Whatsapp Share Like Simpan

Buah adalah salah satu jenis makanan yang sudah dikenal manfaatnya bagi kesehatan si Kecil atau orang tua. Tentu hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang dimiliki oleh buah. 

Tidak perlu buah impor, tapi beberapa contoh buah tropis di sekitar kita manfaatnya sudah cukup banyak untuk kesehatan si Kecil. Mulai dari nanas, mangga, jeruk, pisang atau belimbing. Apalagi, sebenarnya Indonesia punya banyak contoh buah tropis lainnya. Tapi karena di saat-saat sekarang ini lahan pertanian sudah semakin terbatas karena banyaknya kawasan gedung, pohon-pohon buah-buahan tropis banyak yang berkurang atau mungkin hilang.

Untuk lebih tahu beberapa contoh buah tropis yang manfaatnya banyak dan bisa jadi salah satu pilihan asupan baik untuk si Kecil mari disimak penjelasannya berikut.

Contoh Buah Tropis: Nanas

Nanas adalah salah satu contoh buah tropis yang juga kaya akan vitamin C selain buah jeruk. Di dalam 100 gram buah nanas ada 47,8 mg vitamin C yang baik untuk meningkatkan sistem imun si Kecil sekaligus Ibu.

Rasa buah nanas cenderung asam dan manis tapi cukup menyegarkan. Kadar air di dalam contoh buah tropis ini juga cukup tinggi. Sayangnya, buah nanas punya kandungan asam oksalat yang suka bikin bibir atau lidah jadi terasa gatal saat kita berlebihan memakannya. Berikan si Kecil porsi yang normal saat menikmati buah ini ya.

Artikel Sejenis

Contoh Buah Tropis: Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu contoh buah tropis lainnya yang juga kaya dengan vitamin C. Buah ini salah satu yang mudah untuk Ibu cari di pasar atau supermarket.

Di dalam 1 buah jambu biji, sudah mengandung 126 mg vitamin C. Selain tinggi kandungan vitamin C, jambu biji juga mengandung potasium, vitamin A dan folat.

Contoh Buah Tropis: Mangga

Nah kalo buah ini sih dijamin si Kecil suka ya Bu! Salah satu contoh buah tropis ini kaya akan vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Karena kandungan nutrisinya, banyak yang percaya buah mangga bisa bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Jangan lupa ya Bu, selain jadi pilihan snack, mangga bisa jadi campuran dalam MPASI lho. 

Contoh Buah Tropis: Pisang

Kalau yang ini sih, contoh buah tropis yang sering jadi idola anak-anak. Buah pisang adalah contoh buah tropis yang jelas sangat mudah untuk ditemukan dimana pun. Buah ini kaya akan kalium yang bisa jadi energi. Selain itu kaya pula akan serat yang baik tentunya untuk kesehatan pencernaan. Tentunya buah ini juga punya kandungan vitamin A dan vitamin C. 

Tidak hanya jadi pilihan menu MPASI, buah pisang juga sudah sering dikenal bisa jadi olahan cemilan atau snack untuk si Kecil.

Contoh Buah Tropis: Pepaya

Nah kalau yang ini juga juara dua contoh buah tropis yang juga sering jadi idola si Kecil. Buah pepaya sering jadi pilihan solusi kalau si Kecil sedang sulit untuk buang air besar karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Rasanya yang manis dan harganya yang murah, tapi kandungan nutrisinya juga dilengkapi dengan vitamin A dan C yang tentu bermanfaat juga untuk kesehatan si Kecil. 

Contoh Buah Tropis: Belimbing

Buah yang ini punya rasa yang asam manis. Belimbing adalah contoh buah tropis yang mudah ditemukan di pekarangan rumah. Selain itu kandungan air di dalam buahnya juga melimpah sehingga cocok untuk dinikmati di cuaca yang panas bareng si Kecil. Apalagi kandungan vitamin C di dalamnya tentu melimpah dan baik untuk kesehatan.

Seringkali beberapa orang cenderung mencari buah impor untuk konsumsi sehari-hari. Padahal, buah-buahan di atas adalah beberapa contoh buah tropis yang mudah untuk ditemukan di sekitar kita dam manfaatnya tentu sangat banyak dan tidak kalah dengan manfaat buah impor.

Manfaat Konsumsi Contoh Buah Tropis

Sudah pasti rasa dari contoh buah tropis di atas enak, selain itu berikut ini beberapa alasan kenapa harus rutin mengonsumsinya:

  • Kaya nutrisi

    Penting untuk menambahkan beberapa contoh buah tropis ke dalam menu harian si Kecil. Hal ini tentu karena buah-buahan tersebut kaya dengan nutrisi dan vitamin yang bisa memenuhi kebutuhan harian mereka. Selain baik untuk daya tahan tubuh, nutrisi yang ada juga bisa bantu sistem kerja tubuh terutama pencernaan mereka.

  • Mengurangi peradangan

    Beberapa contoh buah tropis punya khasiat untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh si Kecil. 

  • Meningkatkan rasa bahagia

    Salah satu contoh buah tropis yang bisa bikin si Kecil lebih bahagia adalah pisang. Karena, buah ini punya kandungan vitamin B6 yang memastikan proses asam amino triptofan menjadi serotonin yang bisa meningkatkan mood.

Selain asupan baik dari beberapa contoh buah tropis di atas, jangan lupa kalau si Kecil juga butuh asupan protein hewani yang tepat agar kesehatan pencernaan dan tumbuh kembangnya lebih prima. Pastikan si Kecil mengonsumsi 9 Asam Amino Esensial (9AAE) yang lengkap ya, Bu.

9AAE merupakan protein esensial yang harus dikonsumsi secara rutin setiap hari karena tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. 9AAE secara lengkap bisa ditemukan dalam susu, telur, daging merah, dan daging putih.

Asupan 9AAE yang lengkap juga bisa Ibu dapatkan dalam susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Dalam masa tumbuh kembang, si Kecil perlu mendapatkan 9AAE yang lengkap. Sebab, penelitian dari J.Nutr menjelaskan bahwa kekurangan semua jenis 9AAE akan menghambat potensi tinggi badan dan kecerdasan sebanyak -50%. Ibu pasti tidak mau hal ini terjadi pada si Kecil, kan? 

Untuk itu, pastikan asupan 9AAE tercukupi dengan rutin mengonsumsi susu bubuk pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+. Selain 9AAE, susu ini juga mengandung 8 nutrisi penting untuk perkembangan otak dan akal kreatif si Kecil, seperti 4x DHA lebih tinggi, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), minyak ikan, kolin, sphingomyelin, asam sialat, dan tirosin tertinggi.

Frisian Flag PRIMAGRO 1+ juga diperkaya dengan nutrisi prima untuk meningkatkan daya tahan tubuh, seperti zat besi, vitamin D3, zinc, magnesium, dan vitamin C tertinggi, serta mengandung serat pangan inulin yang dapat mendukung kesehatan saluran pencernaan si Kecil.

Pastikan asupan makanan yang si Kecil konsumsi mengandung gizi yang seimbang agar fungsi enzim amilase dan enzim pencernaan lainnya bisa lebih optimal ya, Bu.

Untuk Ibu yang ingin memantau tumbuh kembang si Kecil lebih maksimal, bisa juga lho memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini memudahkan Ibu untuk mengetahui berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lingkar perut sesuai dengan grafik pertumbuhan dari WHO dan CDC. Dengan begitu, Ibu bisa mencegah risiko stunting pada si Kecil. Yuk, langsung coba fiturnya di sini.

Ditinjau oleh: Yeni Novianti, S.Gz