Share Like
Simpan

Proses tumbuh kembang si Kecil dapat berjalan optimal apabila kebutuhan nutrisi balita tercukupi. Protein, Mineral, Vitamin, dan Serat adalah beberapa hal yang harus ada dalam makanannya sehari-hari. Variasi makanan juga tak kalah penting agar si Kecil tak bosan, Bu. Nah, beberapa waktu lalu, saya sempat membaca artikel di sebuah situs tentang kebutuhan nutrisi untuk anak. Pada tulisan tersebut, saya menemukan bahwa kacang merah merupakan salah satu makanan tinggi nutrisi yang dapat dijadikan salah satu menu pilihan untuk si Kecil.

Tahukah Ibu? Setiap 100 gram kacang merah kering yang telah direbus, mengandung 9 gram Protein. Ini setara dengan 17% kebutuhan protein harian si Kecil, Bu. Selain itu, dalam porsi kacang merah yang sama, kebutuhan nutrisi balita usia 1-3 tahun juga dapat terpenuhi karena kandungan berikut ini:

1. 9,3 gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaannya dan mencegah sembelit

2. 22.8 gram karbohidrat, menurut penelitian, karbohidrat yang terdapat dalam kacang merah termasuk low GI ( rendah glukosa), sehingga lebih lama dicerna tubuh. Ini membuat si Kecil kenyang lebih lama dan meminimalisir risiko obesitas, sekaligus dapat menurunkan kadar kolestrol darah, Bu.

3. Kandungan Asam Folat dalam kacang merah tak hanya dapat melengkapi kebutuhan nutrisi balita, namun juga mampu melawan penyakit jantung. Bahkan, menurut penelitian, kacang merah dapat mengurangi risiko penyakit jantung sampai lebih dari 80%. Luar biasa ya, Bu.

4. Selain itu, Asam Lemak Omega-3, Vitamin A, Vitamin C, Kalium, Fosfor, Kalsium dan Magnesium adalah kandungan lainnya yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada balita.

Benar-benar tinggi nutrisi dan manfaat ya Bu, makanan satu ini. Lalu, bagaimana cara mengolahnya agar kandungan nutrisi yang dimiliki kacang merah dapat diserap optimal oleh tubuh? Kacang merah dapat menyebabkan gas berlebih di perut si Kecil dan membuatnya tak nyaman apabila tidak diolah dengan tepat. Oleh karena itu, kurangi hal ini dengan merendam kacang merah mentah terlebih dulu agar proses penyerapan nutrisi balita lebih optimal.

  1. Rebus kacang merah dalam air yang cukup banyak selama 2-3 menit. Setelah itu, angkat dan diamkan selama 1 jam.
  2. Buang air rebusan dan bilas menggunakan air biasa.
  3. Setelah selesai, Ibu bisa langsung memasak kacang merah untuk menu favorit si kecil

Tahapannya memang agak lama ya, Bu. Meski begitu, hal ini tak hanya mengurangi efek perut bergas setelah dimakan, namun juga menjaga agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tetap terjaga. Semoga kebutuhan nutrisi balita Ibu dapat terpenuhi dengan kacang merah ini ya, Bu!