu pada bayi secara alami bisa Ibu lakukan dengan memberikan banyak air putih dan memberikan MPASI dengan kandungan air yang tinggi seperti buah dan sayur. Namun, jika si Kecil berusia di bawah 6 bulan, Ibu bisa memperbanyak asupan ASI atau susu formulanya untuk mencukupi kebutuhan cairan si Kecil saat flu. Ibu bisa memastikan kebutuhan cairan si Kecil terpenuhi atau belum dari warna urinnya. Semakin bayi kekurangan cairan, maka cairan urine nya semakin kuning pekat. Namun jika cairan mereka cukup, cairannya cenderung akan berwarna kuning terang.

  2. Menyedot lendir di hidung

    Saat flu, sering kali si Kecil akan kesulitan bernafas karena hidungnya tersumbat. Dalam hal ini, cara mengatasi flu pada bayi secara alami bisa Ibu lakukan dengan menyedot ingus atau lendir dari hidungnya. Ibu bisa gunakan alat sedot ingus khusus bayi. Saat menggunakannya pastikan sesuai aturan dan tangan Ibu sudah bersih ya.

  3. Atur posisi tidurnya

    Cara mengatasi flu pada bayi secara alami selanjutnya adalah mengatur posisi tidurnya dengan menaikkan bagian kepalanya. Ibu bisa meletakkan handuk atau tambahan bantal di bantalnya. Dengan bantuan gravitasi, cara ini bisa membantu menurunkan cairan ingus dari hidung si Kecil.

  4. Beri uap alami

    Ibu bisa menghangatkan kamar mandi dengan membawa air panas di ember atau bak mandi supaya suhu dan uap udara naik. Bawa si Kecil selama 10-15 menit untuk menghangatkan dirinya. Cara mengatasi flu pada bayi secara alami ini bisa Ibu lakukan di waktu mandinya ya.

  5. Berikan Madu

    Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang ini bisa Ibu lakukan jika si Kecil berusia minimal 12 bulan. Studi menunjukkan jika 1 sendok teh madu sebelum tidur bisa membantu mengatasi flu pada bayi.

  6. Memanfaatkan kunyit

    Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang ini adalah memanfaatkan bahan tradisional yaitu kunyit. Ibu bisa campur sedikit kunyit dengan air hangat untuk membuatnya menjadi pasta yang halus, kemudian oleskan pada dada, dahi dan telapak kaki si Kecil. Panas dari kunyit bisa membantu mengencerkan lendir dan membuatnya mudah keluar.

  7. Istirahat

    Mengajak si Kecil istirahat dan membangun kamarnya nyaman untuk tidur menjadi cara mengatasi flu pada bayi secara alami selanjutnya. Sebab, membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi. Hal ini tentu bisa membuat lelah si Kecil.

    Lakukan hal yang diinginkan si Kecil untuk merasa lebih nyaman, seperti didekap, atau suhu ruangan yang tepat sehingga mereka mudah untuk tertidur.

  8. Membangun suasana udara lembab

    Si Kecil bisa mengalami flu dikarenakan udara yang kering di dalam rumah. Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang bisa Ibu lakukan adalah dengan memanfaatkan humidifier. Dengan aroma yang alami dan baik untuk si Kecil, diharapkan udara lembap ini bisa membantu si Kecil lebih merasa nyaman.

Selain mempelajari cara mengatasi flu pada bayi secara alami, langkah-langkah pencegahan juga bisa Ibu lakukan. Untuk mencegah si Kecil terkena flu atau pilek, Ibu perlu memperhatikan kebutuhan dan kecukupan nutrisi mereka dengan baik. Pastikan asupan ASI dari ibu berkualitas sehingga Ibu sendiri juga perlu rutin mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang baik. Ibu juga bisa memastikan kualitas ASI dengan asupan nutrisi tambahan, salah satunya dengan memilih Frisian Flag PRIMAMUM.

Susu Frisian Flag PRIMAMUM dapat diminum secara rutin sebagai asupan nutrisi pendukung selama menyusui. Susu ini mengandung 9 asam amino esensial (9AAE) lengkap dan 9 nutrisi penting lainnya untuk kebaikan Ibu dan si Kecil. Susu ini juga diperkaya dengan tinggi asam folat, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), serta tinggi DHA untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sel otak si Kecil.

Selain itu, susu Frisian Flag PRIMAMUM juga mengandung tinggi zat besi, tinggi zinc, dan sumber serat pangan inulin untuk mendukung daya tahan tubuh Ibu dan si Kecil. Ditambah kandungan tinggi kalsium dan tinggi vitamin C untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh si Kecil. 

Frisian Flag PRIMAMUM termasuk susu dengan harga ekonomis dengan nutrisi lengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Tersedia dalam rasa cokelat yang lezat dan tidak membuat Ibu merasa enek atau mual. Frisian Flag PRIMAMUM mengandung 180 kalori dan 9 gram protein dalam 1 gelasnya. Dengan mengonsumsi 2x sehari, Ibu sudah bisa mendapatkan 15% asupan energi dari Frisian Flag Primamum. Apalagi rasa cokelatnya lezat dan tidak bikin enek sehingga bisa membantu Ibu memenuhi kebutuhan gizi hariannya.

Namun jika ASI dirasa tidak cukup, Ibu bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Ibu bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya Bu! 

Ibu juga bisa memantau tumbuh kembang si Kecil dengan bantuan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini akan membantu Ibu untuk mengetahui usia kehamilan, kondisi janin, dan tumbuh kembang si Kecil hingga persalinan. Yuk, coba fiturnya di sini.