Manfaat energi matahari bagi kesehatan anak ternyata beragam lho, Bu. Terutama energi dari sinar matahari pagi hari. Manfaat yang sudah sangat sering dibahas adalah untuk pemenuhan vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan si Kecil.

Beberapa orang sering menilai jika paparan sinar matahari ini bisa jadi penyebab kanker kulit yang bisa dialami orang dewasa maupun anak-anak. Padahal jika dilakukan di pagi hari di jam-jam yang dianjurkan dan dengan langkah yang tepat, manfaat energi matahari bisa dirasakan oleh semua anggota keluarga termasuk si Kecil. 

Nah, sekarang mari simak bersama manfaat energi matahari untuk anak-anak.

Manfaat Energi Matahari untuk Si Kecil

Supaya Ibu lebih termotivasi untuk membuat rutinitas aktivitas di pagi hari, simak dulu beberapa manfaat energi matahari untuk kebaikan si Kecil:

  1. Membantu memenuhi kebutuhan vitamin D

    Vitamin D adalah salah satu nutrisi yang penting dalam tumbuh kembang anak. Vitamin D membantu penyerapan kalsium dan fosfor sehingga bisa membantu pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. 

    Artikel Sejenis

    Manfaat energi matahari yang berhubungan dengan vitamin D adalah meminimalkan risiko si Kecil mengalami penurunan fungsi kognitif atau demensia di masa dewasanya nanti. 

  2. Membentuk dan memperkuat tulang

    Manfaat energi matahari yang kedua ini masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya. Paparan sinar matahari pagi bisa mengoptimalkan penyerapan kalsium di tubuh si Kecil. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang dibutuhkan untuk membentuk struktur tulang tubuh.

    Selain itu, manfaat energi matahari bisa menurunkan risiko si Kecil mengalami penyakit tulang di kemudian hari.

  3. Meningkatkan produksi hormon serotonin

    Serotonin adalah hormon yang punya tugas membawa pesan antar sel di dalam otak. Hormon ini juga punya fungsi memperbaiki suasana hati supaya lebih baik sehingga kita bisa merasa bahagia.

    Nah, manfaat energi matahari yang berkaitan dengan hal ini adalah sinar matahari pagi bisa meningkatkan produksi hormon serotonin dalam perkembangan otak si Kecil sehingga mereka cenderung menjadi anak yang lebih bahagia dan tidak mudah cemas.

  4. Memperbaiki siklus tidur

    Manfaat energi matahari pagi selanjutnya adalah membantu mengatur ritme sirkadian si Kecil. Ritme sirkadian adalah jam tubuh yang menentukan siklus tidur dan bangun sehingga kebiasaan tidur menjadi lebih teratur.

    Jangan sampai si Kecil kekurangan tidur atau mereka berpotensi mengalami kesulitan fokus, mudah lupa, sensitif dan cepat marah bahkan mudah merasa cemas.

  5. Menguatkan daya tahan tubuh

    Manfaat energi matahari pagi bagi si Kecil juga berkaitan dengan daya tahan tubuh. Paparan sinar matahari di pagi hari bisa meningkatkan pertumbuhan sel darah putih si Kecil. Sel ini fungsinya meningkatkan sistem imun dan menangkal mikroorganisme yang menyebabkan penyakit.

Rekomendasi Aktivitas Pagi Bersama si Kecil

Untuk mendapatkan manfaat energi matahari yang baik ini, Ibu bisa membiasakan si Kecil untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi hari yang menarik dan menyenangkan untuk dilakukan:

  1. Jalan atau lari pagi

    Ibu bisa membiasakan mengajak si Kecil untuk melakukan jalan pagi di sekitaran rumah saat cuaca sedang cerah. Selain mendapatkan manfaat energi matahari, aktivitas ini bisa menjadi momen untuk saling memahami hubungan orang tua dan anak. Bahkan, hal ini bisa jadi opsi olahraga yang bisa dilakukan bersama sebagai olahraga.

  2. Mengajak jalan-jalan hewan peliharaan

    Bila Ibu punya hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, Ibu bisa melibatkan si Kecil dalam merawat hewan peliharaan ini sambil menyerap manfaat energi matahari setiap pagi. Jadikan jadwal mengajak jalan-jalan hewan peliharaan di pagi hari sehingga si Kecil terbiasa untuk melakukannya setiap hari.

  3. Menyiram tanaman

    Secara umum, waktu yang baik untuk menyiram tanaman adalah pada pagi dan sore hari. Ajak si Kecil untuk terlibat dalam aktivitas pagi ini sehingga mereka mendapatkan energi matahari yang baik dalam tumbuh kembang mereka. Bimbing mereka supaya dapat melakukan aktivitas ini dengan baik sampai akhirnya mereka bisa melakukannya sendiri.

  4. Belanja bahan makanan

    Jika Ibu punya langganan toko sayur, tukang sayur atau pasar yang menjajakan dagangan mereka di pagi hari, Ibu bisa ajak si Kecil dalam aktivitas ini. Selain menerima manfaat energi matahari pagi, mereka akan gembira karena dilibatkan dalam pemutusan menu makanan di hari itu sehingga mereka juga akan lebih senang dalam waktu makan mereka.

Aturan Beraktivitas di Bawah Paparan Sinar Matahari

Supaya manfaat energi matahari dapat diterima dengan baik untuk si Kecil dan mereka tidak mendapatkan efek buruk dari paparan sinar matahari, baiknya Ibu mengajak mereka untuk beraktivitas di luar pada jam 6 - 9 pagi. Di waktu tersebut matahari belum menyengat dan masih punya manfaat yang melimpah untuk manusia. Selain itu lakukan beberapa hal berikut supaya beraktivitas di bawah sinar matahari lebih tepat guna:

  1. Waktu 

    Selain menyarankan waktu di pagi hari pada jam 6-9 pagi, Ibu juga bisa menyerap manfaat energi matahari untuk si Kecil dengan matahari di atas jam 4 sore. Di kedua waktu tersebut paparan matahari sudah tidak begitu menyengat.

  2. Gunakan pelindung

    Supaya manfaat energi matahari lebih baik diterima si Kecil pakaikan pelindung yang tepat bagi mereka. Bisa gunakan mereka topi untuk melindungi kepala dan rambut mereka. Selain itu juga berikan sunscreen atau sunblock yang sesuai dengan usia mereka sehingga kulit mereka tidak terbakar dan tetap lembab.

  3. Durasi

    Lakukan beragam opsi aktivitas di pagi hari untuk memaksimalkan manfaat energi matahari bagi si Kecil. Idealnya lakukan 15-30 menit setiap hari sesuai dengan kebutuhan dan bagaimana si Kecil menikmati aktivitas di luar.

Susu cair UHT Frisian Flag Junio adalah susu UHT yang mirip dengan susu pertumbuhan dan dilengkapi 4 pilihan rasa; plain, cokelat, stroberi dan pisang yang lezat alami.

Susu cair UHT Frisian Flag Junio adalah satu-satunya yang diperkaya Nutribrain yang mengandung omega 3 & 6, bebas sukrosa untuk yang varian plain, 9 vitamin (vitamin D3, A, E, B1, B2, B3, B6, dan B12) & 6 mineral (kalsium, fosfor, magnesium, iodium, zinc, dan selenium). Kandungan nutrisi ini dapat membantu tumbuh kembang anak serta memenuhi kebutuhan nutrisinya setiap hari.

Sebagai tambahan info untuk Ibu, dalam memantau tumbuh kembang si Kecil, pastikan Ibu memanfaatkan fitur Rapor Tumbuh Kembang Prima yang terdapat dalam Akademi Keluarga Prima. Fitur ini bisa membantu Ibu untuk mengetahui grafik pertumbuhan anak yang ideal berdasarkan WHO. Yuk, coba fiturnya di sini.