Ibu mungkin sudah sangat familiar dengan buah berwarna merah yang satu ini, bukan? Ternyata manfaat buah naga merah cukup melimpah lho, Bu. Apalagi manfaatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. 

Namun, apakah manfaat buah naga merah berbeda dengan buah naga putih? Ternyata penelitian menunjukkan bahwa buah naga merah memiliki nilai gizi yang lebih tinggi daripada buah naga putih. Buah naga merah mengandung antioksidan yang lebih tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Selain itu, senyawa antioksidan dalam buah naga merah juga berperan penting terhadap kesehatan sel-sel serta jaringan tubuh. 

Manfaat buah naga merah bisa didapatkan berkat beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam naga merah yaitu kalsium dan fosfor. Tahukah Ibu bahwa kalsium dan fosfor saling bekerja sama untuk menjaga kesehatan otot dan sistem saraf agar selalu bekerja dengan optimal. 

Kalsium dan fosfor dalam manfaat buah naga merah juga berperan penting untuk mendukung fungsi jantung agar bisa memompa darah secara teratur dan mengoptimalkan komunikasi antara sel-sel saraf dalam tubuh. 

Namun, manfaat buah naga merah tak sampai di situ saja lho, Bu. Ada beragam manfaat lain yang wajib Ibu ketahui. Intip penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Artikel Sejenis

Kandungan Nutrisi Buah Naga Merah

Tahukah Ibu bahwa warna merah pada buah naga berasal dari pigmen alami yang disebut dengan hylocerenin dan isohylocerenin. Kedua pigmen alami tersebut berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh.

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat buah naga merah bagi kesehatan si Kecil, Ibu perlu mengetahui dulu kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Nah, berikut ini beragam nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah naga merah:

  • Energi : 71 kkal
  • Lemak total : 3,1 gram
  • Karbohidrat total : 9,1 gram
  • Protein : 1,7 gram
  • Serat pangan : 3,2 gram
  • Kalsium : 13 mg
  • Fosfor : 14 mg
  • Natrium : 10 mg
  • Zat besi : 0,4 mcg
  • Seng : 0,4 mcg
  • Vitamin B1 : 0,5 mcg
  • Vitamin B2 : 0,3 mcg
  • Vitamin B3 : 0,5 mcg
  • Vitamin C : 1 mcg

Dari data kandungan nutrisi di atas sudah jelas bahwa naga merah merupakan salah satu buah yang dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi harian si Kecil. 

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan Anak

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga merah yang penting untuk mendukung kesehatan anak, di antaranya:

  • Membantu mengatasi sembelit

    Naga merah termasuk buah yang mengandung kadar air dan serat pangan yang cukup tinggi. Kedua nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi sembelit atau konstipasi pada anak. Seperti yang Ibu ketahui, sembelit merupakan masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh anak-anak. 

    Itulah sebabnya, pemberian buah naga merah bisa jadi pilihan yang tepat agar kesehatan pencernaan si Kecil tetap terjaga dan terhindar dari sembelit. Namun, manfaat buah naga merah yang satu ini akan lebih optimal jika Ibu memberikan asupan serat dari makanan bergizi seimbang lainnya, ya!

  • Mendukung daya tahan tubuh

    Manfaat buah naga merah juga penting untuk mendukung daya tahan tubuh si Kecil karena kandungan antioksidannya yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang membantu menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh.

    Selain antioksidan, kandungan protein dan berbagai vitamin dalam buah naga juga berperan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh si Kecil agar tidak mudah sakit. Akan tetapi, buah naga bukan satu-satunya makanan bergizi yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Ibu tetap harus memberikan makanan bergizi seimbang lainnya dan menerapkan pola hidup sehat pada si Kecil agar sistem imunnya kuat. 

  • Memelihara kesehatan tulang

    Salah satu manfaat buah naga merah yaitu dapat memelihara kesehatan tulang anak. Manfaat buah naga merah ini hadir berkat kandungan kalsium di dalamnya. Kalsium diperlukan tubuh untuk menyehatkan tulang, otot, sistem saraf, dan organ tubuh lainnya agar bisa berfungsi dengan baik. Maka dari itu, Ibu bisa menjadikan buah naga merah sebagai salah satu camilan sehat untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian si Kecil. 

  • Membantu mencegah risiko penyakit

    Senyawa antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah naga merah dapat membantu mencegah risiko penyakit dan menjaga kesehatan sel tubuh. Tak hanya itu lho, Bu, kandungan vitamin C dalam buah naga merah pun berperan dalam membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. 

  • Menjaga kesehatan kulit

    Manfaat buah naga merah yang tak kalah penting yaitu dapat merangsang pembentukan kolagen dalam kulit. Manfaat buah naga merah yang satu ini hadir berkat kandungan vitamin C. Dengan demikian, kesehatan kulit si Kecil akan tetap terjaga. 

  • Mencegah anemia

    Tahukah Ibu bahwa konsumsi buah naga merah secara rutin diketahui dapat membantu mencegah anemia pada anak-anak dan orang dewasa lho. Manfaat buah naga merah ini bisa didapatkan si Kecil berkat kandungan zat besi di dalamnya. Lantas, apa jadinya jika tubuh kekurangan zat besi? Maka produksi sel darah merah dalam tubuh si Kecil akan terganggu dan ia berisiko tinggi mengalami anemia. 

Itulah beberapa manfaat buah naga merah yang penting untuk kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Namun, perlu ditekankan lagi bahwa meskipun manfaat buah naga merah cukup banyak, tetapi buah ini bukan satu-satunya makanan bergizi bagi si Kecil.

Ada banyak makanan bergizi seimbang lainnya yang wajib dikonsumsi si Kecil secara rutin, salah satunya makanan tinggi protein. Mengapa demikian? Sebab, protein merupakan nutrisi esensial yang penting untuk membentuk dan memelihara sel-sel serta jaringan dalam tubuh.

Dalam masa tumbuh kembang, anak-anak membutuhkan asupan protein yang cukup, khususnya protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Ibu tidak perlu khawatir karena bisa memenuhi kebutuhan protein si Kecil dari susu cair UHT Frisian Flag Junio.

Susu cair UHT Frisian Flag Junio adalah susu UHT yang mirip dengan susu pertumbuhan dengan kandungan NUTRIBRAIN yang membantu si Kecil tumbuh cerdas. Susu cair UHT Frisian Flag Junio juga satu-satunya susu UHT yang mengandung omega 3 dan omega 6 lho. 

Susu cair UHT Frisian Flag Junio juga diformulasikan khusus untuk anak dengan kandungan 9 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, dan B12) diperkaya dengan 6 mineral (Kalsium, fosfor, magnesium, iodium, zinc, dan selenium) membantu tumbuh kembang anak serta memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Sebagai tambahan info untuk Ibu, dalam memantau tumbuh kembang si Kecil, pastikan Ibu memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui grafik pertumbuhan anak yang ideal berdasarkan WHO. Yuk, coba fiturnya di sini.